1. Home
  2. /
  3. Info Beasiswa
  4. /
  5. Mau Kuliah Tanpa Membebani Orang Tua? Ini Caranya
Info Beasiswa

Mau Kuliah Tanpa Membebani Orang Tua? Ini Caranya

940   |   Posted by Fadhol   |   16 March 2020

Ingin melanjutkan studi namun terhambat masalah biaya? Berikut ini adalah beberapa sumber dana untuk membantu kamu membayar biaya kuliah sendiri tanpa bantuan orang tua?

1. BEASISWA

Jika ingin mengandalkan beasiswa untuk membiayai kuliah, pertama kamu harus aktif mencari informasi. Di era digital ini, informasi untuk mendapatkan beasiswa tidak susah untuk ditemukan, baik itu lewat internet, koran, radio, pengumuman di papan publik, dan melalui media lainnya. Yang penting, kamu punya tekad kuat, rajin mencari informasi dan coba mendaftar untuk beasiswa.

Di zaman yang canggih dan fleksibel ini, mulai banyak pihak yang memberikan dukungan untuk biaya pendidikan. Harapan mereka adalah supaya para mahasiswa berprestasi menjadi pribadi yang berpendidikan tinggi dan memajukan Indonesia.

Berbagai pihak, baik itu pemerintah atau perusahaan menyediakan beragam jenis beasiswa, baik itu parsial maupun beasiswa penuh.

Beberapa contoh lembaga atau perusahaan yang memberikan beasiswa S1 adalah:

  • Bidik Misi
  • Djarum Foundation
  • Sampoerna Foundation
  • ASTRA
  • Yayasan Orbit Ainun Habibie

Untuk beasiswa S2, ada banyak beasiswa yang tersedia di bawah naungan kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan berbagai negara, sebagai contoh:

  • Swedish Scholarship for International Students
  • Fulbright Foreign Student Program
  • Australian Awards Scholarship
  • Erasmus Mundus
  • Monbukagakusho

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Jurusan

2. PINJAMAN

Kamu bisa mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan resmi yang memberikan pinjaman tanpa agunan (KTA) seperti bank-bank yang ada saat ini. Mahasiswa kini boleh mengajukan pinjaman yang nantinya dibayar secara cicilan tanpa agunan atau tanpa bunga. Hanya saja, syaratnya kamu harus memiliki pekerjaan tetap yang bisa menjamin bahwa kamu akan melunasi setiap cicilan yang sudah disepakati.

Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya mengkalkulasi biaya total yang dibutuhkan selama kuliah, yaitu biaya kuliah (pada umumnya selama 8 semester untuk S1), biaya hidup, dan kebutuhan lain-lain selama kuliah. Hal ini jelas akan mempengaruhi nominal pinjamanmu. Selain itu, kamu harus mempertahankan prestasimu untuk mendukung kuliahmu selesai pada waktunya yang pada akhirnya tidak mengharuskan kamu membayar uang kuliah untuk beberapa semester yang tertunda atau mengulang.

3. BEKERJA

Merasa tidak cukup pintar untuk memenuhi syarat pengajuan beasiswa? Niatmu untuk belajar dan menambah ilmu saja tidak cukup. Biaya pendidikanmu tidak hanya lunas dari sekedar niat belajar. Jika kamu memang merasa tidak mampu untuk mengajukan beasiswa sebagai bantuan pembiayaan pendidikanmu, maka kamu harus berjuang dengan cara lain, misalnya cari kerja.

Mencari pekerjaan ini tidak harus pekerjaan yang full time. Kamu juga bisa mengajukan diri ke beberapa tempat usaha sebagai pekerja part time atau paruh waktu. Banyak sekali pebisnis yang membutuhkan jasa mahasiswa pekerja paruh waktu.

Beranikan diri untuk mengajukan lamaran bekerja paruh waktu sebagai penjaga toko, penjaga rumah makan, reseller atau bagian marketing toko, bisa juga sebagai pengajar untuk anak-anak sekolah di sekitar rumah atau lingkungan kampus, atau berjualan secara online. Semuanya akan tetap menghasilkan penghasilan yang layak bila kamu kerjakan sepenuh hati.

Sumber: https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/student-finance/3-cara-untuk-kuliah-tanpa-membebani-orang-tua/

Komentar Anda