1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Selain UGM, Ini 5 Kampus Terbaik di Yogyakarta
Featured | Info Kampus

Selain UGM, Ini 5 Kampus Terbaik di Yogyakarta

1183   |   Posted by Fadhol   |   06 March 2020

Seperti yang kita tahu, Yogyakarta menjadi salah satu kota favorit bagi para pelajar untuk melanjutkan studinya. Selain terkenal sebagai pusat pariwisata, Yogyakarta juga terkenal sebagai Kota Pelajar yang selalu menjadi dambaan semua pelajar di Indonesia untuk melanjutkan studinya. Berdasarkan Kementerian Riset Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN), terdapat klasterisasi 100 perguruan tinggi non-vokasi di Indonesia pada 2019. Nah, lima diantaranya ada di kota Yogyakarta ini.

Bagi kamu yang punya mimpi melanjutkan studi di Kota Pelajar ini, berikut 10 perguruan tinggi terbaik non-vokasi di Yogyakarta berdasarkan versi Kemenristek/BRIN.

1. Universitas Gadjah Mada

Berdiri sejak tahun 1949, Universitas Gadjah Mada (UGM) masih menjadi Perguruan Tinggi favorit bagi para siswa SMA untuk melanjutkan studinya. Kampus ini menempati peringkat kedua se-Indonesia setelah Institut Teknologi Bandung dengan skor 3.594. Secara tidak langsung, UGM menjadi universitas terbaik di kota Yogyakarta. Hal inilah yang menjadikan UGM menjadi kampus dambaan para siswa di Indonesia.

2. Universitas Negeri Yogyakarta

Selain UGM, ada lagi kampus terbaik kedua di kota ini, yaitu Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta menduduki peringkat ke-16 pada 100 besar perguruan tinggi terbaik non-vokasi. Perguruan tinggi ini sudah berdiri sejak 21 Mei 1964 dan dulunya lebih dikenal sebagai Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta (IKIP Yogyakarta), kemudian berubah nama menjadi Universitas Negeri Yogyakarta.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Surabaya Versi Dikti

3. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia atau lebih dikenal sebagai UII, merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta. Terletak di kawasan Kabupaten Sleman, kampus UII ini juga sangat dekat dan hanya berjarak 20 KM dari Puncak Gunung Merapi. Kampus yang didirikan pada 8 Juli 1945 silam, kini memiliki delapan fakultas yang setiap program studinya rata-rata sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di kota Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta didirikan pada 27 September 1963 yang dinaungi oleh Yayasan Slamet Rijadi di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Hingga tahun 2019 ini, UAJY memiliki 6 fakultas dengan 15 program studi. Semua program studinya pun sudah terakreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Peringkat kelima perguruan tinggi terbaik di Yogyakarta diduduki oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau biasa lebih dikenal sebagai UMY, sudah ada sejak 1 Maret 1981. Perguruan tinggi yang berlokasi di kawasan Bantul, Yogyakarta ini kini sudah memiliki 43 program studi dari program sarjana hingga doktoral.

Nah, 5 Perguruan Tinggi terbaik di Yogyakarta tersebut bisa menjadi pilihanmu untuk melanjutkan studi. Kamu mau pilih yang mana?

Tags tidak ada

Komentar Anda