1. Home
  2. /
  3. Pengumuman
  4. /
  5. 10 Daftar Beasiswa Dalam Negeri dan Luar Negeri...
Featured | Info Beasiswa | Pengumuman

10 Daftar Beasiswa Dalam Negeri dan Luar Negeri 2020

3436   |   Posted by M. Fadholi   |   14 April 2020

Banyak orang bilang, untuk kuliah harus membutuhkan biaya yang cukup banyak dan sangat menguras kantong. Tapi pernyataan itu ternyata masih bisa dipatahkan oleh beberapa beasiswa yang ditawarkan. Sekarang ini, banyak sekali beasiswa yang tersedia dan ditawarkan buat kamu mahasiswa S1. Dengan mendapatkan beasiswa ini, tentunya kebutuhan selama masa perkuliahan akan terbantu.

Beasiswa yang disediakan ternyata gak hanya diperuntukkan di dalam negeri, tapi juga dari beberapa perguruan tinggi di luar negeri. Berikut adalah 10 daftar beasiswa yang disediakan buat mahasiswa S1. Yuk simak ulasan berikut.

1. Holland Scholarship

Yang satu ini adalah beasiswa yang digawangi oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, dan Ilmu Pengetahuan Belanda yang menjalin kerjasama dengan universitas riset dan universitas ilmu terapan yang ada di Belanda. Gak tanggung-tanggung, beasiswa yang ditawarkan cukup besar. Kisaran € 5,000 atau setara dengan Rp75 juta.

So, kalau kamu tertarik untuk melanjutkan studi S1 di Negeri Kincir Angin ini, kamu bisa banget untuk mencoba beasiswa ini. Kamu bisa kunjungi  https://www.studyinholland.nl/finances/scholarships untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

2. Orange Tulip Scholarship

Masih beasiswa di Belanda, yang satu ini adalah Orange Tulip Scholarship. Salah satu beasiswa yang diperuntukkan mahasiswa S1 maupun S2 di universitas Belanda. Beasiswa yang ditawarkan pun bermacam-macam, ada yang beasiswa parsial dan ada juga yang full tuition fee serta subsidi biaya hidup.

Dengan mendapatkan beasiswa ini, kamu akan mendapatkan benefit yang sangat banyak. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs ini  www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/orange-tulip-scholarship.

3. Beasiswa Tahfidz

Beasiswa yang dikelola oleh ESQ Business School ini diperuntukkan tahfidzul Qur’an. Beasiswa ini hanya mencakup biaya perkuliahan selama kuliah saja. Sementara untuk biaya kehidupan, transportasi serta keperluan kampus tidak tercakup dalam beasiswa ini.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa ini, syaratnya adalah kamu harus menghafal minimal 7 juz yang ada di dalam Al Qur’an. Tertarik dengan beasiswa ini? Kamu bisa kunjungi website resminya https://esqbs.ac.id/beasiswa-tahfidz/ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca juga: 10 Rekomendasi Jurusan Terbaik Buat Kamu Anak IPA

4. Beasiswa KSE

Beasiswa Karya Salemba Empat atau biasa disebut dengan beasiswa KSE. Beasiswa yang diperuntukkan mahasiswa S1 yang mana telah menempuh minimal dua semester di perkuliahan. Setiap bulannya, kamu akan mendapatkan tunjangan sebesar 750ribu selama satu tahun.

Menariknya lagi, kamu juga bisa memperpanjang beasiswamu ini di tahun berikutnya, lho. Gak hanya itu, disini kamu juga akan mendapatkan program pembinaan dari Yayasan Salemba Empat, workshop, coaching, seminar dan kegiatan mendukung lainnya. Buat kamu yang tertarik dengan beasiswa ini, kamu bisa kunjungi  https://kse.or.id.

5. Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa yang ditawarkan oleh Djarum Foundation ini merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi di Indonesia. Setiap bulannya, kamu akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 1 juta selama satu tahun. Menariknya lagi, gak hanya mendapatkan beasiswa saja. Kamu juga akan mendapatkan pelatihan softskill yang sangat bermanfaat buat bekal kamu selama masa perkuliahan.

Sayangnya, beasiswa ini hanya ada di beberapa perguruan tinggi yang sudah menjadi mitra dari Program Beasiswa Djarum ini. Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftar di program beasiswa ini, kamu wajib banget untuk mengecek apakah kampusmu merupakan mitra dari Program Beasiswa Djarum ini. Informasi lebih lanjutnya, kamu bisa kunjungi djarumbeasiswaplus.org

6. Beasiswa Kader Surau

Beasiswa Kader Surau merupakan beasiswa yang dikelola oleh YBM BRI (Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia). YBM BRI sendiri adalah Lembaga Amil Zakat Nasional yang dinaungi oleh Bank Rakyat Indonesia. Beasiswa ini disalurkan untuk mahasiswa dengan minimal semester 2 yang mana kampusnya bermitra dengan program beasiswa ini.

Di beasiswa ini, kamu akan mendapatkan biaya bantuan kuliah, bantuan biaya hidup, asrama, dan pembinaan softkill. Sama seperti beasiswa Djarum, beasiswa ini juga hanya diberikan di beberapa perguruan tinggi yang bekerjasama dengan YBM BRI. Untuk itu, kamu bisa kunjungi https://indbeasiswa.com/2019/03/beasiswa-kader-surau-ybm-bri.html untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Jakarta, Catat Baik Baik

7. Beasiswa Bank Indonesia

Yang satu ini merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh Bank Indonesia bagi mahasiswa S1 di Indonesia. Beasiswa ini menyediakan biaya pendidikan, tunjangan studi serta biaya hidup bagi para mahasiswa yang mendapatkannya. Menariknya lagi, Beasiswa BI juga memberikan pelatihan secara berkala dan terencana bagi para penerima beasiswa. Sehingga, ketika penerima beasiswa tersebut sudah lulus dari perguruan tinggi, diharapkan mampu bersaing di dunia luar.

Wah menarik sekali ya tawarannya. Kalau kamu tertarik, kamu bisa kunjungi https://indbeasiswa.com/2020/03/beasiswa-bank-indonesia-untuk-mahasiswa-s1.html untuk mendapatkan informasi lebih detail.

8. Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia

Program beasiswa yang digawangi oleh Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI)  ini menyediakan beasiswa untuk mahasiswa D3 dan S1 di Indonesia. Setiap bulannya, kamu akan mendapatkan bentuk bantuan senialai Rp 650 ribu dan tentunya dengan berbagai penawaran pelatihan yang bisa menunjang kamu selama masa kuliah. Beasiswa ini tersedia di 36 perguruan tinggi di Indonesia. Informasi mengenai detail beasiswa ini bisa kamu lihat di laman ini ya https://indbeasiswa.com/2016/01/daftar-beasiswa-s1-indonesia-dalam-negeri.html.

9. Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie

Penawaran beasiswa yang dinaungi oleh Yayasan Amal Abadi yang merupakan salah satu lembaga yang diprakarsai oleh Ibu hasri Ainun Habibie terhadap masa depan pendidikan bangsa Indonesia. Beasiswa ini diberikan untuk siswa SMP hingga Perguruan Tinggi.

Gak hanya memberikan uang saku perbulan, beasiswa ini juga memberikan kebutuhan mendesak mahasiswa seperti biaya transportasi, kos, buku, makanan ekstra dan lain-lain. Untuk mahasiswa sendiri, syaratnya harus sudah menempuh 2 semester. Penasaran dengan beasiswa ini? kunjungi https://www.orbitainunhabibie.or.id untuk mendapatkan informasi detailnya.

Baca juga: 9 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS World Ranking

10. Beasiswa PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik atau lebih dikenal dengan Beasiswa PPA, merupakan beasiswa yang ditawarkan langsung secara rutin oleh Kemenristek Dikti. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa mulai dari jenjang diploma hingga sarjana di PTN dan PTS seluruh Indonesia.

Biasanya, penerima beasiswanya akan mendapatkan Rp 350 ribu setiap bulannya sesuai dengan periode anggaran masing-masing. Nah, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, kamu bisa kunjungi https://indbeasiswa.com/2019/05/beasiswa-ppa-untuk-mahasiswa.html. Selain itu, kamu juga bisa selalu update beasiswa ini melalui kampus kamu ya.

Sepuluh daftar beasiswa untuk jenjang sarjana tersebut bisa kamu jadikan acuan sebelum mendaftarkan beasiswa selama masa perkuliahan. Jangan lupa untuk selalu update dan memantau informasi-informasi yang disediakan tentang informasi mengenai beasiswa tersebut. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Teman-teman juga bisa bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Komentar Anda