1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Cuma Ada Satu, Ini dia 10 Jurusan Paling...
Info Jurusan

Cuma Ada Satu, Ini dia 10 Jurusan Paling Langka di Indonesia

480   |   Posted by Seprila Mayang   |   15 March 2021

Untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi, memang tersedia banyak sekali jurusan yang bisa dipilih. Bahkan ada beberapa jurusan seperti akuntansi, manajemen, ekonomi tersedia hampir di setiap perguruan tinggi.

Ternyata, di Indonesia ada 9 jurusan yang paling langka lho. Jurusan ini cuma tersedia satu saja lho. Meskipun cuma tersedia satu aja, bukan berarti jurusan ini kalah sama yang lain. Justru peluang kerjanya sangat besar buat kalian hihi. Secara gak ada saingannya bro! 

Baca juga: 30 Universitas Paling Populer di Indonesia versi UniRank

Berikut adalah 9 jurusan yang hanya ada satu di Indonesia. 

1. Sains Atmosfer dan Keplanetan (Institut Teknologi Sumatera)

Jurusan pertama yang anti mainstream adalah jurusan sains atmosfer dan keplanetan ITERA. Jurusan yang masih satu rumpun dengan astronomi ini adalah jurusan yang mempelajari tentang sistem tata surya secara luas. Bisa dibilang sih jurusan yang satu ini lebih spesifik daripada jurusan astronomi. 

Jadi, ketika kamu diterima jurusan ini, kamu bakal mempelajari tentang atmosfer, iklim bumi, hingga cuaca. Gak cuma itu saja lho, kamu juga bakal belajar banyak tentang interaksi antara matahari dan planet-planet di tata surya juga. Wah seru banget yah. 

2. Astronomi (Institut Teknologi Bandung)

Hayo siapa yang ngerti observatorium Bosscha? Nah, rupanya jurusan ini masih berhubungan dengan tempat itu lho. Jadi, saat kamu masuk di jurusan ini kamu bakal akses langsung belajar di situ. 

Dengan belajar di observatorium Bosscha kamu juga bakal mempelajari berbagai macam benda langit dan alam semesta secara langsung. Makanya kamu gak hanya belajar ilmunya saja, namun juga belajar langsung melalui praktiknya. Wah wah, kece abis ya kalo jadi bagian di jurusan ini hihi. 

3. Ilmu Keluarga dan Konsumen (IPB University)

Jurusan yang satu ini gak kalah unik lho. Yaps, jurusan ini adalah jurusan yang mempelajari tentang penembangan dan pemberdayaan keluarga. Di jurusan ini kamu bakal mendalami tentang upaya peningkatan ketahanan keluarga, perlindungan anak, hingga pembelajaran keluarga dan konsumen. 

4. Manajemen Industri Katering (Universitas Pendidikan Indonesia)

Hayo siapa yang kepengin jadi entrepreneur food and beverage? Jurusan yang satu ini bisa kamu jadikan pilihan lho. Mengingat industri katering di Indonesia sangat ramai, jadi kamu bisa mengambil ilmunya melalui jurusan ini. 

Di sini kamu bakal diajari tentang pengelolaan, perencanaan, pemasaran, hingga manajemen operasional katering. Gak ketinggalan kamu juga bakal dibekali ilmu-ilmu bisnis katering dari ilmu dasar hingga se detail mungkin. 

5. Sastra Belanda (Universitas Indonesia)

Belajar bahasa emang seru abis guys. Makanya di hampir setiap perguruan tinggi tersedia banyak jurusan sastra. Namun, jurusan Sastra Belanda ternyata cuma ada di UI saja lho. 

Kalau kamu masuk di jurusan ini, kamu gak cuma belajar sastra aja. Tapi kamu juga bakal belajar banyak soal sastra, sejarah, linguistik, hingga budaya dari negara tersebut. Seru banget deh pokoknya. 

 6. Teknik Nuklir (Universitas Gadjah Mada)

Membahas perkara nuklir emang selalu jadi perbincangan yang menarik. Fungsi nuklir yang sangat penting inilah membuat jurusan Teknik Nuklir sangat dicari. 

Nah, di UGM ternyata ada jurusan Teknik Nuklir yang bakal menghantarkan kamu untuk belajar nuklir lebih dalam. Tapi setiap hari kamu harus belajar dan berhadapan dengan Ilmu fisika dan matematika hihi. 

7. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (Universitas Airlangga)

Perkembangan teknologi emang akhir-akhir ini sangat berkembang pesat. Untuk menyalurkan itu semua, Universitas Airlangga akhirnya membuka jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. 

Jurusan ini bakal membawamu lebih dalam tentang robot dan kecerdasan buatan. Gak cuma itu aja, kamu juga bakal belajar banyak tentang konsep membuat robot mulai dari Siri, Alexa hingga Cortana. 

8. Rekayasa  Nanoteknologi (Universitas Airlangga)

Satu lagi jurusan yang cuma ada satu di Indonesia. Jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari lebih dalam tentang Rekayasa Nanoteknologi. Hm, Apa sih Jurusan Rekayasa Nanoteknologi? Jurusan ini adalah jurusan yang mempelajari tentang karakteristik materi berukuran nano atau sangat kecil. 

Seperti yang kita tahu, bahwa produk dari nanoteknologi sangat dimanfaatkan di berbagai bidang industri. That’s why, jurusan ini berprospek besar buat kamu. 

9. Teknik Transportasi Laut (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

Memiliki wilayah sebagian besar kelautan membuat jurusan yang satu ini banyak dicari di negeri ini.  Maka dari itu, ITS menyediakan jurusan Transportasi Laut untuk ikut serta memajukan industri di bidang kelautan. 

Di jurusan ini, ada tiga fokus utama yang dipelajari, yaitu pelayaran, pelabuhan, dan logistik di dunia maritim. Gak cuma itu saja lho, kamu juga belajar banyak tentang aspek politik, sosial budaya hingga pertahanan dan keamanan di bidang kelautan. 

10. Teknik Pengairan (Universitas Brawijaya)

Pengelolaan air dan manajemennya memang sangat menarik untuk dipelajari lebih dalam. Mengingat di Indonesia sendiri banyak sekali kawasan yang memiliki bendungan, sungai dan sumber daya air yang melimpah.

Makanya, di Universitas Brawijaya memberikan peluang buat kamu untuk berkarya di jurusan ini. Di sini kamu bakal belajar banyak tentang manajemen hingga sistem bangunan pengairan. Menarik banget kan?

Baca juga: Jurusan Favorit dengan Daya Tampung Terbanyak

Ke sepuluh jurusan itu merupakan jurusan yang masih sangat langka di Indonesia. Nah, bagi kamu yang pengen punya peluang besar di dunia kerja, ke sepuluh jurusan itu bisa kamu jadikan referensi. 

Kalau masih bingung gimana dong? Eits, jangan khawatir, kamu bisa kepoin maukuliah.id. Biar kamu bisa mendapatkan insight baru. hehe.

Tags tidak ada

Komentar Anda