1. Home
  2. /
  3. Kuliah Online
  4. /
  5. Keren! 10 Kampus yang Menerapkan Sistem Blended Learning
Info Kampus | Info Kuliah | Kuliah Online

Keren! 10 Kampus yang Menerapkan Sistem Blended Learning

blended learning
2502   |   Posted by M. Fadholi   |   22 June 2020

Kedatangan Pandemi Covid-19 yang tidak pernah diharapkan ini benar-benar membawa dampak yang luar biasa di segala penjuru. Sistem kegiatan belajar mengajar di kampus pun juga harus dirubah. Akhir-akhir ini beberapa kampus di Indonesia mengubah sistem pembelajarannya dengan metode blended learning.

Blended learning sendiri adalah metode pembelajaran campuran. Dalam metode ini, dosen dan mahasiswa melakukan seluruh kegiatan dengan sistem tatap muka dan daring. Sistem ini dirancang untuk memenuhi protokol kesehatan yang sudah dicanangkan pemerintah Indonesia. Di Indonesia sendiri, terdapat 10 Kampus yang sudah menerapkan sistem blended learning ini. Mau tau mana kampus mana saja yang sudah mengadakan sistem blended learning ini? Berikut ulasannya.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Perguruan tinggi terbaik di Indonesia ini rupanya sudah menerapkan sistem blended learning selama masa pandemi. UGM sendiri sudah memperkenalkan sistem pembelajaran online ini sejak lama, dengan adanya keterbatasan karena Covid-19 maka pihak kampus lebih mengedepankan sistem pembelajaran mereka dengan sistem blended learning.

UGM menyediakan sistem pembelajaran dalam E-learning system for academic community. Dalam sistem ini, mahasiswa dan dosen bisa melakukan interaksi dengan mengunduh materi, mengunggah tugas, serta bisa berdiskusi secara online.

2. Universitas Indonesia

Perguruan tinggi yang terletak di Kota Depok ini sudah menerapkan seluruh sistem pembelajarannya melalui Computer Learning Resources. Sistem ini memang sedang dikembangkan oleh UI untuk menjalani sistem pendidikan jarak jauh ini. Tidak hanya itu, UI juga mengembangkan Computer Mediated Learning dengan menggunakan metode pembelajaran Collaborative Learning (CL) dan Problem Based Learning.

3. Universitas Diponegoro

Hampir sama seperti perguruan tinggi lainnya. Undip juga memiliki sistem pembelajaran daring dengan nama Kul-On. Dirancang untuk melakukan penyampaian materi pembelajaran dosen dan mahasiswa, sistem pembelajaran ini benar-benar sangat membantu kegiatan belajar mengajar.

4. Universitas Padjajaran

Mulai mengembangkan sistem pembelajaran blended learning sejak lama, Universitas Padjajaran ternyata berusaha keras untuk menfokuskan seluruh kegiatan belajar mengajar melalui sistem E-learning Center. Dalam sistem pembelajaran ini mahasiswa diharapkan bisa melakukan komunikasi secara maksimal dengan dosen selama menghadapi pandemic ini.

5. Universitas Airlangga

Nah yang satu ini adalah Universitas yang terletak di kota Surabaya. Universitas Airlangga sudah sejak lama mengaplikasikan sistem pebelajaran online dengan nama Airlangga University e-Learning Application (AULA). Dalam mengakses AULA, mahasiswa dan dosen bisa memanfaatkannya untuk proses berdiskusi, menyampaikan materi perkuliahan, hingga melakukan examination.

6. Universitas Terbuka

Terkenal sebagai perguruan tinggi yang menerapkan sistem pembelajaran online, saat pandemi ini pun UT lebih gencar mengadakan sistem blended learning ini. Dalam menerapkan sistem pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan bisa mengejar materi yang didapatkan melalui perkuliahan online ini dengan baik.

7. Universitas Gunadarma

Selain dikenal memiliki fasilitas gedung dan kelas yang sangat memadai, ternyata kampus Gunadarma juga sangat gentol mengadakan sistem pembelajaran blended learning dengan baik. Seluruh sistem pembelajaran onlinenya diakses melalui situs elearning.gunadarma.ac.id.

Nah, di website ini mahasiswa dan dosen bisa berinteraksi dengan mengadakan sistem pembelajaran dengan baik.

8. Universitas Al Azhar Indonesia

Kampus yag berdiri sejak tahun 2000an ini, rupanya juga sangat memerhatikan sistem pendidikannya selama masa pandemic ini. Kampus ini sudah memberikan wadah secara daring kepada para dosen dan mahasiswa untuk melakukan interaksi seperti pada kelas tatap muka seperti biasanya.

9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Kampus yang terletak di kota Pahlawan ini ternyata juga mengadakan sistem pembelajaran blended learning. Terkenal dengan kampus yang memiliki sistem pendidikan yang sangat terstruktur, kampus ini benar-benar menyediakan fasilitas pembelajaran tatap muka dan daring bagi mahasiswanya.

10. Institut Teknologi Bandung

Tak ketinggalan, kampus ITB juga memberikan fasilitas yang sama untuk mahasiswanya. Dengan menerapkan sistem pembelajaran online, ITB sangat memberikan fasilitas dan mewadahi dosen dan mahasiswa untuk melakukan diskusi satu sama lain. Untuk itu, meskipun pandemi menyerang, kampus ini masih bisa mengadakan kegiatan belajar dengan baik.

Pandemi Covid-19 boleh saja merubah seluruh sistem pendidikan yang sudah berlaku, namun masih ada seribu satu cara yang bisa untuk mengatasinya. Dengan menggunakan sistem blended learning ini, seluruh kegiatan perkuliahan diharapkan bisa berjalan lancar sesuai yang direncanakan.

Bagaimana dengan pembelajaran di perguruan tinggi Anda? jika perguruan tinggi Anda juga sudah menerapakan Blended Learning, silahkan tulis perguruan tinggi Anda di kolom komentar, dan akan kami buatkan Artikel selanjutnya.

Tags tidak ada

Komentar Anda