1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. 10 Keunggulan Jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam) yang...
Info Jurusan

10 Keunggulan Jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam) yang Wajib Kamu Tahu

811   |   Posted by Seprila Mayang   |   31 January 2023

MAUKULIAH.ID– Mendalami ilmu agama ternyata bisa sejalan dengan mendalami pendidikan formal. Salah satunya bisa kamu lakukan dengan melanjutkan studi ke jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). 

Jurusan Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu jurusan yang fokus dengan ilmu pengajaran dan pendidikan agama Islam. Para lulusan dari jurusan ini akan mempersiapkan kamu menjadi seorang guru atau dosen agama Islam. 

Nah, jurusan ini ternyata punya keunggulan lho. Berikut adalah 10 keunggulan jurusan PAI yang wajib diketahui:

1. Jurusan dengan prospek menjanjikan

Prospek kerja di lulusan PAI rupanya sangat menjanjikan lho. Melalui jurusan ini kamu bisa langsung mengajar di suatu sekolah atau kamu juga bisa meneruskan ke jenjang S2 agar bisa menjadi seorang dosen di suatu perguruan tinggi.

Gak hanya itu saja Sobat Miku, kamu juga bisa jadi kepala sekolah terutama bagi sekolah-sekolah Islam. Apalagi kalau kamu punya hafalan Al-Quran, kamu bisa mengelolah rumah tahfidz bahkan pondok pesantren.

eits, ada lagi.  lulusan PAI juga bisa menjadi seorang pendakwah maupun penulis buku tentang agama. Jadi kamu tinggal pilih aja tuh mau jadi apa hehe. 

2. Mudah ditemui di berbagai kampus

Jurusan yang satu ini mudah banget kamu temui di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Mulai dari STAIN, IAIN hingga UIN. Selain itu beberapa universitas negeri pun juga memiliki jurusan yang satu ini lho. 

3. Memperdalam ilmu agama 

Inilah nilai plus dari jurusan ini. Selama menempuh masa studi, kamu bisa sekaligus memperdalam ilmu agama sobat. Di sini kamu bakal mendapatkan ilmu agama secara lengkap dan kemudian hari bisa kamu terapkan di dalam kehidupan sehari-harimu. Pokoknya jurusan ini paket komplit deh, di jurusan ini urusan dunia akhirat jadi satu jalan.

4. Bisa bermanfaat bagi orang lain

Belajar agama Islam melalui jurusan ini bisa kamu teruskan untuk terus menyebarkan ilmu agama di sekitarmu. Ilmu agama ini bisa kamu sebarkan di dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga ilmu yang kamu miliki akan terus bisa bermanfaat bagi orang lain.

Bayangin aja deh, saat nanti kita jadi guru lalu bisa mengajarkan anak-anak (Tama Pendidikan Al Quran) TPA membaca Surat Alfatihah dan Allah ridha mereka hafal melalui perantara kita. Apalagi kita semua tahu, Surat Alfatihah  dibaca setiap Shalat. Wah, kurang mantap apa coba pahala jariyahnya kalau kita ikhlas?

5. Bisa belajar dan berdakwah

Menjadi seorang pendakwah hebat tentunya kamu harus memperdalam ilmu dengan tepat. Nah, dengan berkuliah di program ini, kamu bisa menjadi seorang pendakwah yang hebat. Di sini pula kamu bisa menggali ilmu public speaking mu dengan baik. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Perguruan Tinggi Islam Swasta Terbaik

6. Siap menjadi seorang guru

PAI bisa dibilang sebagai salah satu langkah awal untuk kamu belajar menjadi seorang guru yang baik. Kamu bisa mempersiapkan diri untuk belajar mengajar dan menyebarkan ilmu agama di sekolah maupun lingkungan sekitar. 

Meskipun banyak kampus yang memiliki jurusan Pendidikan Agama Islam dan secara otomatis banyak lulusan dari jurusan tersebut. Namun rupanya, kekurangan guru agama di daerah masih menjadi permasalahan di Indonesia. Bahkan Komisi VIII DPR mendesak pemerintah untuk segera menyelesaikan permasalahan ini.  Jadi gimana, siapkah kamu mengambil peran?

7. Belajar berbagai macam ilmu

Kuliah di jurusan PAI tentunya akan membuatmu belajar berbagai macam ilmu. Gimana nggak? Saat berkuliah di jurusan ini kamu tidak hanya belajar mengajar dan belajar agama saja. Namun kamu juga akan mendapatkan materi agama lainnya, mulai dari fiqih, aqidah, tauhid, tafsir, muamalah, sejarah, juga ilmu pendidikan. Sehingga kamu dapat mengetahui, bagaimana bisa menghadapi siswa? Bagaimana penulisan peneltian dalam pendidikan Islam? Dan masih banyak lagi.

8. Biaya kuliah terjangkau

Kuliah di jurusan PAI ternyata biayanya cukup terjangkau lho. Terlebih pembayaran perkuliahan yang kini menggunakan sistem UKT. Wah jadi terjangkau banget guys. 

Hanya saja, kamu perlu mempersiapkan biaya lainnya seperti biaya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN), karena seperti jurusan pendidikan dan keguruan pada umumnya terdapat 2 praktik lapang tersebut.

9. Bisa berbagi ilmu ke masyarakat

Berbagi tidak harus melalui barang saja, namun berbagi bisa dilakukan melalui ilmu. Dengan berkuliah di jurusan PAI sangat besar kesempatan kamu untuk bisa berbagi ilmu di lingkungan masyarakat. Terutama dalam berbagi ilmu agama. 

Baca juga: Terbaru! Inilah 10 Universitas Islam Negeri (UIN) Terbaik di Indonesia 2020 versi Webometrics

10. Bisa menjadi individu yang lebih baik

Memperdalam ilmu agama tentunya akan mengarahkanmu menjadi seorang individu yang lebih baik. Seperti halnya berkuliah di jurusan ini sobat. Seiring berjalannya waktu, disini kamu akan bisa belajar lebih banyak tentang ilmu agama islam sobat. Maka setelah lulus kamu akan mendapatkan cukup ilmu yang bisa membuat dirimu menjadi seorang pribadi yang lebih baik. 

Mungkin beberapa Sobat Miku yang membaca artikel ini sesekali merasakan  ragu yang menggoyahkan keteguhan untuk memilih jurusan ini. Kalau dari  testimoni orang–orang yang sudah duluan terjun di jurusan ini, beberapa merasakan “Tersesat dijalan yang benar”, saat dijalani bisa semakin cinta dan semakin suka. Jadi, teguhkan pilihanmu ya, apalagi kalau ini sesuai dengan minatmu.

 

Jadi gitu sobat 10 keunggulan jurusan PAI. Nah, apakah kamu siap untuk masuk dan menekuni jurusan yang satu ini? Kalau masih bingung, cari info detailnya melaluimaukuliah.id  aja. 

Tags tidak ada

Komentar Anda