1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Tahun...
Featured | Info Kampus

10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Tahun 2020

5675   |   Posted by M. Fadholi   |   21 April 2020

Saat ini perguruan tinggi swasta (PTS) sudah semakin banyak dan memiliki fasilitas yang semakin baik dari tahun ke tahun. Oleh karena itu tidak mengejutkan jika banyak universitas swasta di Indonesia bisa lebih baik dari universitas negeri.

Bagi kamu yang sedang mencari universitas atau perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia tahun 2020, artikel ini bisa kamu jadikan referensi untuk mencari universitas swasta mana yang terbaik.

10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Tahun 2020 versi Ristekdikti

1. Universitas Telkom (Tel-U)

Tahun ini Universitas Telkom atau yang sering disebut Tel-U berhasil masuk urutan ke-14 di daftar universitas terbaik di Indonesia. Universitas Telkom terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Telekomunikasi, Terusan Buahbatu, di kawasan Bandung Technoplex.

Universitas Telkom kini sudah memiliki lebih dari 28 ribu mahasiswa. Untuk masalah fasilitas juga Universitas Telkom sudah mengaplikasikan penggunaan teknologi di beberapa fasilitasnya.

Masalah luas, Universitas Telkom memiliki luas kampus yang tidak tanggung-tanggung, dari data yang ada di laman resminya Universitas Telkom memiliki kampus seluas 55Ha. Jadi Universitas Telkom tidak kalah bergengsinya dengan Universitas Negeri di kota Bandung.

2. Universitas Islam Indonesia (UII)

Data dari Ristekdikti menempatkan Universitas Islam Indonesia berada di urutan ke-17 kampus terbaik di Indonesia sekaligus menjadi universitas swasta terbaik ke-2 di Indonesia dan terbaik di kota Yogyakarta.

Universitas Islam Indonesia terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan merupakan universitas swasta paling tua di Indonesia, salah satu pendirinya adalah Moh Hatta, Wakil Presiden pertama Indonesia.

Universitas yang lebih dikenal UII ini memiliki kultur Islam yang kental, maka tidak diragukan lagi bagaimana lulusan UII yang banyak menjadi tokoh besar khususnya di bidang Agama Islam.

Baca juga: Selain UGM, Ini 5 Kampus Terbaik di Yogyakarta

3. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Universita Bina Nusantara terletak di beberapa kota di Indonesia, namun kampus utama Universitas Bina Nusantara berada di Palmerah, Jakarta.

Saat ini Binus sudah menjadi universitas swasta besar dan berhasil meluluskan banyak alumni berpengaruh, salah satunya adalah pendiri Tokopedia yaitu William Tanuwijaya dan seorang penyanyi Indonesia yaitu Viviyona Apriani.

Tahun ini Universitas Bina Nusantara berhasil masuk urutan ke-20 dalam daftar universitas terbaik di Indonesia.

4. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Tahun ini Universitas Katolik Parahyangan berhasil masuk urutan ke-4 sebagai universitas swasta terbaik. Di tingkat nasional Universitas Katolik Parahyangan berada di posisi ke- 26.

Universitas yang juga disingkat Unpar ini terletak di Kota Bandung dan terkenal dengan kualitas unggul prodi Hukum, Kedokteran, dan Komunikasinya yang membuat Unpar menjadi salah satu universitas swasta favorit di Bandung selain Universitas Telkom.

Walaupun mungkin jarang yang mendengar Unpar, namun Unpar memiliki banyak alumni penting dan menjadi tokoh nasional, yaitu Hotman Paris, Ge Pamungkas, Tulus dan masih banyak lagi.

Baca juga: Ini 5 Kampus Terbaik di Bandung, Bisa Jadi Kampus Impianmu

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Memang pantas Yogyakarta disebut Kota Pelajar, karena memang banyak universitas besar di sana, salah satunya Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang berada di urutan ke-5 sebagai universitas swasta terbaik di Indonesia.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta atau UAJY berada di Depok, Sleman, Yogyakarta. Universitas ini memiliki 6 fakultas yang di dalamnya ada banyak program studi yang sudah terakreditasi A.

UAJY juga memiliki relasi yang baik dengan instansi-instansi di luar negeri seperti : Chung Yuan Christian University (Taiwan) dan Highline Community College (USA).

6. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya )

Selain UAJY, saudaranya yakni Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya juga mengekor di belakangnya dan berada di posisi ke-6. Universitas ini terletak di Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Unika Atma Jaya menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, tidak diragukan lagi kualitasnya dan juga menjadi penyebab Unika Atma Jaya menjadi salah satu tujuan calon mahasiswa baru untuk meneruskan pendidikannya.

7. Universitas Tarumanagara (UNTAR)

Di posisi ke tujuh ada Universitas Tarumanagara, universitas ini terletak di Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat. Dari beberapa sumber, nama universitas ini diambil dari salah satu nama kerajaan yang ada di Indonesia, yaitu kerajaan Tarumanagara.

Bisa dibilang Universitas Tarumanagara merupakan salah satu universitas swasta terbaik yang Ibu Kota negara kita. Selain karena fasilitas yang berkualitas dan bisa menunjang kegiatan perkuliahan para mahasiswanya. UNTAR juga memiliki beberapa alumni berkualitas seperti Taufik Hidayat dan Suhartoyo.

Baca juga: 10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020

8. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Nama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan nama UMY sebagai universitas swasta berkualitas sudah tidak diragukan lagi. Oleh karena itu untuk menjadi mahasiswa UMY sedikit lebih sulit kerena persaingannya yang ketat.

UMY terletak di Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Universitas ini berhasil masuk dalam 8 besar universitas swasta terbaik di Indonesia, dan memang sudah sangat sering UMY dinobatkan menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia.

Perlu kamu ketahui bahwa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menempati posisi ke-35 dalam daftar 100 universitas terbaik di Indonesia.

9. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Jika di urutan sebelumya ada UMY, kini di urutan ke-9 ada saudara kandungnya yaitu Universitas Ahmad Dahlan yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga mahasiswa maupun calon mahasiswa baru.

UAD memiliki sarana dan prasarana yang berkualitas di setiap kampusnya yang mendukung mahasiswa untuk belajar. Selain itu, program studi kedokteran dan farmasi di UAD itu bukan program studi biasa, sebab sudah banyak yang mengakui kualitas alumni-alumni dari Universitas Ahmad Dahlan.

10. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Di urutan terakhir ada Universitas Muhammadiyah Malang atau yang biasa disingkat UMM. Universitas ini terletak di Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur yang didirikan pada tahun 1968 dan didesain menjadi universitas yang benar-benar universitas, yang artinya UMM menjadi universitas yang benar-benar melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Karena bangunannya didominasi warna putih, maka UMM juga disebut sebagai kampus putih. UMM juga memiliki beberapa alumni penting, yaitu Rendra Kresna dan Aqua Dwipayana.

Sampai di sini artikel mengenai daftar Universitas Swasta Terbaik di Indonesia, semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang teman-teman, dan semoga bisa menjadi mahasiswa yang benar-benar mahasiswa. Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Komentar Anda