1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 15 Politeknik Kesehatan Terbaik di Indonesia
Info Kampus

15 Politeknik Kesehatan Terbaik di Indonesia

15 Politeknik Kesehatan Terbaik di Indonesia Tahun 2022
1640   |   Posted by Seprila Mayang   |   30 January 2023

MAUKULIAH.ID- Politeknik Kesehatan atau yang biasa sering dibilang Poltekkes, merupakan perguruan tinggi di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Makanya politeknik di Indonesia kebanyakan disebut sebagai Poltekkes Kemenkes.

Poltekkes Kemenkes ini didirikan untuk mencetak tenaga kesehatan yang sangat profesional dan kompeten di bidangnya. Kalau sobat Maukuliah pengen masuk di dunia kesehatan, bisa tuh kamu coba masuk di kampus ini.

Oh iya, di kampus ini tersedia program Diploma III dan Diploma IV di bidang kesehatan, seperti kebidanan, keperawatan, fisioterapi, rekam medis, hingga teknobiomedik. Nah, hari ini kita bakalan ngasih tau kamu, poltekkes mana aja sih yang masuk dalam kategori Poltekkes Kemenkes terbaik di Indonesia berdasarkan perangkingan Webometrics tahun 2022. Yuk simak di bawah ini ya.

1. Poltekkes Semarang 

Kampus Poltekkes Kemenkes Semarang atau biasa disebut Polkesmar adalah kampus poltekkes favorit yang berada di wilayah Jawa Tengah. Kampus ini kini memiliki delapan jurusan favorit yang menjadi dambaan para lulusan SMA, meliputi Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Gizi, TRR, Keperawatan Gigi, Kesehatan Lingkungan, Analisis Kesehatan. 

2. Poltekkes Jakarta I

Yang menjadi terbaik kedua selanjutnya ada Poltekkes Jakarta I. Kampus ini memiliki empat jurusan, antara lain Jurusan keperawatan, Keperawatan gigi, Kebidanan, dan Ortotik prostetik. 

3. Poltekkes Kemenkes Malang

Politeknik Kesehatan Malang menjadi salah satu politeknik kesehatan yang menduduki 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Kampus yang terletak di kota Malang ini memiliki  24 program studi kesehatan yang tentunya sudah memiliki kualitas terbaik. Kalau kamu kepo, bisa klik link ini, ya.

4. Poltekkes Yogyakarta 

Poltekkes yang terletak di Kota Gudeg ini ternyata juga memiliki kualitas yang sangat baik lho. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta juga menyediakan program studi kesehatan dengan kualitas terbaik. Kampus ini memiliki enam jurusan, yaitu Teknologi Laboratorium Medis, keperawatan, kebidanan, gizi, keperawatan gigi, dan kesehatan lingkungan. Untuk masuk kampus ini, terdapat tiga jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SIPENMARU) yaitu Jalur seleksi Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP), Uji tulis dan Mandiri. Berikut ini link yang dapat ditelusuri agar Sobat Miku dapat lebih mengenal kampus ini. 

5. Poltekkes Gorontalo

Bagi kamu yang berada di wilayah Indonesia timur, kampus Poltekkes Gorontalo bisa kamu jadikan tujuan studi lho. Kampus yang memiliki 1.271 mahasiswa aktif ini memiliki lima program studi andalan, yaitu gizi, farmasi, kebidanan, keperawatan, dan sanitasi lingkungan. 

Baca juga: Kamu Wajib Tau! Perbedaan Jalur Masuk Program Sarjana dan Vokasi

6. Poltekkes Makassar

Poltekkes Kemenkes Makassar merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan RI. Poltekkes Makassar memiliki akreditasi B. memiliki 8 jurusan meliputi Analisis Kesehatan, farmasi, fisioterapi, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Keperawatan Gigi, Keperawatan, Kebidanan.

7. Poltekkes Jakarta II

Poltekkes Kemenkes Jakarta II memiliki tujuh program studi di dalamnya. Beberapa program studi yang ada antara lain Teknologi Elektromedik, Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi, Teknik Gigi, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Analis Farmasi dan Makanan, dan Farmasi. Jadi tinggal pilih aja tuh guys, kamu mau masuk yang jurusan apa. Jika kamu mau tahu lebih lanjut bisa klik link ini ya.

8. Poltekkes Tanjung Karang

Kampus poltekkes terbaik selanjutnya adalah Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang. Kampus ini berada di wilayah Lampung, Pulau Sumatera. Jadi, bagi sobat Miku yang berada di wilayah Sumatera, kampus Poltekkes ini bisa jadi pilihan kamu.

9. Poltekkes Palembang

Masih berada di wilayah Sumatera, kampus Poltekkes Palembang juga menjadi salah satu kampus terbaik di urutan webometrics. Kampus ini memiliki 16 program studi yang terdiri dari program DIII, DIV, dan program profesi. Semakin kepo kan sama Poltekkes ini? Klik link ini ya.

10. Poltekkes Denpasar

Hayo siapa yang ingin sekolah di Pulau Dewata? Yaps, kampus Poltekkes Kemenkes Denpasar bisa jadi pilihan kamu nih. Kampus ini juga memiliki jurusan andalan lho. Seperti halnya jurusan keperawatan, kebidanan, kesehatan gigi, gizi, kesehatan lingkungan, dan teknologi laboratorium medis.

11. Poltekkes Kalimantan Timur 

Poltekkes Kalimantan ini bertempat di Samarinda. Poltekkes ini memiliki 5 Jurusan yang menjadi Favorit calon mahasiswa antara lain Keperawatan, Kebidanan, Teknik Laboratorium Medis, Gizi dan Dietetika, Promosi Kesehatan. Apakah salah satunya ada yang menjadi favoritmu?  Kalau untuk capaian kampus ini sudah tidak diragukan lagi deh, ini terbukti dengan lulusannya yang sudah banyak mengabdikan diri di Institusi Pelayanan Kesehatan pemerintah maupun swasta. Lebih lanjut bisa cek link ini ya.

12. Poltekkes Surakarta

Poltekkes Kemenkes Surakarta adalah kampus kesehatan yang berada di wilayah Jawa Tengah. Kampus ini punya program studi yang sangat keren lho, seperti terapi wicara, okupasi terapi, okupasi prostetik, fisioterapi, akupunktur, keperawatan, dan kebidanan. Nah, beberapa jurusan di kampus ini prospeknya sangat menjanjikan lho. Karena gak semua kampus punya jurusan ini.

13. Poltekkes Medan

Kamu berasal dari kota Medan? Poltekkes Medan bisa menjadi tujuan selanjutnya untuk melanjutkan pendidikan nih. Pendaftaran Poltekkes Medan dapat melalui sipenmaru. Poltekkes ini punya 7 jurusan yang menjadi idaman loh, meliputi Analisis Kesehatan, Farmasi, Gizi, Keperawatan, Keperawatan Gigi, Kesehatan Lingkungan, Kebidanan. Poltekkes ini juga sudah memiliki Akreditasi B loh guys. Jadi bagaimana, apa Sobat Miku tertarik untuk kuliah di sini?

14. Poltekkes Bandung

Sobat Miku tahu, Bandung juga punya Poltekkes yang tidak kalah membanggakan kok. Dengan akreditasi B, kampus ini sudah pasti menjadi idola di Bandung. Jika ingin masuk kampus ini kamu bisa masuk melalui jalur Penelusuran Minat dan Prestasi (PMDP) yaitu jalur tanpa menggunakan tes, yang berdasarkan pada nilai Rapor dan prestasi lainnya.

15. Poltekkes Aceh

Kalau kamu warga Aceh dan mencari kampus favorit dengan macam-macam jurusan kesehatan, Poltekkes  Aceh bisa menjadi pilihanmu. Poltekkes Aceh memiliki akreditasi B. Jalur masuk kampus ini meliputi PMDP, SIMAMA dan MANDIRI. Kalau kamu ingin lebih mengenal Poltekkes Aceh, bisa cek di link ini ya.

Baca juga: 7 Jurusan Vokasi Paling Banyak Diburu di Dunia Kerja

Itulah 15 Poltekkes Terbaik di Indonesia guys. Kamu tinggal pilih aja tuh mau masuk di jurusan apa dan kampus yang mana. Yang terpenting sih mulai sekarang kamu wajib untuk siapkan diri biar bisa lolos masuk di jurusan dan kampus impianmu. Good Luck! 

Mau tau informasi seputar jurusan dan kampus impian? Langsung aja yuk kepoin maukuliah.id, informasi seputar kampus bisa kamu temukan di sini.

Sumber artikel: https://sevima.com/10-politeknik-kesehatan-terbaik-di-indonesia-tahun-2021/

Tags tidak ada

Komentar Anda