Dunia Mahasiswa | Featured | Info Jurusan

10 Rekomendasi Jurusan Terbaik Buat Kamu Anak IPA

717   |   Posted by M. Fadholi   |   27 March 2020

Banyak orang berpikir jika memasuki jurusan IPA merupakan suatu kesempatan emas untuk dapat masuk ke kedokteran. Di pikiran banyak orang, jurusan kedokteran adalah satu-satu jurusan yang akan memberikan nasib yang bagus untuk karir di masa yang akan datang.

Tahukah kamu, ternyata gak hanya kedokteran saja lho jurusan yang cocok untuk anak IPA. Masih banyak jurusan yang berpeluang bagus untuk karir kamu di masa depan. Nah, berikut adalah 10 rekomendasi jurusan terbaik buat anak IPA.

1. Teknik Sipil

Sadar gak sih, akhir-akhir ini di Indonesia sedang gencar-gencarnya mengadakan pembangunan terutama pada perbaikan infrastruktur jalan. Dengan kata lain, banyak tenaga ahli yang dibutuhkan setiap tahunnya. Maka dari itu, bisa dipastikan jika jurusan teknik sipil ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah pada masa mendatang.

Nah bagi kalian yang ingin memasuki jurusan ini, kamu bisa mengambil jurusan ini di Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia.

2. Arsitektur

Jika teknik sipil adalah jurusan yang mempelajari tentang konstruksi bangunan dan rancangannya. Kalau jurusan yang satu ini adalah jurusan yang mendalami tentang bagaimana estetika dan keindahan di dalam suatu bangunan tersebut.

Selain ini, kamu juga akan dihadapkan dengan bagaimana mengatur dan menata fungsi dan bangunan tersebut. Sangat menarik sekali kan? Jika kamu tertarik untuk menyelami jurusan ini lebih dalam, kamu bisa masuk di perguruan tinggi berikut Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

3. Teknik Mesin dan Industri

Gak hanya infrastruktur jalan saja, namun beberapa tahun mendatang pemerintah juga akan melakukan pembangunan PLTU dan beraneka macam kebutuhan lainnya. So, bisa dipastikan kalau jurusan teknik mesin sangat dibutuhkan sebagai tenaga ahlinya.

Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini antara lain adalah Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia.

Baca juga: 5 Perguruan Tinggi Terbaik di Semarang Jawa Tengah

4. Teknik Nuklir

Seperti yang kita tahu, jurusan teknik nuklir merupakan satu-satunya jurusan teknik yang sangat langka di Indonesia. Kebutuhan tenaga ahlinya sangat dibutuhkan di Indonesia. Gak hanya itu, beberapa negeri lain juga membutuhkan jurusan ini untuk kebutuhan berbagai macam industri. Di Indonesia sendiri, jurusan ini hanya tersedia di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Sekolah Tinggi Nuklir di Yogyakarta.

5. Teknik Elektro

Menjadi salah satu jurusan teknik favorit, ternyata jurusan ini benar-benar sangat dibutuhkan oleh dunia industry di tanah air. Dalam pelajarannya, jurusan ini lebih mengarah pada pemanfaatan listrik yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik.

Jurusan ini tersedia di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, seperti adalah Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia.

6. Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Hal-hal yang berurusan dengan komputer dan teknologi memang sedang gencar-gencarnya dibutuhkan oleh semua orang. Jadi, bagi kalian yang akan memasuki dunia perkuliahan, jurusan ini bisa menjadi salah satu alternatif,lho. Selain belajar mengenai ilmu komputer, jurusan ini juga belajar mengenai perangkat lunak dan jaringan-jaringan yang akan diimplementasikan di dunia nya.

Jurusan ini tersedia di beberapa perguruan tinggi terbaik di Indonesia, antara lain adalah Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia.

7. Teknik Biomedik atau Teknobiomedik

Dunia kesehatan pasti sangat dibutuhkan oleh semua orang setiap saat. Berbicara tentang teknik biomedik, jurusan ini adalah jurusan yang mempelajari tentang pengaplikasian ilmu teknik dalam dunia kedokteran dan medis. Selain mempelajari tentang teknik instrumentasi, jurusan ini juga harus memahami tentang ilmu faal dan anatomi tubuh manusia.

Bagi kamu yang tertarik dengan jurusan ini, kamu bisa mengambil jurusan ini di Universitas Indonesia, Univeristas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan Institut Teknologi Bandung.

8. Pendidikan Dokter

Ini dia jurusan yang paling di gandrungi anak IPA ketika mulai memasuki dunia perkuliahan. Selain dinilai memiliki prospek kerja yang bagus, jurusan ini juga dinilai sangat mulia, lho. Karena akan membantu sesama di dalam kehidupan sehari-hari.

Jurusan ini sangat cocok diambil oleh kalian yang sangat senang mempelajari biologi. Beberapa jurusan pendidikan dokter terbaik tersedia di beberapa perguruan tinggi ini, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjadjaran.

9. Pendidikan Dokter Gigi

Jurusan yang juga berprospek bagus untuk masa depan adalah pendidikan dokter gigi. Pada saat memasuki jurusan ini kamu akan dihadapkan dengan berbagai macam hal tentang kebutuhan dan kesehatan gigi pada manusia. Jurusan ini juga sangat bagus untuk prospek karirmu, lho.

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan jurusan ini, kamu bisa deh untuk mencoba mendaftarkan diri pada beberapa perguruan tinggi terbaik di Indonesia, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

10. Farmasi

Dunia medis pasti gak akan jauh dari yang namanya industri obat dan peracikan obat tersebut. Bagi kamu yang sangat tertarik dengan pelajaran kimia dan biologi, jurusan ini bisa jadi salah satu alternatif untuk karir masa depanmu. Kebutuhan apoteker sangat dibutuhkan sekali di Indonesia, mengingat kebutuhan industry obat-obatan dan tenaga apoteker di beberapa instansi di Indonesia sangatlah banyak.

Kamu tertarik dengan jurusan ini? Kamu bisa masuk di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Airlanga.

Jadi, itulah 10 rekomendasi jurusan favorit yang cocok buat anak IPA. Selebihnya, jangan lupa sesuaikan dengan kemampuan dan passion yang kamu miliki. Selain itu, jangan lupa untuk belajar yang rajin dan minta doa restu orangtua. Semoga sukses ya!

Tags tidak ada

Komentar Anda