Featured | Info Jurusan

10 Rekomendasi Jurusan Terbaik Buat Kamu Anak IPS

859   |   Posted by M. Fadholi   |   30 March 2020

Saat sudah memasuki masa akhir SMA, pasti banyak sekali yang masih bingung dan bimbang menentukan jurusan di perkuliahan. Sebenarnya, kamu harus menanyakan kepada dirimu sendiri tentang seluruh passion dan minat yang kamu miliki.

Dengan demikian, kamu akan dengan mudah menentukan jurusan yang akan kamu pilih. Terlebih bagi kamu yang anak IPS, pasti kamu sering bingung kan untuk menentukan jurusan kuliahmu. Gak bisa dipungkiri, bahwa jurusan untuk anak IPS sangat tersedia luas di beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Nah, buat kamu anak IPS, kamu jangan bingung dulu.  Berikut adalah deretan jurusan yang sangat berpotensi untuk karir kamu ke depannya.

1. Ilmu Komunikasi

Masuk jurusan komunikasi memang sangat menarik bila dipelajari lebih dalam. Jika kamu memilih untuk memasuki jurusan ini, kamu akan belajar mengenai public speaking, fotografi, desain animasi. Tidak hanya itu, kamu juga akan belajar lebih dalam tentang pembuatan iklan dan film di jurusan ini. Jadi bisa dipastikan kalau masuk pada jurusan ini kamu akan belajar banyak hal tentang dunia broadcasting dan public relation.

Jurusan ini tersedia di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, dan Universitas Airlangga.

2. Hubungan Internasional

Bagi kamu yang tertarik dengan isu-isu dunia dan segara aspek yang berurusan dengan internasional, jurusan Hubungan Internasional bisa jadi salah satu alternative untuk memasuki dunia perkuliahan. Disini kamu akan belajar banyak hal seperti perdagangan luar negeri, ekonomi Internasional, hokum internasional dan beberapa isu global yang lainnya.

Jika kamu tertarik untuk mendalami jurusan ini, kamu bisa berkuliah di Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

3. Psikologi

Akhir-akhir ini, isu-isu tentang kesehatan mental dan beberapa pikiran tentang perilaku manusia sangat dibutuhkan. Saat memasuki jurusan ini, kamu akan belajar banyak hal tentang mental, pikiran dan konseling klinis. Disini kamu akan memahami segala hal mengenai pemikiran persepsi, pengakuan kognitif, dan hubungan interpersonal.

Beberapa perguruan tinggi terbaik memiliki jurusan ini yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjadjaran.

4. Hukum

Mempelajari tentang seluruh kegiatan dan aspek hokum, jurusan ini sangat berpotensi untuk karir di masa yang akan datang. Terlepas mempelajari tentang hokum di Indonesia, kamu juga akan mempelajari tentang hokum perdagangan dan hukum internasional.  Setelah lulus pun kamu akan bisa berkarir sebagai pengacara, sekretaris legal, jaksa, dan hakim.

Jurusan ini bisa kamu ambil di Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

5. Akuntansi

Salah satu jurusan yang sangat diminati di Indonesia, jurusan ini ternyata juga mempelajari banyak hal terutama dalam bidang keuangan. Saat berkuliah di Akuntansi, kamu akan belajar banyak hal terutama tentang prinsip akuntansi, akuntansi keuangan, pengendalian anggaran, hukum akuntansi, audit, dan prosedur pelaporannya. Bagi kamu yang merasa jago matematika, akuntansi dan ekonomi, jurusan ini bisa jadi salah satu alternatif yang pas buat kamu.

Jurusan ini tersedia di beberapa perguruan tinggi favorit di Indonesia, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

6. Manajemen

Selain akuntansi, manajemen juga disebut-sebut sebagai jurusan yang sangat digandrungi oleh para pelajar SMA. Saat memasuki jurusan ini, kamu akan belajar tentang manajemen sumber daya manusia, keuangan, marketing, operasional dan rantai pasok, dan tentunya entrepreneur. Gak lupa, kamu juga masih belajar tentang berbagai macam pengenalan akuntansi dan berbagai macam manajerial keuangan.

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi ke jurusan ini, kamu bisa pilih diantara perguruan tinggi berikut Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

7. Ekonomi Pembangunan dan Ilmu Ekonomi

Jurusan ini memang merupakan bagian dari perkembangan ilmu ekomoni dan penerapannya. Disini kamu akan mempelajari tentang persoalan pembangunan di berbagai macam kondisi, seperti pada Negara berkembang, Negara sudah berkembang, dan Negara yang belum berkembang. Gak hanya itu, kamu juga akan mempelajari tentang seluruh penerapan ilmu ekonomi tersebut.

Kalau kamu suka dengan bidang ini, kamu bisa sekali untuk melanjutkan studimu ke beberapa perguruan tinggi berikut, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Airlangga.

8. Administrasi Bisnis

Selain mendalami tentang ilmu perniagaan dan manajemen pekerjaan, jurusan ini juga mempelajari tentang pengelolaan sarana dan prasarana kantor dan segala proses bisnis dan prospek yang efektif untuk kegiatan bisnis. So, bagi kamu yang senang untuk mempelajari hal ini kamu bisa mengambil jurusan ini di Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Brawijaya.

9. Administrasi Fiskal

Mempelajari seluruh pengelolaan sumber kekayaan dan keuangan Negara, terutama pada sector pajak, jurusan ini juga merupakan salah satu jurusan yang sangat berpotensi. Disini kamu juga kan mempelajari tentang dasar-dasar kebijakan fiscal, pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, dan keuangan Negara. Jurusan ini sangat cocok buat kamu yang suka dengan mata pelajaran ekonomi.

Nah, jika kamu ingin memasuki jurusan ini, kamu bisa melanjutkan studi ke Universitas Indonesia, Universitas Diponegiri,dan  Universitas Brawijaya

10. Kriminologi

Menjadi satu-satunya jurusan yang sangat langka di Indonesia, jurusan ini akan berpengaruh besar terhadap karir masa depanmu. Bagi kamu yang sangat tertarik dengan persoalan tindak kriminal, perkembangan sosial masyarakat, dan berbagai macam isu terkait, jurusan ini bisa menjadi salah satu alternative untuk melanjutkan studimu.

Di Indonesia sendiri, jurusan ini hanya tersedia di Universitas Indonesia. Jadi bagi kamu yang sudah tertarik dengan jurusan ini, coba aja deh daftarkan dirimu ke UI.

Sepuluh rekomendasi jurusan untuk anak IPS tersebut, bisa kamu jadikan acuan untuk melanjutkan studimu ke jenjang yang lebih lanjut. Selebihnya, kamu harus berusaha dan bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Good Luck yah!

Komentar Anda