1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 10 Rekomendasi Universitas Islam Negeri Terbaik di Indonesia
Info Kampus

10 Rekomendasi Universitas Islam Negeri Terbaik di Indonesia

19885   |   Posted by Fadhol   |   31 January 2023

MAUKULIAH.ID– Buat kamu yang ingin mendalami ilmu keislaman atau melanjutkan pendidikan di kampus  islami, nah pas banget nih. Kali ini kita akan mengulas tentang Universitas Islam Negeri di Indonesia.

Sebenarnya, Universitas Islam Negeri di Indonesia sendiri adalah suatu lembaga pendidikan yang berbasis keagamaan Islam yang mana menekankan pembelajaran pada bidang pengetahuan yang diimbangi dengan ilmu keislaman.

UIN sendiri sebenarnya sudah cukup lama berdiri, namun dulunya bernama Institut Agama Islam Negeri atau kebih dikenal dengan istilah IAIN. Hingga pada sekitar abad ke-21, sejumlah IAIN di Indonesia namanya dirubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Akhir-akhir ini, rupanya UIN juga menyedot perhatian para pelajar untuk melanjutkan studi di kampus ini. Karena pada dasarnya kampus ini juga memberikan kesempaakan untuk para mahasiswanya untuk mempelajari pengetahuan umum baik saintek maupun soshum.

Nah, buat kamu yang tertarik masuk di perguruan tinggi ini. berikut adalah ulasan mengenai 10 rekomendasi Universitas Islam Negeri teratas di Indonesia versi Webometrics 2022 . Yuk simak.

10 Universitas Islam Negeri Terbaik di Indonesia

1. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Memiliki visi sebagai universitas yang unggul dengan akhlak karimah, kampus ini berhasil menempati peringkat pertama UIN terbaik di Indonesia. Selain itu, UIN Sunan Gunung Djati ini juga berhasil menduduki urutan ke 23 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Dengan memiliki 8 fakultas terbaik di dalamnya, kampus ini nyatanya juga menyediakan fasilitas terbaik buat mahasiswanya lho. Seperti halnya pesantren kampus, pusat bahasa, serta beasiswa buat para mahasiswa. Nah, kalau kamu pengin masuk di kampus ini, langsung aja kunjungi https://uinsgd.ac.id/

2. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Siapa sih yang gak tahu kampus yang satu ini. perguruan tinggi yang terletak di Ibukota Jakarta ini merupakan salah satu kampus UIN favorit di Indonesia. Dinobatkan sebagai peringkat kedua UIN terbaik di Indonesia, kampus ini memiliki concern terhadap pengembangan ilmu dan pengetahuan yang berbasis pada moral dan nasionalisme.

Sekarang ini terdapat 11 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana yang ada di kampus ini. Mau jadi bagian dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta? Langsung aja klik https://www.uinjkt.ac.id/ untuk informasi lebih detail

3. UIN Sunan Ampel Surabaya

Berhasil menduduki peringkat ke tiga pada UIN terbaik di Indonesia, kampus yang berada di kawasan Wonocolo, Surabaya ini juga punya 9  fakultas andalan. Fakultas tersebut antara lain fakultas adab dan humaniora, fakultas ekonomi dan bisnis Islam, fakultas dakwah dan komunikasi, fakultas tarbiyah dan keguruan, fakultas sains dan teknologi, fakultas syariah dan hukum, fakultas ushuluddin dan filsafat, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas psikologi dan kesehatan dan sekolah pascasarjana.

Selain itu, kampus ini juga menyediakan program pascasarjana juga. Jadi, jika kamu ingin melanjutkan studi di kampus ini, buruan klik https://w3.uinsby.ac.id/

4. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Siapa sih yang tidak mengenal UIN Raden Intan Lampung? Perguruan Tinggi ini menjadi yang tertua dan terbesar di Lampung loh. Yang tidak kalah membanggakan,  UIN RIL adalah satu-satunya UIN yang masuk peringkat 10 besar perguruan tinggi berkelanjutan terbaik di Indonesia versi UI GreenMetric 2022, yaitu pada urutan ke 8. Keren banget ya kampusnya ramah lingkungan .

Terdapat 6 fakultas yang menjadi andalan di Universitas ini meliputi Fakultas Adab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas dan Bisnis Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Fakultas Syariah, juga sekolah pascasarjana dan doktor. Tentu saja, ini menambah minat bagi para calon Mahasiswa, apalagi banyak prodi yang sudah akreditasi unggul. Kalau kamu mau informasi lebih lanjut, cek disini ya https://www.radenintan.ac.id/

5. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Perguruan tinggi yang beralamatkan di Jl. Lakda Adisucipto Yogyakarta ini, tercatat sebagai salah satu perguruan tinggi islam negeri favorit di Indonesia. UIN Yogyakarta ini juga telah berhasil menorehkan prestasi dengan menyabet mendapatkan 15 kali penghargaan dalam invitasi pekan pengembangan bakan dan minat.

Selain itu, perguruan tinggi ini juga berhasil menduduki peringkat 4795 pada world class university versi webometrics. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi www.uin-suka.ac.id.

6. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Kampus yang terletak di kota Apel ini diam-diam menempati urutan ke-6 UIN terbaik di Indonesia lho. Dalam skala nasional, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berhasil menduduki peringkat ke 71 universitas terbaik di Indonesia.

Di kampus ini tersedia 6 fakultas seperti Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan, Fakultas Syari’ah, Fakultas Humaniora, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan teknologi. Gak hanya itu, kampus ini juga menyediakan program magister. Buat kamu yang menginginkan masuk kampus ini, yuk langsung aja cek www.uin-malang.ac.id.

7. Universitas Islam Negeri Salatiga

Selanjutnya, peringkat ke tujuh UIN terbaik se-Indonesia di tempati oleh Universitas Islam Negeri Salatiga. Kampus ini dikenal dengan IAIN Salatiga atau Institut Agama Islam  Negeri Salatiga sebelum akhirnya alih bentuk menjadi UIN. 

Universitas ini memiliki 3 kampus yang disesuaikan dengan fakultas yang dimiliki. Kampus pertama, terletak  di Jl. Tentara Pelajar No.1 untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kampus kedua, untuk Fakultas Syariah dan Fakultas Adab dan Humaniora terletak di Jl. Nakula Sadewa V No. 9. Sementara kampus terakhir, diperuntukan untuk Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Dakwah dan Sekolah Pascasarja di Sidorejo. Jurusan favoritmu ada di fakultas mana nih? bisa di cek https://iainsalatiga.ac.id/web/, untuk informasi lebih lanjutnya ya.

8. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Untuk Sobat Miku dari Palangkaraya, Miku mau nanya, kata siapa mau kuliah di kampus favorit harus pergi merantau? ini nih Universitas dengan akreditasi B dan memiliki lingkungan Islami yang ada dikotamu. Universitas ini memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Usluhuddin, Adab dan Dakwah. Seperti Perguruan Tinggi Islam pada umumnya, IAIN Palangka Raya juga memiliki asrama bagi para mahasiswanya. Cek informasi lebih lanjutnya di https://www.iain-palangkaraya.ac.id/site/ 

9. Institut Agama Islam Negeri Zawiyah Cot  Kola Langsa

IAIN Langsa yang terletak di Jl. Meurandeh ini masuk menjadi Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTIN) terbaik kedua di Sumatera. Pencapaian tersebut dapat dilhat  dari kesungguhan IAIN Langsa untuk memberikan fasilitas terbaik bagi para mahasiswa, seperti adanya fasilitas ICT yang sangat lengkap, juga pesantren mahasiswa dan fasilitas lainnya. Di kampus ini juga terdapat 4 Fakultas favorit yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. 

Ada berita bagus untuk kamu yang memiliki Hafalan Al Quran, yaitu bagi kamu yang lolos  jalur SPAN-PTKIN, UM PTKIN, Mandiri dapat mendaftar beasiswa Tahfidz dengan jumlah hafalan 5, 10, 15, dan 20 Juz. Untuk tahu lebih lanjut, kunjungi website ini ya https://iainlangsa.ac.id/.

10. Institut Agama Islam Negeri Pontianak

Perguruan selanjutnya Ini bisa jadi pilihan sobat Miku yang tinggal di Kalimantan dan gak mau merantau terlalu jauh. Selain menjadi Universitas Islam Negeri Terbaik ke sepuluh, Perguruan Tinggi yang enggak pernah sepi peminat ini juga punya prestasi sebagai Peringkat 1 Keterbukaan Informasi Publik Kategori Perguruan Tinggi se-Kalimantan Barat tahun 2019.

Dikampus ini tersedia 4 fakultas, meliputi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD), Fakultas Syariah (FASYA), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islasm (FEBI). Kalau kamu mau kepoin, cek website ini ya https://iainptk.ac.id/.

Nah itu tadi adalah pembahasan mengenai Universitas Islam Negeri terbaik di Indonesia. Jadi buat kamu yang ingin memasuki perguruan tinggi Islam di Indonesia, ulasan di atas bisa kamu jadikan acuan untuk memilih perguruan tinggi terbaik untuk masa depan kamu. Selamat berjuang, semoga sukses ya.

Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Referensi artikel: https://www.kompas.com/edu/read/2023/01/22/091657071/20-kampus-islam-negeri-terbaik-indonesia-referensi-snpmb-2023?page=all

Tags tidak ada

Komentar Anda