Featured | Info Kampus | Kampus Terbaik

10 Rekomendasi Universitas Islam Negeri Terbaik di Indonesia

14082   |   Posted by M. Fadholi   |   10 June 2020

Buat kamu yang ingin mendalami ilmu keislaman atau melanjutkan pendidikan di kampus  islami, nah pas banget nih. Kali ini kita akan mengulas tentang Universitas Islam Negeri di Indonesia.

Sebenarnya, Universitas Islam Negeri di Indonesia sendiri sebenarnya adalah suatu lembaga pendidikan yang berbasis keagamaan Islam yang mana menekankan pembelajaran pada bidang pengetahuan yang diimbangi dengan ilmu keislaman.

UIN sendiri sebenarnya sudah cukup lama berdiri, namun dulunya bernama Institut Agama Islam Negeri atau kebih dikenal dengan istilah IAIN. Hingga pada sekitar abad ke-21, sejumlah IAIN di Indonesia namanya dirubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

Akhir-akhir ini, rupanya UIN juga menyedot perhatian para pelajar untuk melanjutkan studi di kampus ini. Karena pada dasarnya kampus ini juga memberikan kesempaakan untuk para mahasiswanya untuk mempelajari pengetahuan umum baik saintek maupun soshum.

Nah, buat kamu yang tertarik masuk di perguruan tinggi ini. berikut adalah ulasan mengenai 10 rekomendasi Universitas Islam Negeri teratas di Indonesia. Yuk simak.

10 Universitas Islam Negeri Terbaik di Indonesia

1. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Kampus yang terletak di kota Apel ini diam-diam menempati urutan tiga besar UIN terbaik di Indonesia lho. Dalam skala nasional, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berhasil menduduki peringkat ke 46 universitas terbaik di Indonesia.

Di kampus ini tersedia 6 fakultas seperti Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan, Fakultas Syari’ah, Fakultas Humaniora, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan teknologi. Gak hanya itu, kampus ini juga menyediakan program magister. Buat kamu yang menginginkan masuk kampus ini, yuk langsung aja cek www.uin-malang.ac.id.

2. UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Perguruan tinggi yang memiliki visi meningkatkan ilmu dengan disertai tauhid ini, rupanya sudah disahkan menjadi universitas sejak tahun 2005. Di kampus ini terdapat 9 fakultas, yaitu fakultas tarbiyah dan keguruan, fakultas ushuluddin, fakultas psikologi, fakultas ekonomi dan ilmu sosial, fakultas syariah dan ilmu hukum, fakultas dakwah dan ilmu komunikasi, fakultas sains dan teknologi, serta fakultas pertanian dan peternakan.

Kampus ini ternyata juga dinobatkan sebagai UIN terbaik di Indonesia. Jadi, bagi kamu yang ingin memasuki kampus ini bisa kunjungi https://uin-suska.ac.id/.

3. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Siapa sih yang gak tahu kampus yang satu ini. perguruan tinggi yang terletak di Ibukota Jakarta ini merupakan salah satu kampus UIN favorit di Indonesia. Dinobatkan sebagai tiga besar UIN terbaik di Indonesia, kampus ini memiliki concern terhadap pengembangan ilmu dan pengetahuan yang berbasis pada moral dan nasionalisme.

Sekarang ini terdapat 12 fakultas yang ada di kampus ini. Mau jadi bagian dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta? Langsung aja klik https://www.uinjkt.ac.id/ untuk informasi lebih detail

4. UIN Walisongo Semarang

Yuk lanjut ke kampus selanjutnya yaitu UIN Walisongo. Kampus yang terletak di kota Semarang ini ternyata memang sudah menempati urutan ke 50 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Saat ini UIN Walisongo memiliki 9 Fakultas terbaik, antara lain Fakultas dakwah dan komunikasi, fakultas syariah dan hokum, fakultas tarbiyah dan keguruan, fakultas usuludin dan humaniora, fakultas ekonomi dan bisnis isla, fakultas social dan politik, fakultas psikologi dan kesehatan, fakultasn sans dan teknologi, serta program pascasarjana. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi https://walisongo.ac.id/.

Baca juga: 10 Rekomendasi Perguruan Tinggi Islam Swasta Terbaik

5. UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Memiliki visi sebagai universitas yang unggul dengan akhlak karimah, kampus ini berhasil menempati peringkat ke 5 UIn terbaik di Indonesia. Selain itu, UIN Sunan Gunung Djati ini juga berhasil menduduki urutan ke 54 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Dengan memiliki 10 fakultas terbaik di dalamnya, kampus ini nyatanya juga menyediakan fasilitas terbaik buat mahasiswanya lho. Seperti halnya pesantren kampus, pusat bahasa, serta beasiswa buat para mahasiswa. Nah, kalau kamu pengin masuk di kampus ini, langsung aja kunjungi https://uinsgd.ac.id/

6. UIN Sunan Ampel Surabaya

Berhasil menduduki peringkat ke tujuh pada UIN terbaik di Indonesia, kampus yang berada di kawasan Wonocolo, Surabaya ini juga punya 10 fakultas andalan. Fakultas tersebut antara lain fakultas humaniora, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas dakwah dan komunikasi, fakultas tarbiyah dan keguruan, fakultas sains dan teknologi, fakultas syariah dan hokum, fakultas ushuluddin dan filsafat, dan fakultas tarbiyah dan keguruan.

Selain itu, kampus ini juga menyediakan program pascasarjana juga. Jadi, jika kamu ingin melanjutkan studi di kampus ini, buruan klik https://w3.uinsby.ac.id/

7. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Perguruan tinggi yang beralamatkan di Jl. Lakda Adisucipto Yogyakarta ini, tercatat sebagai salah satu perguruan tinggi islam negeri favorit di Indonesia. UIN Yogyakarta ini juga telah berhasil menorehkan prestasi dengan menyabet mendapatkan 15 kali penghargaan dalam invitasi pekan pengembangan bakan dan minat.

Selain itu, perguruan tinggi ini juga berhasil menduduki peringkat 4197 pada world class university versi webometrics. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi www.uin-suka.ac.id.

8. UIN Alauddin Makassar

Yang satu ini adalah UIN favorit di Indonesia yang terletak di kawasan Indonesia Timur, yaitu di Kota Makassar Sulawesi Selatan.

Di kampus ini, kini tersedia 7 fakultas, antara lain fakultas tarbiyah dan keguruan, fakultas syariah dna hokum, fakultas adab dan humaniora, fakultas ushuluddin dan filsafat, fakultas dakwah dan komunikasi, fakultas sains dan teknologi, fakultas kesehatan dan yang terakhir adalah program pascasarjana. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampus ini, langsung aja kunjungi www.uin-alauddin.ac.id.

9. UIN Ar Raniry Aceh

Dari bagian timur Indonesia, kini kita bahas perguruan tinggi yang terletak di kawasan Indonesia paing barat, yaitu di Banda Aceh. Kampus yang menempati 10 besar kampus UIN terbaik di Indonesia ini ternyata juga sudah berhasil mendapatkan penghargaan yang luar biasa lho.

Oh iya, di kampus ini kini terdapat 9 fakultas terbaik, antara lain Fakultas tarbiyah dan keguruan, fakultas humaniora, fakultas dakwah dan komunikasi, fakultas sosial dan ilmu pemerintahan, fakultas syariah dan hokum, fakultas ushuluddin dan filsafat, fakultas ekonomi dan bisnis islam, fakultas sains dan teknologi, serta fakultas psikologi. Mau tau informasi lebih lanjut mengenai kampus ini? buruan kunjungi link berikut http://www.ar-raniry.ac.id/index.php/id.

Baca juga: 10 Rekomendasi Perguruan Tinggi Islam Swasta Terbaik

10. UIN Antasari Kalimantan Selatan

Nah, yang terakhir ini adalah salah satu kampus Islam terbaik yang terletak di Jalan A. Yani km. 4,5  kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Seperti yang kita ketahui, kampus ini berhasil menduduki 10 besar kampus UIN terbaik di Indonesia.

Saat ini, kampus yang identik dengan jas almamater hijau ini memiliki 4 fakultas yang terdapat lebih dari 10 program studi di dalamnya. Buat kamu yang ingin memasuki perguruan tinggi ini, kamu bisa klik www.uin-antasari.ac.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Nah itu tadi adalah pembahasan mengenai Universitas Islam Negeri terbaik di Indonesia. Jadi buat kamu yang ingin memasuki perguruan tinggi Islam di Indonesia, ulasan di atas bisa kamu jadikan acuan untuk memilih perguruan tinggi terbaik untuk masa depan kamu. Selamat berjuang, semoga sukses ya.

Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Tags tidak ada

Artikel Terkait

Featured | Info Jurusan | Info Kuliah

10 Jurusan Kuliah Terbaik dan Ideal untuk Lulusan SMK

Posted by M. Fadholi   |   03 November 2020
Info Kampus | Info Pendaftaran

Tips Memilih Kampus Yang Cocok, Agar Tidak Salah Pilih

Posted by M. Fadholi   |   27 October 2020
Dunia Mahasiswa | Info Kampus | Update

Apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi? Mahasiswa Wajib Tahu

Posted by M. Fadholi   |   28 September 2020
Info Kampus | Kampus Terbaik

Terbaru! Inilah 10 Universitas Islam Negeri (UIN) Terbaik di Indonesia 2020 versi Webometrics

Posted by M. Fadholi   |   18 September 2020

Komentar Anda