1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 10 Solusi Terbaik Antisipasi Kebosanan di Tengah Kuliah...
Info Kampus

10 Solusi Terbaik Antisipasi Kebosanan di Tengah Kuliah Online

23   |   Posted by Seprila Mayang   |   21 July 2021

Terhitung sejak bulan Maret 2020 lalu mahasiswa harus melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah akibat wabah pandemi Covid 19. Mau gimana lagi, untuk menekan angka persebaran Covid 19, seluruh perguruan tinggi terpaksa mengubah kegiatan perkuliahan secara tatap muka menjadi perkuliahan online. 

Hayo ngaku aja deh! Pastinya hal ini bikin kamu menjadi sangat bosan kan? Sehari-hari cuma duduk di depan layar monitor dan memperhatikan dosen menerangkan seluruh materi perkuliahan tersebut. Belum lagi banyaknya faktor penghambat lainnya seperti koneksi internet bermasalah, laptop rusak, dan lainnya membuat kamu tambah nggak mood mengikuti perkuliahan online tersebut. 

Meskipun banyak penghalang kamu jangan putus asa dong. Tenang aja guys, masih ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Wah, apa aja tuh solusi yang bisa kamu lakukan? Simak baik-baik ya sobat!

Baca juga: Terbukti! 5 Tips Kuliah Online Agar Menyenangkan Namun Efektif

1. Siapkan mental dengan baik

Sebelum perkuliahan dimulai, alangkah lebih baik jika kamu menyiapkan mental dan semangat yang baik. Dengan begitu kamu akan mulai nyaman dalam melakukan kegiatan belajar online. 

2. Buat jadwal kuliah online

Biar perkuliahanmu belajar dengan lancar, kamu harus membuat jadwal kuliah online mu. Jangan sampai kamu lupa membuat jadwal dan berakhir gak mengikuti kegiatan kuliah. 

Agar mudah mengingat jadwal kuliah, kamu bisa memasang jadwal belajar di meja belajarmu atau amu juga bisa menyimpannya di catatan handphone. Lama-lama kamu pasti ingat kok sama jadwal perkuliahan tersebut. 

3. Pilih gaya belajar yang kamu sukai

Hal paling penting dalam proses belajar adalah mengetahui gaya belajar yang paling disukai oleh diri sendiri. Dengan begitu kamu akan lebih nyaman untuk menyerap materi yang diberikan oleh dosen. 

4. Pilih tempat belajar yang nyaman

Belajar membutuhkan tempat yang nyaman dan aman. Buat kamu yang gak suka diganggu saat belajar, kondisi tempat belajar yang nyaman sangatlah dibutuhkan. Belajar di tempat yang nyaman pasti akan meningkatkan daya konsentrasi mu menjadi lebih tinggi lho. 

5. Menyiapkan properti belajar

Selama mengikuti kegiatan belajar online, kamu harus menyiapkan properti belajar sebelum mengikuti proses belajar mengajar. Kamu wajib mengecek koneksi internet, laptop, hingga properti pendukung lain yang membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan asik. 

6. Fokus dan jangan lakukan kegiatan lain saat belajar online

Ketika melakukan kegiatan belajar mengajar, kamu harus fokus ya. Jangan sampai kamu terbuai dengan kegiatan lain yang bisa mendistrak konsentrasimu. 

7. Manfaatkan media sosial untuk diskusi

Adanya sosial media di handphone kamu harus kamu manfaatkan sebaik mungkin. Di sini kamu bisa melakukan diskusi dan komunikasi dengan baik. Terlebih buat kamu yang belum memahami materi perkuliahan. Inilah saatnya kamu bisa saling bertanya dan melempar pertanyaan untuk melakukan diskusi ini. 

8. Jangan pernah menunda mengerjakan tugas

Kuliah online banyak godaannya lho. Makanya kamu harus disiplin terhadap dirimu sendiri. Salah satunya disiplin saat mengerjakan tugas. 

Kamu wajib untuk mengerjakan tugas sedini mungkin agar tugas tersebut tidak menumpuk. Dengan begitu kamu akan tetap nyaman saat melakukan perkuliahan online. 

9. Siapkan asupan nutrisi yang baik

Apalah arti belajar keras tanpa makanan enak. Yaps, kamu wajib untuk memenuhi nutrisi yang baik di dalam tubuh kamu. Nutrisi yang diperoleh dari makanan tersebut bisa menambah imun serta semangat kamu saat melakukan perkuliahan online. 

10. Istirahat yang cukup

Meskipun kamu mengerjakan seluruh proses belajar mengajar di rumah, bukan berarti kamu gak istirahat ya. Sebagai mahasiswa kamu harus tetap memperhatikan kesehatan dengan beristirahat yang cukup. Dengan begitu kamu pasti akan terhindar dari penyakit. 

Baca juga: 5 Tips Membiasakan Mahasiswa Untuk Kuliah Online

Itu tadi 10 solusi yang bisa kamu terapkan di dalam kegiatan kuliah online ya. Meskipun kuliah di rumah aja, bukan berarti kamu harus loyo dan gak semangat menjalani perkuliahan. 

Oh iya, jika kamu masih merasa bosan mengikuti perkuliahan online, kamu bisa melakukan berbagai hobi kesukaanmu. Mulai dari menari, melukis, olahraga, atau pun memasak. 

Yang terpenting kamu harus tetap semangat dan stop mengeluh. Yakin deh suatu saat pasti ada gantinya. Meskipun gantinya gak akan langsung kamu dapat, tapi yakin deh semuanya akan berjalan dengan sangat baik nantinya. 

Well, kalau kamu masih bingung menghadapi dunia perkuliahan online. Kamu bisa cek maukuliah.id yang menyediakan tips dan trik seputar perguruan tinggi. Pokoknya kamu tetap semangat ya! Do your best!

Tags tidak ada

Komentar Anda