Featured | Info Jurusan

20 Jurusan Kuliah yang Punya Prospek Kerja Bagus dan Menjanjikan

1787   |   Posted by M. Fadholi   |   26 November 2020

Hallo sobat maukuliah, kita tahu tiap tahun, baik di dalam dunia industri maupun pendidikan, selalu terjadi pembaruan dan penyesuaian. Oleh sebab itu, muncul jurusan kuliah yang mudah dan menjanjikan di bidang-bidang baru yang lebih menjanjikan prospek kerja di masa mendatang.

Kalau kamu masih bingung pilih jurusan untukmu, boleh menjadi pertimbangan kamu untuk ambil jurusan yang sekiranya punya prospek kerja bagus dan menjanjikan. Kira-kira jurusan kuliah yang menjanjikan tahun ini apa saja ya?

20 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

1. Pendidikan Dokter

Saat ini negara Indonesia kita butuh sekali tenaga kesehatan apalagi masa mendatang, kita pasti akan membutuhkan lebih banyak lagi dokter – bukan hanya dokter umum, tapi juga dokter-dokter spesialis. Kita lihat saat Pandemi saat ini, dokter adalah tenaga kesehatan yang sangat penting. So, kalau ditanya tentang jurusan yang banyak dibutuhkan, Pendidikan Dokter jelas salah satunya.

2. Ilmu Komunikasi

Puncaknya telah terlihat saat ini, startup ataupun industri kreatif sedang naik daun. Memang ada penyesuaian bisnis kreatif disebabkan oleh pandemi, tetapi bidang ini tetap membutuhkan alumni Ilmu Komunikasi yang mampu desain, fotografi, membuat iklan, public speaking, bahkan menulis. Ilmu komunikasi pilihan yang tepat untukmu.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan di Era Industri 4.0 Menurut Kemendikbud

3. Ilmu Ekonomi

Semua perusahaan butuh perencana keuangan, yap jurusan Ilmu Ekonomi sangat dibutuhkan sekarang ataupun nanti. Menteri keuangan kita sekarang adalah alumni jurusan ekonomi. Nah, butuh bukti apa lagi untuk meyakinkanmu bahwa Ilmu Ekonomi adalah jurusan kuliah yang menjanjikan?

4. Teknik Mesin

Saat ini, berbagai lini kehidupan kita saat ini sudah sangat tergantung pada mesin – termasuk robot. Ini bukti bahwa Teknik mesin menjadi jurusan kuliah yang bagus untuk masa depan, teknik harus masuk di dalam list-mu. Yang penting, jangan berhenti belajar bahkan setelah lulus kuliah, ya! Semangat!

5. Bisnis Digital

Program studi bisnis digital merupakan jurusan yang memiliki rumpun ilmu terapan yang mengaplikasikan proses serta merancang suatu bisnis digital. Tujuan adanya program studi tersebut adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang mumpuni serta menguasai bidang startup digital dan marketplace.

Jika memilih program studi ini sebagai jurusan kuliah, maka akan menerima materi perkuliahan perpaduan dari bidang ilmu manajemen. Kemudian, materi tentang ilmu tentang e-commerce, teknik informatika, sistem informasi, dan hukum bisnis juga diberikan.

Lulusan bidang ini akan memiliki peluang atau prospek kerja menjadi seorang manajer sebuah akun digital. Selain itu, juga bisa menjadi seorang analisis bisnis digital, koordinator bisnis digital, dan juga bisa menjadi seorang ahli bidang bisnis digital.

6. Artificial Intelligence dan Teknik Robotika

Artificial Intelligence adalah suatu disiplin ilmu komputer yang memiliki pengaplikasian luas untuk mendukung pengambilan suatu keputusan. Sedangkan robotika adalah salah satu ilmu yang lahir dari gabungan beberapa ilmu lain seperti komputer, mekanika, dan elektronika.

Baca juga: Tips Memilih Kampus Yang Cocok, Agar Tidak Salah Pilih

Program studi tersebut akan berfokus pada pengembangan integrasi antara robotika dan artificial intelligence untuk menghasilkan suatu sistem yang autonomous atau cerdas.

Sistem tersebut akan memiliki banyak manfaat dan kegunaan serta dapat diaplikasikan di berbagai bidang keilmuan. Pengetahuan dan kemampuan yang akan dipelajari jika memilih program studi tersebut adalah matematika dan fisika dasar.

Selain itu, juga mempelajari teknologi informasi, desain, aplikasi robotika, pemrograman dasar, dan kecerdasan buatan serta integrasinya. Lulusan program studi ini akan berpeluang dan memiliki prospek kerja sebagai seorang peneliti, insinyur robotika, software engineer, dan data scientist.

7. Cyber Security

Cyber Security adalah salah satu jurusan cabang ilmu bidang komputer dan teknologi. Program studi ini akan banyak mempelajari bagaimana cara melakukan proteksi berbagai bidang industri.

Tidak hanya itu, jurusan ini juga akan mempelajari proteksi data pemerintah atau bahkan individu dari serangan dunia maya ‘cyber attack’. Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari materi tentang cyber forensic, data structure, programming, coding, dan network penetration testing.

Lulusan jurusan ini akan memiliki prospek kerja sebagai Computer Forensics Analyst, Big Data Architect, Security Analyst, dan Cyber Intelligence Officer.

Baca juga: Perbedaan dan Daftar jurusan Saintek dan Soshum, Apa saja sih?

8. Matematika Statistik

Pada era digital seperti sekarang ini, menjalani profesi data scientist akan banyak dibutuhkan di dunia kerja mendatang. Banyak perusahaan besar yang bergelut di bidang marketing dan telekomunikasi yang membutuhkan seorang data scientist.

Perusahan-perusahaan tersebut terutama yang memiliki keterkaitan dengan sistem yang terintegrasi serta merambah ke segala bidang. Saat memilih jurusan matematika statistik, mata kuliah yang akan diperoleh berupa ilmu aljabar linear untuk dasar statistika. Kemudian, mata kuliah rancangan percobaan, metode survei sampel dan ilmu statistika khususnya analisis regresi.

Jurusan matematika statistik memberikan peluang kerja bagi lulusannya sebagai pegawai bank (Account officer), Market Researcher, Data Scientist, Analisis Anggaran, dan Analisis Sistem.

Baca juga: Tak Suka Matematika, Ini 10 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

9. Sastra Inggris

Banyak dibutuhkan, Sastra Inggris termasuk jurusan kuliah yang banyak peluang kerja. Mahasiswa Sastra Inggris biasanya sudah mulai bekerja sebagai penerjemah sejak masih kuliah. Saking akrabnya anak Sastra Inggris dengan berbagai literatur, rata-rata mereka jago menulis – termasuk konten! Ada pula Sarjana Sastra yang menjadi dosen setelah melanjutkan kuliah S2.

10. Teknik Elektro

Ingin bekerja di perusahaan pembangkit listrik? yap kamu bisa ambil Teknik Elektro. Atau kamu ingin menjadi seorang ahli robotik? bisa diawali dengan kuliah di jurusan ini ya. Selain bidang mekatronika, alumni Teknik Elektro juga bisa berkarir di bidang telekomunikasi. Bagaimana banyak prospek kerja kan di jurusan Teknik Elektro?

11. Teknik Informatika

Yaps, Ilmu komputer dan teknologi informasi saat ini menjadi jurusan primadona diberbagai kampus, dana akan semakin berkembang kedepannya. Tak diragukan lagi, Teknik Informatika menjadi jurusan yang paling banyak peluang kerjanya. Web developer, computer programmer, dan software developer adalah beberapa profesi yang banyak digeluti alumni jurusan ini. Atau mau mendirikan start up sendiri juga bisa, keren kan?

Baca juga: Mengapa Jurusan IT Begitu Diminati, Emang Prospek Kerja Bagus?

12. Perhotelan dan Pariwisata

Sejak lama industri pariwisata menjadi salah satu yang menjanjikan di dunia. Apakah kamu sudah pernah bekerja di bidang pariwisata dan perhotelan? Kalau belum, tapi kamu tertarik, jurusan ini merupakan bidang yang patut kamu coba. Dengan mengambil jurusan ini, ada banyak prospek karir yang cukup menjanjikan. Seperti pengelola restoran, manajer hotel, pemilik travel agency, dan lain-lain. Prospek kerja bagus deh.

13. Psikologi

Coba kita lihat, masa pandemi banyak dikalangan masyarakat yang stres atau jenuh, yap semua pergi ke psikologi. Psikologi adalah salah satu jurusan Ingin kuliah yang banyak dibutuhkan. Dan alumni jurusan ini dibutuhkan di hampir semua perusahaan. Selain menjadi bagian dari divisi HRD, seorang psikolog juga bisa menjadi terapis atau konselor yang bekerja secara mandiri. Mantap!

14. Teknik Perminyakan

Kalau ditanya salah satu jurusan dengan prospek kerja bagus di Fakultas Teknik apa? jawabnya Teknik Perminyakan. Bukan rahasia lagi kalau alumni jurusan ini rata-rata berpenghasilan cukup besar, karena akan menjadi ahli tambang, ahli pengeboran, teknisi perminyakan, dan berbagai profesi bergaji tinggi yang lain di bidang pertambangan. Bagaimana kamu tertarik?

15. Aktuaria

Walaupun jarang kita jumpai di banyak universitas, namun jurusan Aktuaria sebenarnya menawarkan prospek cerah di masa mendatang. Semakin berkembangnya bisnis asuransi menjadi salah satu faktor pendukung kenapa Aktuaria menjadi jurusan dengan prospek kerja bagus. Bagaimana tertarik di jurusan aktuaria?

Baca juga: Kelebihan Jurusan Aktuaria dan Prospek Kerjanya

16. Arsitektur

Jika cita-citamu ingin menjadi arsitek, jangan ragu lagi, Arsitek adalah jurusan yang peluang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang. Kita tahu Industri di bidang konstruksi dan rancang bangun akan tetap berlanjut dan berkembang di masa mendatang. Generasi sekarang dan kedepan semakin menyadari pentingnya nilai keindahan, fungsi, dan kekuatan suatu bangunan. Gas yang ingin ambil jurusan Arsitektur.

17. Akuntansi

Konsultan keuangan, manajer keuangan, auditor, maupun akuntan akan tetap dibutuhkan di berbagai bidang bisnis. Jika menginginkan jurusan kuliah yang bagus untuk masa depan, Akuntansi wajib banget masuk pertimbangan.

18. Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual atau yang sering kita kenal dengan DKV mahasiswanya akan belajar tentang bagaimana menyampaikan pesan melalui desain. Pesan tersebut bisa bertujuan sekedar memberikan informasi, mempersuasi, hingga mempengaruhi si penerima pesan. DKV terhitung sebagai jurusan dengan prospek kerja bagus, seperti desainer grafis, animator, hingga desainer produk industri. Banyak banget perusahaan yang membutuhkan jasa dasain.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Terbaik dan Ideal untuk Lulusan SMK

19. Ilmu Gizi

Saat ini makin banyak orang yang menyadari pentingnya kesehatan, jasa ahli diet dan nutrisi pun semakin dibutuhkan. Jurusan Ilmu Gizi ini bukan hanya mempelajari tentang gizi dan kesehatan, mahasiswa jurusan ini pun belajar tentang bagaimana memberikan jasa konsultasi gizi. Tak berlebihan bila kita menyebut ini jurusan kuliah yang banyak peluang kerja, bukan?

20. Teknik Biomedik

Dalam jurusan Biomedik ini, dasar-dasar ilmu komputer dan teknik pun diterapkan. Kalau di negara-negara maju, Teknik Biomedik merupakan prospek jurusan kuliah yang menjanjikan dan sangat menghasilkan. Perkembangan teknologi di bidang kesehatan membutuhkan orang-orang dengan keahlian Biologi dan teknologi. Pun kesehatan di Indonesia butuh inovasi-inovasi dari jurusan ini.

Itulah 20 jurusan yang bisa kamu pertimbangkan, seperti kita tahu prospek kerja di masa depan memang tak bisa dipisahkan dari pilihan jurusan kuliah, tapi tetap bukan satu-satunya faktor. Kamu bisa diskusi dengan orang tua atau guru BK kamu di sekolah untuk menentukan jurusan yang tepat untuk kamu. Bagaimana sudah ada bayangan mau ambil jurusan apa, sobat maukuliah?

Bagi sobat maukuliah yang ingin mencari kampus mana saja yang sudah ada 4 jurusan itu bisa cek aja di maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda