Featured | Info Jurusan

4 Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan di Era Industri 4.0 Menurut Kemendikbud

607   |   Posted by M. Fadholi   |   25 November 2020

Tahun 2020 kita disarankan untuk pintar untuk melihat situasi era pada saat ini, seperti era revolusi industri 4.0 yang dimana kita diharapkan agar memilih jurusan kuliah yang benar agar nantinya bisa menyesuaikan dengan situasi era saat ini.

Mengingat pada era 4.0 untuk mencari pekerjaan semakin ketat dan penuh persaingan, tidak hanya itu tuntutan kebutuhan akan kebutuhan akan kemampuan kerja kiat tinggi. Banyak pekerjaan saat ini maupun di masa depan yang membutuhkan keterampilan baru yang relevan dengan perkembangan zaman.

Berikut adalah 4 jurusan kuliah yang lulusannya sangat dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0, seperti dilansir dari Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, @ditjen.dikti, diantaranya:

4 Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan di Era Industri 4.0

1. Bisnis Digital

Program studi bisnis digital merupakan jurusan yang memiliki rumpun ilmu terapan yang mengaplikasikan proses serta merancang suatu bisnis digital.
Tujuan adanya program studi tersebut adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang mumpuni serta menguasai bidang startup digital dan marketplace.

Jika memilih program studi ini sebagai jurusan kuliah, maka akan menerima materi perkuliahan perpaduan dari bidang ilmu manajemen. Kemudian, materi tentang ilmu tentang e-commerce, teknik informatika, sistem informasi, dan hukum bisnis juga diberikan.

Lulusan bidang ini akan memiliki peluang atau prospek kerja menjadi seorang manajer sebuah akun digital. Selain itu, juga bisa menjadi seorang analisis bisnis digital, koordinator bisnis digital, dan juga bisa menjadi seorang ahli bidang bisnis digital.

Baca juga: Mengapa Jurusan IT Begitu Diminati, Emang Prospek Kerja Bagus?

2. Artificial Intelligence dan Teknik Robotika

Artificial Intelligence adalah suatu disiplin ilmu komputer yang memiliki pengaplikasian luas untuk mendukung pengambilan suatu keputusan. Sedangkan robotika adalah salah satu ilmu yang lahir dari gabungan beberapa ilmu lain seperti komputer, mekanika, dan elektronika.

Program studi tersebut akan berfokus pada pengembangan integrasi antara robotika dan artificial intelligence untuk menghasilkan suatu sistem yang autonomous atau cerdas.

Sistem tersebut akan memiliki banyak manfaat dan kegunaan serta dapat diaplikasikan di berbagai bidang keilmuan. Pengetahuan dan kemampuan yang akan dipelajari jika memilih program studi tersebut adalah matematika dan fisika dasar.

Selain itu, juga mempelajari teknologi informasi, desain, aplikasi robotika, pemrograman dasar, dan kecerdasan buatan serta integrasinya. Lulusan program studi ini akan berpeluang dan memiliki prospek kerja sebagai seorang peneliti, insinyur robotika, software engineer, dan data scientist.

Baca juga: Tak Suka Matematika, Ini 10 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

3. Cyber Security

Cyber Security adalah salah satu jurusan cabang ilmu bidang komputer dan teknologi. Program studi ini akan banyak mempelajari bagaimana cara melakukan proteksi berbagai bidang industri.

Tidak hanya itu, jurusan ini juga akan mempelajari proteksi data pemerintah atau bahkan individu dari serangan dunia maya ‘cyber attack’. Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari materi tentang cyber forensic, data structure, programming, coding, dan network penetration testing.

Lulusan jurusan ini akan memiliki prospek kerja sebagai Computer Forensics Analyst, Big Data Architect, Security Analyst, dan Cyber Intelligence Officer.

Baca juga: Perbedaan dan Daftar jurusan Saintek dan Soshum, Apa saja sih?

4. Matematika Statistik

Pada era digital seperti sekarang ini, menjalani profesi data scientist akan banyak dibutuhkan di dunia kerja mendatang. Banyak perusahaan besar yang bergelut di bidang marketing dan telekomunikasi yang membutuhkan seorang data scientist.

Perusahan-perusahaan tersebut terutama yang memiliki keterkaitan dengan sistem yang terintegrasi serta merambah ke segala bidang. Saat memilih jurusan matematika statistik, mata kuliah yang akan diperoleh berupa ilmu aljabar linear untuk dasar statistika. Kemudian, mata kuliah rancangan percobaan, metode survei sampel dan ilmu statistika khususnya analisis regresi.

Jurusan matematika statistik memberikan peluang kerja bagi lulusannya sebagai pegawai bank (Account officer), Market Researcher, Data Scientist, Analisis Anggaran, dan Analisis Sistem.

Itulah informasi dan penjelasan 4 jurusan atau program studi perkuliahan yang memiliki prospek baik untuk lulusannya di era revolusi industri 4.0. Bagi sobat maukuliah yang ingin mencari kampus mana saja yang sudah ada 4 jurusan itu bisa cek aja di maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda