1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 4 Tips Sukses dari Doktor Termuda Indonesia oleh...
Info Kampus

4 Tips Sukses dari Doktor Termuda Indonesia oleh MURI 2019

630   |   Posted by Fadhol   |   26 August 2020

Alumnus Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga ( Unair) Satria Arief Prabowo dinobatkan menjadi Doktor Termuda di Indonesia dalam bidang Ilmu Kedokteran oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) 2019.

Menurutnya, salah satu hal yang membuatnya bisa meraih sukses sebagai Doktor termuda ialah karena ia mulai mencari bidang yang disukai dan dicintai hingga akhirnya menjadi suatu keahlian.

Selain itu, dalam acara Airlangga Career Club yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan Karier, Kewirausahaan dan Hubungan Alumni (PPKKHA) Unair, Satria juga membagikan sejumlah tips sukses menurut versinya untuk para mahasiswa.

4 Tips Sukses dari Doktor Termuda Indonesia Alumnus FK Unair

1. Meyakini bahwa setiap orang punya perannya sendiri

Setiap orang harus meyakini bahwa ia memiliki peran masing-masing di dunia. “Saya percaya bahwa sebenarnya setiap orang memiliki peran dan panggilan masing-masing dalam hidupnya. Tidak ada orang yang benar-benar sama persis, walau orang kembar identik sekalipun,” paparnya pada Selasa (18/08/20), seperti dilansir dari laman Unair.

Baca juga: 7 Hal Ini Bisa Jadi Alternatif Jika Kamu Tidak Lulus SBMPTN

2. Temukan passion dan keahlian

Menyambung tips pertama, untuk mengetahui peran yang bisa diemban, menurutnya langkah yang harus dilakukan ialah sedini mungkin dapat menemukan passion dan keahlian dalam bidang yang disukai.

Satria menjelaskan bahwa sudah menjadi tugas diri masing-masing untuk mulai mencari hal apa yang disukai dan dicintai hingga kesenangan tersebut dapat menjadi suatu keahlian. “Memang tidak mudah ketika mencari passion kita, karena terkadang ada dorongan dari orang tua maupun pertimbangan lingkungan.

3. Persiapkan diri

Setelah mengetahui apa minat dan bakat, lanjut dia, selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk senantiasa mau bekerja keras dalam mencapai tujuan yang dicita-citakan.

Satria mengungkap, bekerja keras merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar tujuan yang telah dirancang dapat terwujud. Saat usaha telah dilakukan, imbuhnya, tawakal kepada Allah sebagai Sang Pencipta merupakan tips keempat yang dapat dilakukan setelah berusaha dan berikhtiar secara maksimal.

Baca juga: Cara Cek Akreditasi Kampus dan Prodi di Ban-PT Lengkap

4. Bekerja keras dan bersungguh-sungguh

Tips terakhir, menurut Satria tertuang dalam kalimat “Man Jadda Wa Jadda”. Dia percaya ketika seseorang bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil dalam hidupnya. “Saya percaya bahwa hasil yang didapat tidak akan mengkhianati usaha yang telah dilakukan,” pungkasnya.

Itulah 4 tips dari Satria Arief Prabowo yang dinobatkan menjadi Doktor Termuda di Indonesia dalam bidang Ilmu Kedokteran oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) 2019.

Nah untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda