1. Home
  2. /
  3. Info Kuliah
  4. /
  5. 5 Alasan Kenapa Jurusan di Vokasi Bagus Untuk...
Dunia Mahasiswa | Info Beasiswa | Info Jurusan | Info Kuliah

5 Alasan Kenapa Jurusan di Vokasi Bagus Untuk Kamu

472   |   Posted by Seprila Mayang   |   04 December 2020

Berbicara soal kuliah, kebanyakan orang Indonesia pasti berkiblat pada program sarjana. Banyak dari mereka  yang rupanya belum melirik program vokasi sebagai tujuan studi.  Padahal program vokasi juga nggak kalah bagusnya lho.

Program vokasi merupakan jenjang pendidikan yang lebih mengedepankan kegiatan belajar utamanya pada kegiatan praktik. Berbeda dengan program sarjana, program vokasi lebih banyak mengasah hard skill yang sangat bermanfaat di dunia kerja. Nah, kira-kira apa saja sih kelebihan jurusan di vokasi? Yuk simak uraian berikut.

5 Alasan Kenapa Jurusan di Vokasi Bagus Untuk Kamu

1. Pelajaran lebih spesifik

Dalam kurikulum yang diajarkan, program vokasi memang memiliki kurikulum yang berbeda pada program sarjana. Pada program vokasi, mahasiswa akan lebih banyak mendapatkan perkuliahan yang spesifik sesuai dengan jurusan tersebut.

Tidak hanya itu, mahasiswa akan lebih banyak belajar dengan sistem praktik secara mendalam. Sedangkan pada program sarjana, kamu akan lebih mendapatkan banyak teori. Jadi, ketika lulus para mahasiswa akan memiliki skill praktik yang sangat baik.

2. Lulusan Vokasi sangat dibutuhkan 

Berkembangnya perusahaan dan industri di Indonesia sangat membuka peluang lebar bagi para lulusan vokasi. Kebanyakan dari perusahaan tersebut sangat membutuhkan tenaga ahli di dalamnya. Inilah yang membuat banyak perusahaan itu melirik lulusan vokasi. 

Selain memiliki skill yang mumpuni, pengalaman magang dan kerja dari mahasiswa ini dijadikan acuan perusahaan untuk merekrut mereka.  Selain itu, lulusan vokasi biasanya sudah memiliki sertifikat profesi. Sertifikat tersebut bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam proses rekrutmen. 

Baca juga: 10 Politeknik Terbaik di Indonesia 2020

3. Pelajaran mudah diaplikasikan di dunia kerja

Berbekal ilmu praktik yang spesifik semasa perkuliahan, membuat para lulusan vokasi mudah mengaplikasikan ilmu tersebut. Tidak hanya itu, kesiapan hard skill yang dimiliki oleh lulusan program vokasi juga menunjang mereka dalam dunia kerja. 

Seperti halnya seorang lulusan perhotelan, selama perkuliahan mereka akan diajarkan berbagai macam ilmu tentang pengelolaan makanan, tata hidang, hingga teknik pelayanan. Maka, ketika lulus mereka akan lebih mengaplikasikan ilmu tersebut pada dunia kerja. 

Baca juga: Anti Galau! 7 Hal Ini Bisa Jadi Alternatif Jika Kamu Tidak Lulus SBMPTN

4. Diajar oleh para ahli yang kompeten 

Ketika bersekolah di vokasi, kamu akan dibimbing langsung oleh dosen yang sangat kompeten dan berpengalaman di bidangnya. Berbeda dengan dosen program sarjana yang mengacu pada penelitian, dosen yang mengajar di vokasi merupakan dosen yang sudah berkecimpung pada bidang tersebut. 

5. Lulusannya tidak kalah dengan lulusan S1

Meskipun masih banyak orang yang menganggap remeh, ternyata lulusan vokasi sangat berpeluang besar di dunia bisnis maupun dunia kerja, lho. Banyak dari lulusan vokasi ini mendapatkan pekerjaan karena skill mereka. Berbekal ilmu yang sudah mereka dapat selama kuliah itulah yang membuat mereka lebih cepat mendapatkan pekerjaan tersebut.

 

Yaps, bersekolah di program vokasi ternyata membawa banyak benefit ya. Selain mendapatkan pengalaman, kamu juga akan mendapatkan ilmu yang bisa diaplikasikan di dunia kerja. So, bagi kamu yang ingin mendapatkan lebih banyak praktek ketika berkuliah, sekolah vokasi bisa kamu jadikan referensi sebagai pendidikanmu. Selamat berproses dan good luck!

Oh iya! buat kamu yang ingin mengetahui seputar informasi perkuliahan, langsung aja cek informasi detailnya hanya di maukuliah.id.

Komentar Anda