1. Home
  2. /
  3. Info Sekolah
  4. /
  5. 5 Alasan Mengapa Lulusan SMK Haruskah Lanjut Kuliah
Info Kampus | Info Sekolah

5 Alasan Mengapa Lulusan SMK Haruskah Lanjut Kuliah

2058   |   Posted by Fadhol   |   12 May 2020

Apakah kamu sedang galau, lulus SMK kerja atau lanjut kuliah? Ada data bahwa tingkat pengangguran paling tinggi itu berada dari lulusan SMK. Ada pun Tingkat Penggangguran Terbuka (TPT) SMK mencapai 8,49%.

TPT ini adalah indikator pengukur tenaga kerja yang tidak diserap oleh pasar kerja. Artinya dari data ini, dari 100 angkatan kerja lulusan SMK ada sekitar 5 orang yang pengangguran. Nah, berikut alasan mengapa lulusan SMK harus lanjut kuliah.

5 Alasan Kenapa Lulusan SMK Haruskah Lanjut Kuliah

1. Peluang karir yang lebih beragam

Peluang karir yang tersedia bagi para lulusan pendidikan tinggi jauh lebih luas dan banyak dibandingkan dengan para lulusan SMK.

Pada umumnya, pilihan karir yang tersedia bagi para lulusan SMK hanya berkisar pada pekerjaan-pekerjaan low skilled, dimana membutuhkan jerih payah yang cukup memakan waktu dan tenaga untuk menapaki jenjang karir yang lebih tinggi.

Selain itu, pilihan karir bagi para lulusan SMK juga pada umumnya harus sesuai dengan program studi yang ia ambil saat sekolah dulu. Seperti lulusan Teknik Komputer dan Jaringan hanya dapat bekerja di perusahaan telekomunikasi atau yang terkait dan lulusan Teknik Kendaraan Ringan hanya dapat bekerja di perusahaan otomotif atau yang terkait.

Baca juga: 10 Rekomendasi Jurusan Terbaik Buat Kamu Anak IPA

2. Persaingan ketat

Alasan pertama dan yang paling utama mengapa anak SMK harus tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah untuk menghindari persaingan yang sangat ketat pada bursa tenaga kerja.

Fakta menunjukkan nih sobat, bahwa label lulusan SMK tidak serta merta dapat menjamin seseorang akan mudah mendapatkan pekerjaan. Menurut data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2019, justru angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) para lulusan SMK merupakan yang tertinggi diantara jenjang pendidikan lainnya.

TPT lulusan SMK pada 2019 berada di angka 10.42%. Sementara para lulusan D3 dan S1 berada jauh dibawahnya. Lulusan D3 mencatat angka 6% dan lulusan S1 sebesar 5.8%.

3. Kesempatan mengeksplor ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang lebih luas

Fenomena ‘salah jurusan’ tidak hanya terjadi di dunia kampus. Kenyataannya, saat berada di tahun kedua atau ketiga juga banyak siswa-siswi SMK yang juga merasakan fenomena ini. Alasannya beragam, mulai dari jurusan yang tidak sesuai dengan ekspektasi hingga paksaan dari orang tua.

Nah sobat, khususnya kamu yang merasa salah jurusan ketika SMK dulu, melanjutkan perjalanan akademikmu ke jenjang kuliah adalah hal yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan kamu dapat ‘berbelok’ kembali ke jalan yang kamu anggap paling cocok dalam menuju ke kesuksesanmu.

Kamu akan mendapat kesempatan untuk mengeksplor berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya.

Kamu bisa memilih kembali jurusan yang memang ingin kamu pelajari dan kamu kuasai sesuai dengan keinginanmu. Lewat jurusan yang kamu pilih, kamu akan mendapatkan banyak sekali ilmu pengetahuan dan keterampilan yang tidak kamu dapatkan di bangku sekolah.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Tahun 2020

Hal ini dikarenakan sistem pembelajaran di bangku kuliah yang sangat berbeda dengan sekolah. Saat duduk di bangku kuliah, kamu akan mendapatkan fakta waktu kegiatan belajar di kelas yang relatif lebih sedikit jika dibandingkan di bangku sekolah dulu.

Di bangku kuliah, biasanya mahasiswa hanya menghabiskan 3-4 jam di kelas setiap harinya. Di beberapa kampus lainnya, adapula yang hanya mewajibkan mahasiswanya untuk hadir selama 4 hari dalam seminggu.

Oleh karena itu, akan ada banyak sekali waktu luang yang dapat kamu gunakan untuk mengembangkan diri kamu. Buat kamu yang tertarik dengan dunia akademis, kamu bisa menghabiskan waktu untuk berdiskusi, membaca buku di perpustakaan ataupun melakukan penelitian ilmiah.

Untuk kamu yang lebih tertarik ke pengembangan softskill, kamu bisa bergabung dengan banyak organisasi atau mengikuti kegiatan kepanitiaan di berbagai acara kampus.

4. Pengalaman non-akademis

Menjadi seorang mahasiswa tidak hanya tentang belajar dan melakukan riset. Kamu juga akan memasuki ‘dunia baru’ atau ‘dunia transisi’ sebelum kamu masuk ke realitas dunia yang sesungguhnya.

Organisasi kampus dan kepanitiaan acara merupakan bagian integral dari kehidupan seorang mahasiswa.

Organisasi yang tersedia di kampus jauh lebih banyak dan beragam dibandingkan dengan yang ada di sekolah, ada BEM, SEMA, DEMA, UKM, HMJ dan lain-lain tergantung dengan kebijakan kampus masing-masing.

Dunia kampus juga identik dengan berbagai acara dan kegiatan. Kegiatannya beragam, mulai dari seminar, perlombaan hingga festival musik. Dalam prosesnya, kamu bisa terlibat aktif dengan bergabung dalam kepanitiaan kegiatan tersebut.

Memiliki berbagai pengalaman non-akademis seperti ini dapat membuatmu unggul secara pengalaman dan softskill dibandingkan dengan pesaingmu di dunia kerja nanti, karena kamu akan dibekali dengan banyak kemampuan, mulai dari komunikasi, membangun jaringan, bekerja sama dalam tim, berpikir kritis dan berkolaborasi bersama pihak-pihak eksternal.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Jakarta, Catat Baik Baik

5. Jalan untuk berkarir di dunia akademik

Dunia akademik dalam beberapa tahun terakhir masih menjadi idaman, khususnya buat kamu yang ingin mengabdikan diri untuk mendidik dan mencerdaskan generasi muda bangsa.

Untuk menjadi seorang akademisi yang handal tentu kamu perlu menempuh jenjang pendidikan yang setinggi-tingginya. Mengambil program sarjana merupakan syarat wajib yang harus kamu penuhi sebelum mengambil program magister dan doktoral untuk menjadi pakar/ahli di bidang yang kamu sukai, sobat!

Itulah beberapa alasan kenapa lulusan SMK harus melanjutkan kuliah. Namun semua tergantung motivasi kamu, mau melanjutkan kuliah atau kerja yang pasti harus tetap giat melakukan apapaun. Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Referensi: ruangmahasiswa.com

Komentar Anda