1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. 5 Cara Jitu Biar Kamu Gak Boros Saat...
Featured | Tips & Trik

5 Cara Jitu Biar Kamu Gak Boros Saat Masa Kuliah

342   |   Posted by M. Fadholi   |   05 February 2020

Menjadi seorang mahasiswa apalagi berada jauh dari orangtua merupakan suatu challenge tersendiri. Semua kebutuhan sehari-hari yang awalnya dibantu oleh orangtua, namun sekarang harus kamu kerjakan dengan dirimu sendiri.

Mungkin banyak hal yang haru membuatmu membiasakan diri, seperti mengatur finansial, pola hidup, dan kebutuhan lainnya. Tapi kamu sadar gak sih, yang paling sulit dari semua itu adalah mengatur finansial.

Banyak mahasiswa yang belum bisa mengatur finansial dengan baik dan benar. Masih banyak yang kalap atau bahkan gak bisa nabung sama sekali. Hal seperti ini gak baik dan nyatanya akan buat kamu kelabakan sendiri. Nah, untuk menyiasatinya berikut adalah 5 cara jitu yang bisa kamu lakukan.

1. Buat dua rekening yang berbeda

Memiliki satu rekening saja bisa membuat orang sering lupa untuk menyimpan sebagian uangnya. Apalagi kalau kamu sudah menjadi mahasiswa perantauan. Semua kebutuhan yang kamu perlukan harus kamu atur sendiri tanpa bantuan siapa pun.

Nah, untuk menyiasati semua kebutuhan tersebut, kamu bisa lakukan dengan membuat rekening yang berbeda. Tujuannya agar uang jajan dan uang kebutuhan sehari-harimu tidak tercampur. Jadi mulai aja sekarang!

2. Sisihkan uang untuk dana cadangan dan tabungan

Selain membuat tabungan, kamu juga harus bisa menyisihkan uang keperluan pribadimu dengan dana cadangan dan uang tabungan.

Seperti yang kita tahu, menjadi anak kos wajib untuk mengatur segala keuangannya sendiri. Dengan menyisihkan beberapa uang tersebut untuk dana cadangan dan uang tabungan, kamu bisa mengantisipasi apabila ada pengeluaran penting secara mendadak, seperti sakit atau kebutuhan mendadak lain.

Gak mungkin kan kamu secara mendadak minta tranferan uang dari orangtuamu? So, langkah ini bisa jadi penyelamat kamu saat ada kebutuhan yang sangat urgent.

3. Jangan terbuai saat belanja dan wisata kuliner

Jalan-jalan dan nongkrong adalah dua hal yang gak bisa dijauhkan dari anak muda. Apalagi di usia mahasiswa, dua hal ini sering kali bikin kamu gelap mata. Ditambah lagi letak kampus yang gak jauh dari mall, tempat nongkrong dan tempat belanja.

Tapi, sebelum kamu memakai uangmu untuk belanja, kamu harus bisa mengendalikan dirimu sendiri agar tidak memakai uang bulananmu seenaknya. Ingat, kamu masih memiliki kebutuhan lain yang lebih penting.

Baca juga: 7 Jurusan Langka yang Memiliki Peluang Karir Bagus

4. Buat catatan keuangan

Gak hanya menabung saja, kamu juga harus membuat catatan keuangan. Disini kamu akan mengetahui dengan pasti berapa jumlah keuangan yang telah kamu keluarkan. Dengan mencatat setiap pengeluaranmu, kamu pasti bisa mengetahui dengan cepat apabila kamu sudah mengeluarkan uang terlalu banyak.

5. Manfaatkan diskon mahasiswa

Ternyata diskon juga bisa membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan kuliah, lho. Biasanya dengan memiliki kartu mahasiswa kamu bisa mendapatkan diskon yang lumayan. Seperti halnya saat kamu ingin membeli buku setiap semesternya. Ketersediaan diskon buku atau perlengkapan kuliah lainnya bisa dibeli dengan harga yang lumayan terjangkau dengan kartu mahasiswa ini.

Nah, dengan menggunakan diskon tersebut, setidaknya kamu bisa mengalokasikan sisa uangmu untuk keperluan yang lain kan.

Jadi, coba deh kamu terapkan 5 tips diatas. Pasti manajemen keuanganmu jadi lebih baik dan gak akan boros lagi.  Selamat mencoba ya!

Sumber gambar: freepik.com/pressfoto

Tags tidak ada

Komentar Anda