1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. Gak Sulit kok! Inilah 5 Cara Jitu Mendapatkan...
Featured | Info Kuliah | Tips & Trik

Gak Sulit kok! Inilah 5 Cara Jitu Mendapatkan Beasiswa S1

1228   |   Posted by M. Fadholi   |   11 March 2020

Mendapatkan beasiswa adalah impian dari semua mahasiswa. Namun, masih banyak dari mereka yang masih bingung bagaimana cara mendapatkan beasiswa tersebut. Ternyata beasiswa yang disediakan untuk mahasiswa S1 sangat banyak, lho. Mulai dari beasiswa luar negeri hingga beasiswa dari dalam negeri. Jadi bagi kamu yang suka kebingungan dengan biaya kuliah, beasiswa ini bisa jadi salah satu alternatif yang pas buat kamu.

Sayangnya, beasiswa memang banyak sekali diburu oleh para mahasiswa. Sehingga harus melalui persaingan yang sangat ketat untuk mendapatkannya. Tapi jangan khawatir dulu! Masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa ini. Nah, berikut adalah cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

1. Mengumpulkan informasi beasiswa sebanyak mungkin

Di zaman yang serba modern seperti ini, kamu bisa dengan mudah mencari informasi hanya dalam sekali klik. Kamu bisa memanfaatkannya dengan mencari info detail mengenai beasiswa S1 yang cocok buat kamu.

Buatlah catatan kecil untuk mendata berbagai persyaratan dan informasi mengenai beasiswa tersebut. Sehingga ketika kamu akan mendaftarnya, kamu sudah siap dengan segala persyaratan yang diberikan oleh pihak penyelenggara.  Selain itu, kamu juga harus rajin mencari informasi melalui kampus, organisasi, dosen atau bahkan teman kamu. Dengan demikian kamu akan dengan mudah mendapatkan informasi tersebut.

2. Persiapkan persyaratan beasiswa

Setelah mencatat seluruh informasi mengenai beasiswa, kamu pasti akan menimbang dengan baik beasiswa mana yang akan kamu dapat. Perhatikan setiap detail persyaratan yang dibutuhkan dari beasiswa tersebut. Jangan lupa untuk segera melengkapi persyaratan yang ada jauh-jauh hari. Dengan melengkapinya secara detail, makan pihak penyelenggaraan dapat menilai kesungguhan kamu dalam mendapatkan beasiswa ini.

Baca juga: Info Biaya Kuliah di 5 PTN Terbaik; ITB, UGM, IPB, ITS dan UI

3. Lakukan kegiatan positif masa studi

Untuk mendapatkan beasiswa, kamu tidak hanya mengumpulkan informasi dan nilai yang bagus saja. Kegiatan dalam sosial dan organisasi juga akan dinilai dan tentunya memberikan nilai tambahan untuk kamu. Secara tidak langsung, disini kamu akan dinilai bahwa kegiatan sosial dan akademikmu seimbang. Sehingga kamu bisa layak dikatakan untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Tidak hanya itu, kamu juga seharusnya mulai membangun branding pada dirimu sebaik mungkin. Karena pihak penyeleksi juga akan menilai kamu dari aspek lain, seperti dari media sosial yang kamu miliki. Jadi, sebisa mungkin kamu harus membangun image yang professional dan positif dalam media sosial kamu.

4. Persiapkan CV dan portofolio dengan baik

Selain mengikuti kegiatan yang aktif, kamu juga diharuskan membuat CV dan portofolio. Hal ini dimaksudkan agar kamu mampu dan bisa untuk menyusun seluruh pengalaman yang sudah kamu miliki di dalam selembar CV atau portofolio. Hal yang terpenting ketika membuat CV atau portofolio adalah harus kamu buat sekreatif dan sedetail mungkin. Sehingga pihak pemberi beasiswa pun akan tertarik dengan CV atau portofolio yang sudah kamu buat.

5. Kuasai Bahasa Inggris

Bahasa Inggris memang menjadi salah satu yang paling penting untuk mendapatkan beasiswa. Biasanya, mahasiswa pelamar beasiswa harus memiliki standar skor TOEFL sekitar 450-500. Terlebih bagi kamu yang menginginkan beasiswa dari luar negeri, kamu harus memiliki minimal skor TOEFL sekitar 500-550. So, bagi kamu yang mungkin masih merasa kurang dalam keahlian Bahasa Inggris, kamu bisa memulainya dari jauh-jauh hari.

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa S1. Selebihnya, kamu bisa berdoa dan meminta restu orangtua agak semua yang kamu inginkan bisa berjalan sesuai dengan rencana. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Komentar Anda