1. Home
  2. /
  3. SBMPTN
  4. /
  5. 5 Cara Sukses Menghadapi UTBK 2021
Info Kampus | Info Pendaftaran | SBMPTN

5 Cara Sukses Menghadapi UTBK 2021

314   |   Posted by M. Fadholi   |   15 March 2021

Udah pada merancang persiapan UTBK SBMPTN 2021 belum nih? Ada yangs sudah mulai belajar lebih  giat, kan? Kamu tahu kan kalau jadwal pelaksanaan UTBK tinggal beberapa bulan lagi, lho! Jadi, kamu harus sudah mulai mempersiapkan diri dari sekarang, ya!

Agar persiapan UTBK kamu semakin matang, dan kamu tidak panik. Miku akan membahas mengenai hal-hal yang perlu kamu persiapkan dan kiat-kiat supaya kamu sukses menghadapi UTBK 2021. Cekidot;

1. Perbanyak Informasi Mengenai UTBK 2021

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi. Kamu bisa memulainya dengan kepoin alur dan penilaian UTBK tahun lalu. Kamu juga bisa mulai berselancar di google sambil baca-baca website tentang UTBK 2021. Atau kamu bisa follow akun-akun persiapan masuk kampus, Seperti @maukuliah.id

Baca Juga: 5 Cara Memilih Jurusan yang Tepat, Bisa Langsung Dipraktekkan

2. Kepoin Jurusan dan PTN Impianmu di UTBK 2021

Disamping menyiapkan diri menghadapi UTBK, kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan. Kamu bisa cari tahu segala sesuatu tentang jurusan yang kamu impikan. Mulai dari skor rata-rata yang lolos tahun sebelumnya, berapa banyak kuota mahasiswa baru yang diterima, berapa jumlah peminat nya. 

3. Pelajari Soal Tahun-Tahun Sebelumnya

Seperti yang sudah kamu tahu, salah satu persiapan penting dalam sukses UTBK adalah mempelajari soal tahun-tahun sebelumnya. Mengapa harus mempelajari soal tahun sebelumnya? Hal ini penting banget agar kamu tahu tingkat kesulitan soal-soal UTBK. Dengan ini kamu juga bisa tahu kira-kira sudah sejauh mana untuk menghadapi UTBK 2021. 

Baca Juga: Yuk Intip! 5 Jurusan Paling Favorit di PKN STAN

4. Ikuti Tryout UTBK Secara Rutin dan Evaluasi Hasilnya

Penting banget ini, dengan mengikuti tryout ini kamu bisa paham kelemahanmu dimana dan pemahamanmu seperti apa. Kalau kamu tidak ada dana untuk mengikuti tyout berbayar kamu juga bisa mengikuti try out gratis, sudah banyak media-media yang menyediakannya.

Yang terpenting adalah soal yang diberikan adalah soal dan standar sesuai dengan UTBK 2021.

5. Buat Jadwal Belajar

Ini sebetulnya penting-penting nggak sih. Inti dari jadwal belajar ini pada dasarnya untuk membentuk kesadaran mental kamu, dan menentukan strategi yang tepat dari sisa waktu yang kita punya sampai UTBK dilaksanakan.

Baca Juga: Perbedaan dan Daftar jurusan Saintek dan Soshum, Apa saja sih?

6. Tingkatkan Rasa Percaya Diri dan Berdoa (Bonus)

Rasa percaya diri menjadi salah satu kunci sukses menghadapi UTBK. Ibarat mau perang, kalau kamu nggak percaya diri, bisa-bisa nyali kamu ciut pas ketemu lawan di medan tempur. Selain itu, jangan lupa berdoa dan meminta doa  orang tua kamu ya. 

Itulah cara atau hal yang bisa kamu lakukan agar kamu siap dan sukses menghadapi UTBK, dan kamu bisa meraih apa yang kamu impikan. Jadi semangat ya sobat-sobat maukuliah. Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Komentar Anda