Dunia Mahasiswa | Info Kampus

5 Hal yang Perlu Disiapkan buat Ospek Online, Mahasiswa Baru 2020 Wajib Tahu!

523   |   Posted by M. Fadholi   |   16 September 2020

Hallo sobat Maukuliah! walau masa Pandemi COVID-19 jangan sampai menyurutkan semangat kamu untuk mengikuti ospek secara online ya. Melalui Ospek atau biasa juga dikenal dengan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus, kamu bisa mempelajari banyak hal seperti pengenalan elemen kampus, istilah-istilah yang sering digunakan selama kuliah, dan hal-hal apa saja yang harus dipatuhi selama kuliah.

Selain itu, kamu juga punya kesempatan buat kenal lebih jauh dengan kampus yang akan menjadi tempat kamu menimba ilmu. Kali ini Miku punya beberapa tips untuk teman-teman mahasiswa baru supaya Ospek tetap bermanfaat walaupun harus dilaksanakan secara online.

5 Hal yang Perlu Disiapkan buat Ospek Online

1. Kenali Teman Seangkatan


Photo by Charles Deluvio on Unsplash

Masa orientasi atau ospek merupakan salah satu kesempatan awal kamu buat kenal dengan teman-teman seangakatan. Kamu bisa mulai tanya-tanya tentang asal daerah hingga motivasi dia ketika masuk di jurusan yang sama.

Kamu juga bisa mulai bertukar nomer kontak atau kalau perlu adakan meetup secara online dengan teman-teman seangkatan supaya makin dekat. Untung-untung kalau kamu juga bisa dapat gebetan dari teman seangkatan, hehehe.

Baca juga: Pengenalan Mahasiswa Baru Dilakukan Secara Daring, Ini Panduan Dikti

2. Jaga Attitude saat Ospek Online


Photo by Ruthson Zimmerman on Unsplash

Walaupun kamu mengikuti ospek secara online, bukan berarti bisa bebas melakukan apapun yang kamu mau. Pastikan ketika kamu mengikuti ospek secara online, tetap jaga sikap dan perkataan saat pemberian materi sedang berlangsung.

Gunakan bahasa yang baik saat bertanya kepada dosen atau senior yang sedang memberikan materi. Selain itu, gunakan pakaian yang rapi dan sopan. Jangan sampai kamu dipandang jelek oleh senior atau dosen, bisa jadi urusannya bakal panjang selama kamu kuliah nanti.

3. Taruh Jadwal Penting di Reminder


Photo by Estée Janssens on Unsplash

Seringkali kebiasaan selama liburan akan terbawa saat masa ospek, salah satunya adalah bangun kesiangan. Padahal acara-acara yang diselenggarakan seringkali juga dilakukan di pagi hari. Supaya kamu tidak lupa, pasang pengingat jadwal-jadwal penting di handphone kamu.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi kalender untuk mencatat semua jadwal penting selama ospek berlangsung. Kalau perlu, beritahu orang terdekat kamu seperti teman atau orang tua buat mengingatkan jadwal-jadwal penting selama ospek.

Baca juga: 15 Kampus Terbaik 2020 Versi Kemendikbud, Daftar Terbaru!

4. Cari Tempat yang Tenang di Rumah


Photo by Dylan Vo on Unsplash

Kegiatan Ospek butuh konsentrasi dan fokus supaya bisa menyerap materi yang diberikan. Supaya kamu tidak terganggu selama ospek berlangsung, pastikan kamu punya tempat di rumah yang tidak terlalu ramai. Kamu juga perlu beritahu orang tua atau orang yang berada di rumah supaya menjaga ketenangan selama ospek berlangsung.

5. Atur Waktu untuk Mengerjakan Tugas


Photo by Brad Neathery on Unsplash

Selama ospek berlangsung, tentunya kamu bakal dapat banyak tugas dari kakak tingkat alias senior. Jadi, pastikan kamu bisa mengatur waktu ketika mengerjakan tugasnya.

Kalau bisa kerjakan tugas sesaat setelah tugas diberikan. Usahakan jangan sampai mengerjakan di larut malam, apalagi sampai begadang, karena bisa membuat daya tahan tubuh dan konsentrasimu berkurang, bisa-bisa saat acara ospek berlangsung kamu malah tidur, jangan sampai ya!

Permulaan masuk kuliah memang berat, tapi bukan jadi alasan untuk mundur di tengah jalan. Tetap jaga semangatmu selama ospek online ya! Karena kamu bakal dapat pelajaran berharga dari orang-orang yang lebih berpengalaman di kampus. Jangan lupa juga untuk tetap jaga kesehatan supaya kamu tidak gampang sakit selama ospek berlangsung. Selamat berjuang!

Nah untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Penulis: Tri Sutrisna Nusantara

Artikel Terkait

Info Kampus | Info Pendaftaran

Tips Memilih Kampus Yang Cocok, Agar Tidak Salah Pilih

Posted by M. Fadholi   |   27 October 2020
Dunia Mahasiswa | Info Beasiswa

Beasiswa LPDP 2020 Dibuka, Ini Syarat Umum dan Khusus Beasiswa PTUD

Posted by M. Fadholi   |   06 October 2020
Dunia Mahasiswa | Info Kampus | Update

Apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi? Mahasiswa Wajib Tahu

Posted by M. Fadholi   |   28 September 2020
Dunia Mahasiswa | Info Beasiswa

Cara Daftar Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud 2020

Posted by M. Fadholi   |   23 September 2020

Komentar Anda