Featured | Info Jurusan

5 Jurusan Kuliah yang Paling Cocok untuk Anak Bahasa

1017   |   Posted by M. Fadholi   |   08 April 2020

5 jurusan kuliah yang sangat direkomendasikan untuk anak bahasa. Jurusan bahasa memang menjadi salah satu jurusan yang kadang dianggap sebelah mata oleh orang-orang sekitar. Namun, jangan salah sangka dulu ya. Ternyata, jika ditekuni dengan serius, kamu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa, lho. Terutama untuk karir di masa depan kamu.

So, buat kamu yang bersalah dari jurusan bahasa, berikut adalah rekomendasi jurusan yang bisa kamu pilih pada perguruan tinggi.

1. Sastra Inggris

Sudah gak bisa dipungkiri lagi, kalau bahasa inggris memang sangat dibutuhkan dalam dalam kehidupan sehari-hari. Banyak yang masih mengira, jika kamu berkuliah di sastra inggris nanti kamu hanya belajar tentang grammar dan sastra. Namun sayangnya, hal itu salah besar lho. Jika kamu memasuki jurusan ini, kamu juga akan dikenalkan tentang semantic, pragmantik, analisis film, analisis postmodern, dan berbagai sejarah peradaban luar negeri.

Jadi, disini kamu akan dikenalkan dengan berbagai macam ilmu, seperti ilmu linguistic, ilmu penerjemahan, dan tentunya ilmu sastra.

Beberapa perguruan tinggi favorit berikut terdapat jurusan sastra inggris yang dinilai cukup favorit, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjadjaran.

2. Sastra Korea

Banyaknya K-Pop dan K-drama yang sudah menjamur di Indonesia, membuat jurusan ini juga sangat diburu oleh banyak orang. Jika kamu mulai mendalami jurusan ini, kmau akan diajarkan tentang berbagai macam dialek, cara menulis, dan berbagai macam kesusastraan Korea serta budayanya. Jurusan ini sangat dibutuhkan oleh beberapa perusahaan di luar negeri maupun dalam negeri.

Nah, bagi kamu yang sangat tertarik untuk melanjutkan studi ke jurusan ini, kamu bisa mengambil jurusan ini pada Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Pendidikan Nasional.

3. Sastra China

Selain sastra korea dan satra Inggris, jurusan sastra cina juga menjadi salah satu jurusan yang berprospek tinggi pada karir di masa yang akan datang. Banyaknya perusahaan yang bergerak di dunia Internasional, jurusan ini sangatlah dicari sebagai tenaga ahli penerjemah. Selain mempelajari tentang penerjemahan, kamu juga akan belajar juga mengenai budaya dan seni disana.

Berikut ini adalah beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan sastra china di Indonesia, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Sumatera Utara.

Baca juga: 10 Rekomendasi Jurusan Terbaik Buat Kamu Anak IPS

4. Broadcasting

Ternyata memasuki jurusan bahasa gak melulu harus kuliah di sastra,lho. Jadi bagi kamu anak bahasa yang suka untuk mendalami dunia dunia seni dan drama, kamu bisa sekali untuk mencoba mengambil jurusan broadcasting ini. Disini kemampuan anak bahasa akan diasah dan sangat dibutuhkan untuk membuat berbagai macam naskah drama dan kebutuhan naskah lain di bidang broadcasting ini.

Jurusan broadcasting ini tersedia di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, antara lain Universitas Esa Unggul, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Mercu Buana.

5. Pariwisata

Sektor pariwisata di Indonesia dinilai sebagai salah satu sector yang tidak akan pernah ada habisnya. Mengingat di wilayah Indonesia sendiri terdapat berbagai macam sumber alam yang bisa dimanfaatkan untuk dunia pariwisata. Bagi kamu anak bahasa, kamu bisa sekali menggunakan kemampuan bahasa asing kamu untuk bergelut di dunia ini. Jadi jika kamu berkuliah di bidang pariwisata, maka kamu akan dengan mudah mengaplikasikan seluruh ilmu yang sudah kamu punya di bidang ini.

Bagi kamu yang sangat tertarik untuk masuk pada jurusan ini, kamu bisa mengambilnya di Universitas Pelita Harapan, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Udayana.

Itulah kelima rekomendasi jurusan yang sangat cocok untuk anak bahasa. Setidaknya, kamu punya gambaran kan mengenai prospek jurusan yang akan kamu ambil tersebut. Jangan lupa untuk tentang semangat dan belajar ya. Semoga sukses! Cari jurusan dan kampus idamanmu di: maukuliah.id

Komentar Anda