Featured | Info Jurusan | Tips & Trik

5 Jurusan Kuliah yang Paling Cocok untuk Anak Seni

4977   |   Posted by M. Fadholi   |   13 April 2020

Biasanya jurusan seni merupakan jurusan yang sangat membutuhkan kreativitas tinggi. Selama kamu sudah mulai menggeluti dunia seni, kamu pasti sudah terbiasa dengan desakan yang sangat membutuhkan kreatifitas kamu. Di masa depan pun, jurusan yang berhubungan dengan seni sangat dibutuhkan di dunia industry kreatif tanah air.

Maka dari itu, bagi kamu yang berasal dari jurusan seni, berikut adalah rekomendasi jurusan yang bisa kamu pilih. Yuk simak ulasan berikut.

1. Desain Komunikasi Visual dan Design Grafis

Sebenarnya, jurusan desain komunikasi visual merupakan jurusan yang memiliki makna untuk menyampaikan suatu informasi yang terdapat pada desain itu sendiri. Tidak hanya melakukan dan mempelajari suatu desain, jurusan desain komunikasi visual juga mempelajari tentang komunikasi dan unsur estetika yang ada di dalam suatu karya. Prospek karirnya pun dinilai sangat bagus.

Seperti yang kita tahu, dunia kreatif di Indonesia sendiri sedang berkembang sangat pesat. Jadi bisa dipastikan kalau masuk jurusan desain komunikasi visual sangat berpeluang besar buat kamu.

Jurusan ini bisa kamu dapati di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, antara lain Institut Teknologi Bandung, Universitas Sebelas Maret Yogyakarta, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

2. Seni Musik

Dalam dunia music, mempelajari dan membutuhkan ketrampilan memang menjadi salah satu hal yang paling utama. Pada umumnya, jika kamu memasuki jurusan ini kamu akan mendapatkan kuliah dengan pelajaran alat music, vocal, sejarah music dan  tentunya pertunjukan music. Tidak hanya itu, kreatifitasmu dan kemampuanmu dalam menciptakan lagu juga sangat dituntut pada jurusan ini.

Jika kamu tertarik masuk pada jurusan ini, kamu bisa mengambil jurusan ini pada beberapa perguruan tinggi di Indonesia, antara lain Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Negeri Medan, dan Universitas Negeri Surabaya.

3. Seni Rupa

Jurusan yang memiliki ciri khas dengan karya seni patung dan lukisan ini ternyata sangat berpeluang besar di dunia karir, lho.  Biasanya, mahasiswa yang mulai memasuki jurusan ini akan dikenalkan dengan berbagai macam seni lukis, seni patung, seni grafis, seni keramik, ilmu seni serta estetika. Mahasiswa kan dituntut melakukan praktik dan mempelajari teori mendalam. Lulusan dari jurusan ini biasanya akan menjadi curator, pengamat seni hingga entrepreneur.

Beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ini antara lain Institut Seni Indonesia Yogayakarta, Institut Seni Indonesia Denpasar, dan Institut Teknologi Bandung.

Baca juga: 10 Rekomendasi Jurusan Terbaik Buat Kamu Anak IPS

4. Fashion Design

Design dan fashion tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Belum lagi dunia fashion yang selalu berkembang pesat selalu membutuhkan inovasi dan kreativitas baru. Disamping kamu makna menciptakan karya dalam pembuatan baju, kamu juga akan diajarkan bagaimana berbisnis dengan skill yang sudah kamu miliki tersebut.

Jika kamu ingin melanjutkan studi pada jurusan ini, kamu bisa mengambil jurusan ini pada perguruan tinggi berikut Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, La Salle College, dan Raffles School of Design.

5. Tata Rias dan Kecantikan

Akhir-akhir ini, berprofesi menjadi seorang make up artist adalah sangat menjanjikan. Disini kamu akan mempelajari tentang cara menyanggul, menata rambut, memotong rambut, dan tentunya merias wajah secara professional. Tidak hanya itu, kamu juga akan diperkenalkan dengan berbagai macam tatanan rias adat istiadat nusantara.

Untuk memilih jurusan ini, kamu bisa masuk ke perguruan tinggi berikut ini, antara lain Universitas Negeri Surabaya, Universitas negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta, dan La Salle College.

Itu dia kelima jurusan yang sangat cocok untuk kamu ambil jika kamu berasal dari jurusan seni. Sebelum masuk ke dalam jurusan tersebut, jangan lupa untuk selalu tanya kepada dirimu sendiri apakah jurusan yang akan kamu pilih sudah pas dengan kemampuan yang kamu miliki. Good Luck! Teman-teman juga bisa bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Komentar Anda