1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. 5 Jurusan yang Cocok untuk Kepribadian Ambivert
Featured | Info Jurusan

5 Jurusan yang Cocok untuk Kepribadian Ambivert

2135   |   Posted by M. Fadholi   |   06 May 2020

Halo sobat maukuliah! Kamu Ambivert? Sebenarnya kepribadian banyak klasifikasinya, salah satu teori tipe kepribadian yang terkenal adalah tipe introvert, ekstrovert, dan ambivert. Kalau tipe introvert dan ekstrovert mungkin sudah banyak dikenal ya, Lalu, gimana dengan ambivert?

Ambivert itu tipe kepribadian gabungan dari introvert dan ekstrovert. Jadi, orang ambivert ini umumnya suka bersosialisasi (ekstrovert) dengan orang lain namun ada kalanya ia lebih suka sendirian aja (introvert). Nah, karena keunikannya inilah dalam memilih jurusan yang tepat harus ada pertimbangan juga nih.

5 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Kepribadian Ambivert

1. Jurusan Psikologi

Sobat maukuliah, kamu ambivert? psikologi cocok banget buat kamu. Gimana enggak, jurusan ini juga bakalan langsung mempelajari tentang kepribadian manusia sebagai salah satu materi perkuliahan. Orang dengan sisi introvert dalam jurusan ini juga bakalan cocok karena jurusan ini karena banyak mengamati perilaku maupun kepribadian manusia yang menjadi salah satu ciri orang introvert.

Sedangkan untuk orang dengan sisi ekstrovert punya ciri suka banget dengan berinteraksi dengan orang lain. Nah, kalau anak psikologi biasanya dikenal sebagai ‘tempat’ yang nyaman untuk konsultasi masalah hidup.

Biasanya anak psikologi lebih mengerti bagaimana menjadi pendengar yang baik serta memberikan nasihat-nasihat yang sesuai meski gak mutlak. Sehingga, hal ini dapat memberi gambaran kalau ternyata orang dengan tipe ambivert mungkin akan cocok dengan jurusan ini.

Baca juga: 5 Jurusan yang Cocok untuk Kepribadian Introvert

2. Jurusan Kedokteran

Jurusan kedokteran ini cocok loh untuk kamu yang ambivert. Karena dalam jurusan ini, kamu akan banyak melakukan praktikum ataupun penelitian yang cocok banget bagi si introvert.

Sedangkan untuk sisi ekstrovert, tentu aja seorang calon dokter (mahasiswa) apalagi yang telah menjadi dokter harus terbiasa berkomunikasi dengan baik kepada pasiennya sehingga hal ini cocok banget buat orang bertipe ekstrovert. Nah, karena kedua tipe kepribadian ada dalam jurusan kedokteran ini maka kemungkinan besar kamu yang ambivert cocok dengan jurusan ini.

3. Jurusan Pendidikan

Sobat maukuliah pasti tahu kalau pendidikan itu merupakan hal yang penting banget dalam kehidupan. Nah, jurusan yang lebih spesifik dalam mempelajari seluk beluknya dunia pendidikan adalah jurusan pendidikan. Kamu tentu tahu dong, lulusan dari jurusan ini umumnya berprofesi sebagai guru. Lalu apa hubungannya dengan seorang ambivert?

Nah, seorang ambivert itu biasanya punya emosi yang lebih stabil sehingga cocok banget bekerja sebagai guru. Sisi introvert dari guru dapat ditemukan ketika sedang memeriksa PR dari para siswa, membuat laporan nilai dan sebagainya yang menuntut ‘kesendirian’ ketika mengerjakan tugasnya sebagai seorang guru.

Sedangkan untuk sisi ekstrovert, jelas sekali kalau seorang guru biasanya dituntut untuk pandai berinteraksi dengan para muridnya saat di kelas. Jadi, pas banget kan jurusan ini dengan kamu yang ambivert?

4. Akademi Kepolisian atau Detektif Kriminal

Selanjutnya jurusan yang cocok untuk kamu ambivert adalah jurusan Akademi Kepolisian atau Detektif Kriminal, Kenapa? karena Polisi dan detektif kriminal normalnya melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan menangani korban, pelaku, dan saksi, serta menangani pekerjaan yang bersifat darurat.

Jadi yang cocok untuk jadi polisi dan detektif ya kamu yang punya ambivert, karena bisa tahu karakter kepribadian introvert dan ekstrovert. Dan juga ketika menjadi salah satu anggota kepolisian ternyata enggak hanya menuntut kita supaya bisa bekerja secara kelompok, tapi juga individu. Cocok banget buat si ambivert.

Baca juga: 5 Jurusan yang Cocok untuk Kepribadian Ekstrovert

5. Jurusan Manajemen Pemasaran

Sobat maukuliah, jurusan manajemen pemasaran ini lulusannya sering diidentikkan dengan pekerjaan marketing. Ya, gak salah memang karena jurusan ini lebih berfokus tentang strategi pemasaran yang dibutuhkan banget oleh suatu perusahaan. Terus hubungannya dengan ambivert apa nih?

Meskipun seorang marketing dikenal jago bicara dan banyak relasi karena tuntutan pekerjaan yang jadi ciri ekstrovert, namun ternyata sisi introvert juga dibutuhkan lho dalam pekerjaan ini. Seperti seorang marketing yang butuh strategi dan observasi sebelum memasarkan produk. Jadi, gak diragukan lagi kalau jurusan ini emang pas banget untuk kamu yang ambivert. Bisa tahu cara berbicara dengan si introvert dan ekstrovert.

Itulah 5 rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk kamu kepribadian Ambivert, semoga membantu! Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Komentar Anda