1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. 5 Jurusan yang Cocok untuk Kepribadian Ekstrovert
Featured | Info Jurusan

5 Jurusan yang Cocok untuk Kepribadian Ekstrovert

1561   |   Posted by Fadhol   |   28 April 2020

Hai Sobat Maukuliah ! Apa kabar ? Semoga baik-baik saja ya. Kali ini admin akan membagikan suatu hal yang sangat krusial mengenai dunia kampus. Ya, apalagi kalau bukan tentang jurusan kuliah.

Bicara tentang jurusan kuliah tentu tidak jauh dengan yang namanya kepribadian. Faktor kepribadian seseorang merupakan salah satu alasan dalam memilih jurusan kuliah, karena adanya anggapan bahwa dengan faktor tersebut nantinya potensi diri setiap individu akan lebih tergali dan terasah.

Secara umum kepribadian seseorang dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe introvert dan extrovert. Introvert adalah tipe kepribadian seseorang yang lebih suka menyendiri, mereka memiliki empati dan pertemanan akrab dengan segelintir orang saja (lingkup sosial kecil).

Sedangkan extrovert adalah tipe kepribadian seseorang yang cenderung terbuka, memiliki keinginan kuat terhadap pengalaman baru yang menarik, hubungan sosial dan kesempatan memimpin. Lalu apa saja, sih kira-kira jurusan yang cocok buat kamu sang ekstrovert?

5 Jurusan Kuliah Untuk Kamu Extrovert

1. Pendidikan

Kuliah di jurusan pendidikan tidak hanya mengacu pada satu bidang saja, namun berbagai bidang seperti pendidikan matematika, pendidikan anak usia dini, pendidikan seni, dll. Fokus utama jurusan pendidikan adalah mencetak tenaga pengajar yang handal, yang tentunya memiliki karakter interaktif, tidak membosankan, dan mudah bersosialisasi.

Baca juga: 5 Jurusan yang Cocok untuk Kepribadian Introvert

2. Hukum

Menjadi seorang pengacara dengan kuliah di jurusan hukum sangat cocok buat kamu extrovert karena kamu tipe yang talk active dan pandai dalam mendekati orang-orang. Berbagai topik hukum yang memuat banyak kasus akan menuntut kamu lebih banyak bicara atau diskusi agar pikiran lebih kritis. Selain itu, kamu harus pandai berkomunikasi untuk mencari bukti dan saksi dari suatu perkara yang akan dibahas saat di pengadilan.

3. Pariwisata

Kamu extrovert yang memiliki jiwa petualang? Suka kearifan lokal? Ya, pariwisata adalah jurusan yang pas buat kamu. Kamu akan sering bertemu banyak orang untuk mempelajari dunia kepariwisataan serta memperdalam potensi dan budaya yang ada. Jurusan ini juga sering mengadakan program jalan (touring) ataupun jelajah alam/daerah.

4. Komunikasi

Kuliah jurusan komunikasi memiliki cakupan yang luas, umumnya terbagi menjadi ilmu jurnalistik dan ilmu public relation. Pada ilmu jurnalistik kemampuan kamu berpikir kritis dan mencari informasi/berita sangatlah penting. Kamu harus banyak bertanya agar mendapatkan info yang akurat. Sementara itu, di ilmu public relation, kamu dituntut agar dapat menjalin relasi dengan pihak eksternal, mampu berpikir kritis dan tanggap, serta pandai dalam mengkoordinir suatu kegiatan. Tidak hanya itu saja, jurusan komunikasi juga erat hubungannya dengan dunia periklanan, pertelevisian dan perfilman, serta radio.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Paling Cocok untuk Anak Seni

5. Marketing

Jurusan marketing atau pemasaran tentu sangat berhubungan erat dengan masyarakat sebagai pengguna barang/jasa. Kamu akan sering terjun ke lapangan untuk mencari data mengenai permintaan dan penawaran, kebutuhan dan keinginan konsumen, melakukan promosi, penjualan, negosiasi, dll.

Nah, itulah pembahasan tentang jurusan kuliah yang dapat kamu pilih sebagai pribadi extrovert dan untuk rekomendasi jurusan yang cocok untuk introvert bisa baca disini. So, semua ini balik lagi pada diri kamu masing-masing ya, sobat. Perlu diingat bahwa pemilihan jurusan kuliah bukan berarti memilih yang banyak diminati bahkan bukanlah ajang gengsi-gengsian.

Sesuaikan hal ini dengan kapabilitas dan minat yang ada pada dirimu. Tetap semangat dan semoga bermanfaat! Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Komentar Anda