1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. 5 Jurusan yang Cocok untuk Kepribadian Introvert
Featured | Info Jurusan

5 Jurusan yang Cocok untuk Kepribadian Introvert

3704   |   Posted by M. Fadholi   |   27 April 2020

Hai Sobat Maukuliah ! Apa kabar ? Semoga baik-baik saja ya. Kali ini admin akan membagikan suatu hal yang sangat krusial mengenai dunia kampus. Ya, apalagi kalau bukan tentang jurusan kuliah.

Bicara tentang jurusan kuliah tentu tidak jauh dengan yang namanya kepribadian. Faktor kepribadian seseorang merupakan salah satu alasan dalam memilih jurusan kuliah, karena adanya anggapan bahwa dengan faktor tersebut nantinya potensi diri setiap individu akan lebih tergali dan terasah.

Secara umum kepribadian seseorang dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe introvert dan extrovert. Introvert adalah tipe kepribadian seseorang yang lebih suka menyendiri, mereka memiliki empati dan pertemanan akrab dengan segelintir orang saja (lingkup sosial kecil).

Sedangkan extrovert adalah tipe kepribadian seseorang yang cenderung terbuka, memiliki keinginan kuat terhadap pengalaman baru yang menarik, hubungan sosial dan kesempatan memimpin. Lalu apa saja, sih kira-kira jurusan yang cocok buat kamu sang introvert?

5 Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Introvert

1. Seni

Jurusan kesenian meliputi seni rupa, seni tari, seni musik, dan berbagai macam seni lainnya. Mereka yang kuliah di jurusan seni biasanya membutuhkan waktu untuk menghasilkan suatu karya seni dengan cara menyendiri, walaupun sesekali keluar untuk mencari inspirasi. Orang-orang seni memiliki imajinasi kuat dalam berkarya sehingga mereka akan fokus pada tujuan yang dirancang dalam imajinasinya.

2. Sastra

Jurusan sastra sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau kepenulisan. Dalam menghasilkan suatu karya tulis, kebanyakan orang lebih suka berada di lingkungan yang tenang agar ide-ide mereka muncul.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Tahun 2020

3. Teknik Informatika atau Komputer

Bagi kamu seorang introvert, jurusan ini bisa jadi salah satu pilihan buat kamu karena kamu akan lebih sering otak-atik dan berlama-lama di depan komputer. Aktivitas ini mengurangi kamu untuk berinteraksi dengan banyak orang secara langsung. Kamu akan lebih fokus dengan apa yang sedang kamu kerjakan, baik itu dalam membuat program, coding, ataupun lainnya.

4. Akuntansi

Ketelitian dalam menghitung angka merupakan kegiatan yang dilakukan oleh akuntan. Jika kamu masuk jurusan ini, kamu akan belajar untuk menghasilkan angka yang tepat dari suatu perhitungan, sehingga aktivitasmu lebih banyak bekerja daripada berbicara.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Biar Gak Salah Pilih Peminatan Studi

5. Desain Grafis

Kamu introvert yang gemar menggambar atau membuat design ? Yups, jurusan ini sangat cocok dengan kepribadianmu. Sebab, kamu akan dituntut dalam menghasilkan kreativitas dengan ketelitian tinggi serta membutuhkan suasana yang nyaman dan hening untuk menghasilkan karya-karya tersebut.

Nah, itulah pembahasan tentang jurusan kuliah yang dapat kamu pilih sebagai pribadi introvert dan untuk rekomendasi jurusan yang cocok untuk extrovert bisa baca disini. So, semua ini balik lagi pada diri kamu masing-masing ya, sobat. Perlu diingat bahwa pemilihan jurusan kuliah bukan berarti memilih yang banyak diminati bahkan bukanlah ajang gengsi-gengsian.

Sesuaikan hal ini dengan kapabilitas dan minat yang ada pada dirimu. Tetap semangat dan semoga bermanfaat! Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Komentar Anda