1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 5 Kelebihan Perguruan Tinggi Swasta, Gak Kalah dari...
Info Kampus

5 Kelebihan Perguruan Tinggi Swasta, Gak Kalah dari PTN Lho!

60   |   Posted by Fadhol   |   14 July 2021

Mungkin kamu saat ini sedang bertanya-tanya, apa aja sih keunggulan perguruan tinggi swasta (PTS) dibandingkan perguruan tinggi negeri (PTN), benar gak nih?

Memang, gak sedikit orang yang menganggap bahwa PTS adalah perguruan tinggi ‘kelas dua’ yang hanya akan dipilih ketika calon mahasiswa gak bisa masuk PTN. Pandangan ini gak sepenuhnya benar loh , Sobat Miku!

Jika kamu mencoba untuk mengulik lebih lanjut tentang PTS, ternyata ada beberapa kelebihan PTS dibandingkan dengan PTN yang mungkin belum kamu tahu.

Penasaran kan, kira-kira apa aja sih yang membuat PTS unggul dibandingkan dengan PTN? Yuk mari kita lihat gengs!

Baca juga : 10 PTS Terbaik di Indonesia 2021 Versi Webometrics

5 Kelebihan PTS dibandingkan PTN

1. Secara kualitas, PTS juga oke loh!

Siapa nih yang masih percaya bahwa perguruan tinggi swasta memiliki kualitas dibawah perguruan tinggi negeri?

Tentu pernyataan ini gak sepenuhnya benar ya, gengs. Faktanya, menurut QS Asia University Rankings 2021, 5 dari 20 besar kampus terbaik di Indonesia adalah perguruan tinggi swasta. Kelima perguruan tinggi tersebut adalah: Binus University, Telkom University, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Universitas Islam Indonesia.

Selain itu, banyak perguruan tinggi swasta di Indonesia yang sudah memiliki akreditasi A, diantaranya: Universitas Gunadarma, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Surabaya, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Tarumanegara, dan lain sebagainya.

Hal ini membuktikan bahwa secara kualitas, PTS gak kalah bersaing kok dengan PTN.

2. Fasilitas relatif lebih lengkap

Kampus-kampus PTS sangat memperhatikan fasilitas yang tersedia di kampusnya, hal ini dilakukan agar supaya dapat menarik minat calon mahasiswa baru untuk mau berkuliah di PTS tersebut.

Tidak sedikit PTS yang memiliki beberapa kampus di lokasi berbeda dengan fasilitas yang super lengkap dan modern untuk menunjang perkuliahan mahasiswanya.

Baca juga : Daftar PTS yang Menerima KIP Kuliah Jalur Mandiri 2021

3. Banyak penawaran beasiswa

Peluang untuk mendapatkan beasiswa di PTS sangat besar. Karena hampir setiap PTS memiliki penawaran beasiswa bagi calon mahasiswa yang akan bergabung di PTS tersebut. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya PTS untuk mendapatkan lebih banyak mahasiswa baru.

Peluangmu untuk bisa mendapatkan beasiswa, mulai dari potongan sekian persen hingga full scholarship, di PTS terbuka lebar, loh. Hal ini terjadi karena kamu hanya akan bersaing dengan calon mahasiswa lain dalam jumlah kecil, selain itu, kebanyakan PTS tidak hanya menyediakan satu jenis beasiswa saja, misalnya: beasiswa prestasi akademik, prestasi non-akademik, beasiswa dari yayasan atau perusahaan yang bekerja sama dengan PTS tersebut, jadi peluangmu untuk bisa mendapatkan beasiswa semakin besar.

Coba bandingkan dengan persaingan saat memperebutkan beasiswa di PTN, kamu harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar beasiswa lainnya. Tentu peluang mendapat beasiswa tidak akan terlalu besar. Benar gak nih?

4. Pendaftaran dan persaingan relatif lebih mudah

Sebagian besar PTS memiliki masa pendaftaran dari bulan Agustus hingga Agustus tahun depannya alias tidak pernah tutup! Coba bandingkan dengan PTN yang hanya membuka pendaftaran di masa-masa tertentu saja.

Selain itu, proses pendaftaran hingga kamu resmi diterima di PTS tersebut juga relatif lebih mudah. Kamu tidak perlu mempersiapkan diri seketat dan se-hectic ketika mempersiapkan SBMPTN atau Ujian Mandiri PTN. Selain itu, sebagian besar PTS pasti akan menerima calon mahasiswa baru yang mendaftar di PTS tersebut.

Keunggulan PTS dibandingkan PTN yang lainnya adalah persaingan saat kamu telah menjadi mahasiswa. Saat kamu sudah diterima menjadi mahasiswa di suatu PTS, kamu akan merasakan bahwa persaingan untuk mendapatkan nilai di PTS juga relatif lebih mudah dibandingkan di PTN. Kamu memiliki peluang untuk mendapatkan IPK yang lebih baik di PTS dibandingkan di PTN.

Baca juga : Gagal Masuk PTN? Ini 5 Tips Jitu Supaya Lolos Seleksi Masuk PTS 

5. Waktu lebih fleksibel

Salah satu keunggulan PTS dibandingkan PTN adalah fleksibilitas waktu perkuliahan. Banyak PTS menawarkan perkuliahan kelas karyawan yang memungkinkan kamu untuk berkuliah di sore hingga malam hari ini.

Bagi kamu yang saat ini sudah bekerja, tentu kelas karyawan akan sangat membantumu untuk bisa mencari ilmu di bangku kuliah sembari tetap bekerja untuk membiayai hidup sehari-hari. Gimana nih, tertarik untuk gabung di kelas karyawan?

Jadi itu dia kelima keunggulan PTS dibandingkan PTN yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum menentukan ingin berkuliah di PTS atau PTN. Selain kelima hal di atas, kira-kira apa lagi nih keunggulan PTS dibandingkan PTN menurutmu?

Oh iya gens! kamu bisa cek Informasi masuk perguruan tinggi swasta (PTS) lebih jelas dan lengkap di maukuliah.id. Di platform ini, kamu akan dengan mudah mengenali dan menemukan jurusan yang ingin kamu masuki.

Tags tidak ada

Komentar Anda