1. Home
  2. /
  3. Update
  4. /
  5. 5 Kesalahan Saat Memilih Jurusan Kuliah, Camaba Baca...
Info Jurusan | Tips & Trik | Update

5 Kesalahan Saat Memilih Jurusan Kuliah, Camaba Baca Ini!

235   |   Posted by M. Fadholi   |   03 February 2021

Salah jurusan merupakan permasalahan yang sering dialami oleh para mahasiswa. Bisa jadi mahasiswa baru atau mahasiswa lama. Karena merasa salah memilih jurusan akhirnya kuliahnya malas-malasan atau kesulitan dalam perkuliahan atau menyusun skripsi, boleh menjadi salah satu bukti bahwa salah jurusan akan berdampak buruk di masa mendatang.

Nah, sebelum penyesalan ini kamu alami, apalagi untuk mahasiswa baru. Ada baiknya kamu hindari 5 kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa dalam memilih jurusan. Cekidot;

1. Pilih jurusan karena ikut teman atau pacar

Banyak banget yang melakukan kesalahan ini, alasannya supaya bisa tetap jumpa dan dekat sama pacar atau teman, dan kamu bela – belain ikut jurusan mereka?

Salah satu alsannya lagi adalah tidak ada tempat untuk curhat kepada yang lebih paham, ya udah curhat sama teman atau pacar, dan ujung-ujungnya ikut aja teman atau pacar.

Jadi, alangkah baiknya kamu pertimbangkan minat atau kelebihanmu, pasti kelebihanmu tidak sama dengan teman atau pacar kamu. Pikirkan lagi ya!

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Jurusan

2. Memilih Jurusan yang daya tampungnya besar tapi tidak kamu sukai

Kesalahan ini juga sering dilakukan oleh mahasiswa ketika memilih jurusan, banyak yang memilih daya tampungnya besar agar masuk. Coba deh kamu pikirkan lagi, seandainya kamu masuk jurusan itu, tapi kamu tidak suka dan mata kuliahnya asing bagi kamu, pasti kamu sendiri yang menanggung akibatnya.

Jadi sebaiknya, perhitungkan juga ketika kamu menjalani perkuliahan nanti, agar lebih enjoy dan mendapat nilai yang kamu inginkan.

3. Memilih jurusan yang tidak kamu kuasai sama sekali

Ini sih lebih nekat lagi, coba kamu bayangkan jika memilih jurusan yang bahkan kemampuan dasar yang dibutuhkan jurusan itu sendiri kamu belum menguasai, maka bersiaplah untuk bermimpi buruk setiap hari.

Sekalipun kamu bisa belajar otodidak dari dasarnya, namun hal yang pasti adalah saat kamu sedang belajar dari awal, teman – temanmu sedang berkembang untuk menjadi lebih expert. So, guys, mari dipikir lagi ya!

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan di Era Industri 4.0 Menurut Kemendikbud

4. Memilih jurusan karena “gengsi”

Kalau kamu memikirkan gengsi tanpa melihat kemampuanmu, itu sama saja kamu terjun yang bukan dunia kamu. Contohnya kamu ingin masuk jurusan kedokteran supaya dibilang orang keren, hebat dan sebagainya, tapi sebenarnya kamu gak punya materi dasar dan skill disana, ya tinggal tunggu waktu saja.

5. Memilih jurusan tersebut karena keinginan orang tua

Orang tuanmu ingin banget kamu kuliah di jurusan pendidikan hukum karena orangtuamu seorang pengacara. Namun sebenarnya kamu tidak punya passion di hukum kamu lebih suka mempelajari ilmu bahasa.

Nah jika kamu tetap mengikuti keinginan orang tuamu, pasti akan banyak tantangan dan ekspektasi orang tuamu yang sulit untuk kamu capai.

Jadi pesanku, disini kamu yang akan menjalani masa perkuliahan, yakinkan dirimu dan kedua orang tuamu bahwa jurusan yang kamu pilih adalah yang terbaik untukmu.

Coba pikirkan kembali, kelak orangtua akan merasa lebih bangga ketika kamu mampu menyelesaikan studi, bekerja di bidang yang kita sukai, dan membantu mereka, dibandingkan dengan kamu tersesat di tengah jalan di jurusan yang orang tua kamu sukai.

Itulah 5 kesalahan yang sering dilakukan siswa saat memilih jurusan kuliah. Jadi, buat kamu pejuang kampus impian, yuk hindari kesalahan ini agar kelak masa kuliah kamu lancar dan menyenangkan. Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda