1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. 5 Komponen Penting untuk Meningkatkan Skill Mahasiswa di...
Info Mahasiswa | Tips & Trik

5 Komponen Penting untuk Meningkatkan Skill Mahasiswa di Masa Mendatang

132   |   Posted by Seprila Mayang   |   22 March 2021

Sejak lama, mahasiswa dianjurkan untuk memiliki skill yang mumpuni. Skill ini rupanya gak bisa dilakukan secara instan cuy. Kamu kudu belajar dengan baik biar skill kamu terasah. 

Banyak cara yang bisa dilakukan agar skill kamu bisa oke punya. Seperti halnya mengikuti organisasi maupun aktif di komunitas. Nah, biar kamu gak hilang arah, kita bakal bagi info ke kamu nih tentang 5 komponen yang penting banget buat skill kamu. Yuk simak!

5 komponen yang penting banget buat skill

1. Kemampuan strategi

Setiap mahasiswa harus mulai belajar untuk mengatur strategi. Kemampuan ini digunakan untuk mengonsep tentang hal yang ingin dikatakan dan dilakukan. Sehingga mampu mengungkapkan hal yang ingin didengar dan dilakukan di depan orang lain. 

2. Kemampuan komunikasi

Untuk menyampaikan informasi pun kamu juga butuh latihan lho. Kamu harus dengan tepat menyampaikan informasi kepada lawan bicara. Sehingga informasi yang kamu sampaikan itu dinilai benar sesuai dengan fakta. 

Tak hanya itu, kamu juga harus dianjurkan untuk memilih konteks pembicaraan yang bisa melibatkan lawan bicara. Dengan demikian, kamu akan dengan mudah berkomunikasi dengan baik. 

3. Kemampuan interaksi

Saat melakukan interaksi dengan orang lain, tentunya kamu harus memilih topik pembicaraan yang aman. Jangan sampai kamu menyudutkan lawan bicara kamu ya. 

Disini kamu dianjurkan untuk memilih topik pembicaraan sesuai dengan situasi dan kondisi. Tak hanya itu, kamu juga dianjurkan untuk menerapkan bahasa dan gaya bahasa sesuai dengan lawan bicara. 

4. Kemampuan psikologis

Ketika bekerja nanti, udah gak jaman lagi tuh yang namanya berprasangka buruk. Thats’s why, kamu kudu bisa untuk menghindari respon negatif dari lingkunganmu. Tumbuhkan rasa dan jiwa dengan hati dan pikiran yang jernih biar kerjaan lancar.   

5. Kemampuan problem solving

Gak cuma cari hal yang positif aja. Tapi kamu kudu bisa menyelesaikan masalah. Yaps, kemampuan problem solving itu mahal guys. Kamu kudu belajar dari setiap permasalahan yang ada. Saat ada masalah udah gak waktunya kamu terpuruk, tapi kamu kudu belajar dari permasalahan itu. 

Mempersiapkan diri untuk menjadi lebih baik memang butuh proses. Makanya sejak kuliah kamu kudu belajar dengan baik. Biar gak kecewa kalo udah lulus. 

Sebagai calon pemimpin masa depan, kamu harus bisa memahami skills tersebut ya. Jadi kalau sudah saatnya kamu kerja, udah gak kaget lagi dengan segala hal yang ada. 

Tags tidak ada

Komentar Anda