1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. 5 Kunci Sukses Kuliah Bagi Mahasiswa Baru, No...
Dunia Mahasiswa | Featured | Info Kampus | Info Kuliah | Tips & Trik

5 Kunci Sukses Kuliah Bagi Mahasiswa Baru, No 5 Hukumnya Wajib!

243   |   Posted by M. Fadholi   |   18 February 2021

Hallo MABA? eh udah tahu belum kalau MABA itu kepanjangan Mahasiswa Baru ya! Istilah MABA ini merupakan status yang disandang oleh mahasiswa di tahun pertama kuliahnya.

Kamu harus tahu, menjadi siswa dan mahasiswa itu berbeda ya. Seperti lingkungan baru, teman baru, dan sistem pembelajaran yang baru mungkin saja dapat membuat kesulitan dalam menjalani kuliah perdana bagi mahasiswa baru.

Disamping semua perubahan itu, kamu pasti ingin menjadi mahasiswa sukses. Berikut beberapa tips sukses di kampus bagi mahasiswa baru.

Tips Sukses di Kampus Bagi Mahasiswa Baru

1. Mantapkan Niat untuk Belajar

Sistem pembelajaran perkuliahan sangat berbeda jika dibandingkan dengan tingkat sebelumnya. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki niat untuk belajar.

Karena di depan sana nanti banyak sekali hal-hal yang membuat kamu lupa akan tujuan kamu di perkuliahan. Contohnya saja organisasi, teman-teman dan pastinya lingkungan kamu. Maka dari itu kamu harus memiliki niat yang kuat dan mempunyai tujuan yang jelas di perkuliahan.

Baca juga : Apa Itu SKS, KRS, KST, KHS, dan IPK dalam Perkuliahan

2. Rencanakan dan Targetkan Nilai IP

Oh iya, kamu sudah tahu istilah IP belum? IP adalah singkatan dari Indeks Prestasi, kalau di jenjang sekolah dulu hampir sama dengan kata nilai. IP sendiri terbagi menjadi dua, yaitu, IPS (Indeks Prestasi Semester) dan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif).

IPS (Indeks Prestasi Semester ada di setiap akhir semester, namun IPK adalah hasil kumulatif dari IP setiap semester. Nah, salah satu cara untuk memiliki IP yang tinggi selain belajar dengan tekun adalah aktif di kelas. Karena dosen sangat suka dengan mahasiswa aktif dan suka berdiskusi. Dengan begitu, dosen dapat mengenal kamu.

Baca juga: 5 Tips Mendapatkan IP Tinggi Dalam Perkuliahan Offline & Daring

3. Temukan Cara Belajar yang Nyaman

Kita semua pasti memiliki cara belajar setiap orang berbeda-beda, ada yang belajar secara visual, auditori, kinestetik, dan berdiskusi. Untuk kamu yang masih menjadi mahasiswa baru perlu sekali untuk mengetahui cara belajar yang paling tepat untuk kamu. Karena cara belajar kamu akan menentukan bagaimana kamu ke depannya.

Yang terpenting jangan cara belajar kebut semalam ya, usahakan jangan sering-sering begadang, yang nanti akan merusak kesehatan dan ingatan materi kuliah kamu juga kurang kuat. Jadi, temukan cara belajar yang nyaman ya!

4. Pintar Memilih Organisasi

Sudah seharusnya sih, mahasiswa mengikuti organisasi, selain untuk menambah teman juga bisa menambah pengalaman dan mengasah soft skill. Oh iya, kamu juga harus tahu kalau organisasi di perkuliahan terbagi menjadi dua, yaitu organisasi mahasiswa internal kampus dan eksternal kampus.

Organisasi mahasiswa internal seperti, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Senat Mahasiswa tingkat fakultas dan Himpunan mahassiwa jurusan(HMJ), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Sedangkan, organisasi mahasiswa eksternal adalah organisasi yang berada di luar kampus seperti komunitas hobi. Yang perlu kamu perhatikan dalam memilih organisasi adalah waktu, visi dan misi, dan kesiapan diri kamu.

Baca Juga : 5 Kesalahan Saat Memilih Jurusan Kuliah, Camaba Baca Ini!

Tidak sedikit orang yang masuk dalam satu organisasi karena ingin tau saja, namun saat sudah masuk organisasi kegiatan perkuliahannya menjadi tidak terurus. Dalam dunia perkuliahan yang paling penting adalah kuliah itu sendiri untuk mencapai tujuan awal kamu.

Organisasi itu sendiri sebagai penyeimbang akademis dan untuk mengembangkan pengetahuan dan pergaulan kamu. Pilih organisasi yang sesuai dengan waktu kosong kamu, mempunyai satu visi dan misi, dan bagaimana dengan kesiapan diri kamu untuk mengikuti organisasi tersebut.

5. Jangan Mudah Putus Asa Ya!

Menjadi mahasiswa baru memang tidak mudah karena harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Dari mulai pertemanan, kehidupan dan juga mata kuliah di perkuliahan pun sangat berbeda dengan mata pelajaran yang ada di sekolah.

Awalnya mungkin kamu kesulitan untuk beradaptasi atau memahami mata kuliah yang ada, namun jangan mudah putus asa jika kamu tidak bisa. Kamu bisa berdiskusi atau bertanya dengan teman, bisa juga bertanya dengan kakak tingkat. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah setiap permasalahan pasti ada solusinya, maka kamu akan tumbuh dewasa sebagai pribadi yang memiliki mental baja.

Baca Juga : 5 Skill yang Paling Dibutuhkan di Masa Depan, Apa Saja sih?

Itulah tips sukses bagi mahasiswa baru yang ingin sukses kuliah di kampus. Kamu perlu tahu keseimbangan antara akademik dan non akademik juga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk sukses di dunia perkuliahan. Intinya jangan pernah menyerah, karena kalau kamu menyerah selesai sudah semua.

Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda