1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 5 Manfaatkan KIP-Kuliah Bagi Calon Mahasiswa dan Mahasiswa
Info Kampus

5 Manfaatkan KIP-Kuliah Bagi Calon Mahasiswa dan Mahasiswa

124   |   Posted by Seprila Mayang   |   23 April 2021

Dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah mimpi semua orang. Terlebih bagi kamu yang belum mampu membayar biaya perkuliahan. Kesempatan mendapatkan beasiswa kuliah adalah suatu hal yang sangat berharga.

Agar mewujudkan mimpi-mimpi tersebut, Kemendikbud luncurkan beasiswa KIP-Kuliah. Nah, beasiswa KIP-Kuliah ini adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Yang pastinya kamu sangat terjamin dengan adanya beasiswa ini. 

Anyway guys, bagi kamu yang berhasil mendapatkan beasiswa ini akan ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat lho. Hm, apa aja tuh manfaatnya? Kuy cek ulasan berikut ini ya. 

1. Bebas biaya pendaftaran seleksi masuk PTN

Buat sobat Miku yang mau daftar UTBK-SBMPTN tapi berasal dari keluarga kurang mampu, jangan khawatir kalau bayar. Jika kamu sudah mendapatkan kesempatan KIP-Kuliah, biaya pendaftaran kamu free lho. 

Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini guys. Jadi gak usah bingung lagi kalau mau daftar melalui jalur ini. 

2. Bebas biaya kuliah

Yaps, bener banget. Sobat Miku yang mendapatkan kesempatan menerima KIP-Kuliah, kamu akan dibebaskan biaya kuliah selama menempuh studi. 

Meskipun tak berbayar, tapi kamu diberi batasan waktu juga lho. Jadi jangan dianggap sepele ya hehe. 

3. Bantuan hidup 

Selain bebas biaya kuliah, kamu juga bakal dapat biaya bantuan hidup. Bantuan biaya hidup ini bakal disesuaikan dengan wilayah kampus kamu guys. 

Berdasarkan hasil penetapan dari Puslapdik, biaya bantuan hidup akan dihitung dari besaran indeks harga lokal dari masing-masing perguruan tinggi. So, gak usah takut kekurangan yah. 

4. Semangat belajar lebih 

Gimana gak semangat belajar? Kalau kamu dapat beasiswa KIP-Kuliah, kamu harus mendapatkan IPK minimal dan dengan batas waktu studi yang sudah ditentukan. That’s why lingkungan yang mendukung bakal membantumu untuk terus belajar lebih giat lagi. 

5. Mendapatkan pelatihan khusus  

Di beberapa kampus biasanya memiliki komunitas khusus penerima KIP-Kuliah. Nah, di dalam komunitas ini biasanya kamu bakalan mendapatkan pelatihan khusus sobat. Jadi kamu tak perlu khawatir lagi kalau kamu merasa kesulitan selama masa kuliah. 

At last but not least, mendapatkan kesempatan KIP-Kuliah adalah kesempatan yang snagat berharga. Makanya buat kamu yang mendapatkan kesempatan ini jangan sampai disia-siakan yah. Karena begitu banyak manfaat yang kamu dapat dari KIP-Kuliah ini. 

Oh iya, kalau sobat miku mau mendapatkan informasi seputar beasiswa atau pendaftaran masuk ke perguruan tinggi. Platform Maukuliah.id bisa jadi sasaran terbaik untuk mendapatkan informasi tersebut. 

Tags tidak ada

Komentar Anda