1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. 5 Masalah yang Sering Dialami Mahasiswa dan Solusinya
Dunia Mahasiswa | Info Mahasiswa | Tips & Trik

5 Masalah yang Sering Dialami Mahasiswa dan Solusinya

509   |   Posted by Seprila Mayang   |   07 April 2021

Menjadi seorang mahasiswa memang gak selalu mudah guys. Kadang banyak sekali tantangan hingga masalah yang dihadapi di dunia perkuliahan. Ini nih yang kerap kali bikin menghambat masa studi kamu di perguruan tinggi. 

Eits, jangan khawatir dulu ya sobat. Meskipun banyak masalah bukan berarti kamu harus terpuruk. Masih ada kok jalan keluar yang bisa kamu ambil. 

Nah, berikut adalah 5 masalah yang sering dialami mahasiswa dan solusinya.  

1. Sulit mengatur waktu 

Saking banyaknya kegiatan yang diikuti, maka tak heran jika seorang mahasiswa sulit mengatur waktu. Mereka gak bisa memprioritaskan kegiatan mana yang lebih penting. Alhasil banyak hal yang harus dikorbankan. 

Biar kamu gak kejebak sama permasalahan ini, kamu harus benar-benar membuat skala prioritas guys. Kamu harus bisa menyusun tingkat urgensi dari permasalahan ini. So, kamu gak akan tuh terjebak dengan sulit mengatur waktu. 

Baca juga: 5 Tips Mendapatkan IP Tinggi Dalam Perkuliahan Offline & Daring

2. Masalah finansial

Masalah finansial bisa dikatakan sebagai salah satu momok berbahaya saat menjalani dunia perkuliahan. Nah, sebagai seorang mahasiswa yang baik kamu harus bisa mengatur finansial dengan baik. Caranya dengan membuat pos keuangan kamu setiap awal bulan. Jangan sampai kamu boros dan foya-foya selama menempuh masa kuliah. 

3. Konflik batin dengan dosen

Nah, yang satu ini sering terjadi di dunia perkuliahan. Mahasiswa yang mulai memasuki masa mengerjakan skripsi biasanya kerap mengalami konflik batik dengan dosen. 

Biar kamu gak mengalami hal serupa, yuk mulai sekarang bangun komunikasi yang baik dengan dosen. Di samping itu kamu juga harus bisa menempatkan diri dengan baik ya. 

4. Nilai turun

Permasalahan yang sering terjadi adalah nilai yang turun terus menerus. Ini nih yang bikin kamu suka down saat memasuki masa perkuliahan. Nilai turun masih bisa diperbaiki kok. Asalkan kamu terus berusaha dan belajar semaksimal mungkin. 

Oh iya sobat, biar nilai kamu terus naik masih banyak cara yang bisa kamu lakukan. Seperti halnya, membuat jadwal belajar rutin dan memperhatikan perkuliahan ketika dosen mengajar. 

5. Gak bisa mengatur emosi

Ini nih yang bikin fatal. Menjadi seorang mahasiswa harus belajar tahan banting guys. Berada di dunia perkuliahan itu ibarat kamu berada di sebuah gurun untuk mencari air. Kamu harus mengerahkan seluruh tenaga agar bisa survive dalam mencapai tujuan. 

Jika kamu kesulitan untuk mengatur emosi di dunia perkuliahan, kamu bisa melakukan meditasi diri atau berbagi cerita dengan sobat kamu. Dijamin ampuh deh!

Baca juga: MABA, Ini 5 Tips Produktif Mengawali Perkuliahanmu

Jadi begitu guys, cara jitu yang bisa kamu ambil kalau sedang menghadapi permasalahan di dunia perkuliahan. Selamat mencoba! 

Oh iya hampir aja lupa, hiihi. Kalau sobat Miku pingin kepoin informasi seputar perkuliahan, langsung aja yuk kunjungi maukuliah.id. Di sini kamu bakal dapat banyak insight baru seputar dunia pendidikan dan perkuliahan. 

Tags tidak ada

Komentar Anda