1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. 5 Program Studi Kekinian ini Sangat Diminati oleh...
Featured | Info Jurusan

5 Program Studi Kekinian ini Sangat Diminati oleh Kaum Milenial

592   |   Posted by M. Fadholi   |   07 February 2020

Dahulu, banyak anak kecil yang memiliki cita-cita menjadi insinyur, dokter, guru, atau polisi. Namun, semakin berkembangnya zaman, semakin banyak muncul profesi baru yang gak pernah terpikirkan sebelumnya.

Beberapa tahun terakhir ini mulai bermunculan profesi baru yang berkembang pesat di era digital ini seperti influencer, vlogger, hingga entrepreneur.

Munculnya profesi-profesi baru seperti ini ternyata juga berimbas pada dunia pendidikan, terutama pendidikan di perguruan tinggi. Beberapa jurusan kekinian pun bermunculan seiring berjalannya waktu. Gak hanya itu, peluang kerjanya pun dinilai cukup menjanjikan dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru. Nah, bagi kamu yang sedang menduduki tahun akhir di SMA berikut.

5 Program Studi Kekinian ini Sangat Diminati oleh Kaum Milenial

1. Make Up Artist (Tata Rias)

Gak bisa dipungkiri, profesi menjadi Make Up Artist di era sekarang ini sedang naik daun. Karena peluang kerjanya sangat banyak, kaum millennial pun banyak yang berlomba-lomba untuk berprofesi sebagai Make Up Artist. Nah, untuk bisa menjadi seorang Make Up Artist, kamu bisa mendalaminya dengan mengambil jurusan Make Up Artist atau biasa dikenal dengan jurusan tata rias.

Disini kamu akan mempelajari tentang berbagai macam struktur wajah, jenis alat kecantikan, dan teknik merias wajah dengan benar. Menariknya lagi kamu gak hanya belajar make up saja, lho. Kamu juga akan memelajari berbagai macam tatanan rias rambut, penataan rambut, serta perawatan kulit.

Bagi kamu yang tertarik dengan jurusan ini, kamu bisa mendaftarkan diri di Universitas Negeri Jakarta, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Negeri Malang atau Universitas Negeri Surabaya.

2. Fashion Design

Gak hanya Make Up Artist, jurusan fashion design juga lagi digandrungi oleh khalayak muda. Munculnya berbagai macam produk dan design fashion yang selalu berubah setiap tahunnya, jurusan ini bisa dilirik sebagai salah satu alternatif untuk prospek karir yang bagus.

Fashion design merupakan jurusan yang memiliki fokus pada proses perancangan busana, gambar design, memotong pola, dan cara menjahit baju yang benar agar bisa menjadi pakaian yang modis. Gak hanya itu, kamu juga akan diajarkan tentang manajemen usaha busana dan tren mode busana.

Beberapa perguruan tinggi terbaik yang memiliki jurusan ini adalah Universitas Negeri Jakarta, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

3. Filmografi

Berprofesi menjadi youtuber dan vlogger akhir-akhir ini sedang diminati oleh kawula muda. Namun, menjadi seorang vlogger dan youtuber ternyata gak semudah yang dibayangkan, lho. Kamu gak hanya butuh kamera saja untuk merekam semua video dan mengunggahnya langsung di media sosial. Ternyata kamu juga butuh proses pengeditan dan kreativitas yang tinggi untuk membuat video tersebut menjadi lebih bagus.

Jika kamu ingin mendalaminya, masuk di jurusan filmografi bisa jadi salah satu pilihan untuk melanjutkan studi masa depanmu. Disini kamu akan mempelajari tentang kreativitas, seni visual estetika, teknologi dan model grafis untuk film.

Bagi kamu yang tertarik untuk menggeluti bidang perfilman lebih dalam, kamu bisa mengambil jurusan ini di Bina Nusantara, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Pelita Harapan, dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Baca juga: 7 Jurusan Langka yang Memiliki Peluang Karir Bagus

4. Business and Entrepreneurship

Berkembangnya bisnis yang modern dan kreatif, membuat jurusan entrepreneurship sangat diminati oleh anak muda. Saat masuk di jurusan ini, kamu akan diajarkan tentang kreativitas dalam berbisnis, cara memaksimalkan produk dan pelayanan jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Selain itu, kamu juga akan mempelajari bagaimana cara menciptakan produk yag inovatif agar selalu diminati oleh para konsumen.

Gak tanggung-tanggung, ketika kamu lulus dari program studi ini kamu juga bisa menciptakan lapangan perkerjaan baru, lho. Sehingga secara gak langsung kamu bisa membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara kita.

Lima perguruan tinggi berikut bisa kamu jadikan opsi untuk mengambil jurusan ini, antara lain Institut Teknologi Bandung, Prasetiya Mulya Business School, Universitas Ciputra Surabaya, Universitas Bina Nusantara, dan Surya University.

5. Digital Media and Communication

Jurusan Digital Media and Communication merupakan jurusan yang mempelajari tentang dunia media, sosial ekonomi, budaya, dan inovasi terbaru di dunia digital. Gak hanya itu, pembelajaran tentang ketrampilan menulis dan berkomunikasi visual pun juga akan diajarkan di dalam jurusan ini.

Hidup di era yang serba modern dan penggunaan media digital yang cukup berkembang pesat, membuat peluang karirnya pun juga sangat tinggi. Ditambah lagi industri kreatif juga sangat membutuhkan jurusan ini sebagai seorang professional komununikasi.

Nah, buat kamu yang sudah memiliki keinginan dan bercita-cita untuk mengambil jurusan ini, kamu melanjutkan studi di Prasetiya Mulya Business School, The London School of Public Relation, dan La Salle College Jakarta.

Itulah 5 jurusan yang sedang hits dan memiliki propek yang sangat menjanjikan di era modern ini. Bagi kamu yang tertarik dengan jurusan-jurusan tersebut, kamu bisa mencari informasi lebih lanjut dan tentukan jurusan terbaikmu. Semoga sukses ya!

Tags tidak ada

Komentar Anda