1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. 5 Skill yang Paling Dibutuhkan di Masa Depan,...
Info Kerja | Info Kuliah | Tips & Trik

5 Skill yang Paling Dibutuhkan di Masa Depan, Apa Saja sih?

197   |   Posted by Seprila Mayang   |   17 February 2021

Melanjutkan kuliah tak afdol rasanya jika tanpa memiliki skill yang memadai. Skill merupakan salah satu tonggak yang paling penting untuk menentukan karir kamu di masa depan. Tanpa memiliki skill sama saja kamu kurang siap saat menuju dunia kerja.

Di era yang serba modern seperti ini, skill sangat dibutuhkan untuk menunjang kemajuan teknologi. Maka dari itu, para lulusan perguruan tinggi diharapkan memiliki skill yang memadai untuk siap memajukan dunia industri di negeri ini.

Anyway, skill apa saja sih yang bakal dibutuhkan di masa depan? Hm, daripada membahas terlalu jauh, yuk langsung saja kita bahas di bawah ini.

1. Technology programming

Semakin berkembangnya zaman, teknologi menjadi hal yang paling utama dibutuhkan. Dengan memanfaatkan teknologi, sama saja akan memudahkan mereka dalam melakukan pekerjaan.

Coding merupakan salah satu skill yang setidaknya dimiliki oleh para pekerja di era industri digital ini. Paling tidak mereka harus mengerti ilmu dasarnya untuk memudahkan dan memaksimalkan mereka dalam mengerjakan pekerjaan.

Baca juga:5 Kesalahan Saat Memilih Jurusan Kuliah, Camaba Baca Ini!

2. Creative thinking

Menuju masa depan yang serba digital, skill yang satu ini juga sangat diperlukan lho. Industri di masa depan sangat dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif untuk menghasilkan pemikiran yang menarik dan unik untuk dibahas. Skill creative thinking ini biasanya meliputi kegiatan desain dan writing.

Skill ini juga bakal diperlukan terutama untuk menarik perhatian konsumen. So, skill creative thinking akan dibutuhkan banyak perusahaan di masa yang akan datang.

3. Data Analyst

Skill data analyst, merupakan suatu skill yang sangat dibutuhkan untuk menganalisis banyaknya data yang masuk dalam perusahaan.  Skill data analyst diperlukan perusahaan untuk memberikan analisis terhadap data yang dimiliki oleh perusahaan.

Skill data analyst ini akan dibagi menjadi 4, yaitu descriptive (mendeskripsikan data dan kejadian yang terjadi), diagnostic (mencari tahu tentang alasan data tersebut terjadi), predictive (memprediksikan data yang dikelola), dan prescriptive (melakukan analis kepada keseluruhan data untuk menyusun strategi di masa mendatang).

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Jurusan di Vokasi Bagus Untuk Kamu

4. Emotional intelligence 

Dari dulu hingga kini,kecerdasan secara intelektual, sosial dan emosional sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Faktanya, banyak perusahaan di Indonesia yang sering mengadakan test emotional intelligence sebelum merekrut karyawan.

Sebagai seorang mahasiswa, paling tidak kamu harus mulai melengkapi kecerdasan emosional tersebut guys. Karena kecerdasan emosional itu biasanya sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan dalam menerima karyawan.

5. Technology design 

Untuk meningkatkan tingkat kreativitas di bidang industri, technology design juga sangat diperlukan oleh para perusahaan di masa mendatang . Kemampuan ini digadang-gadang akan mampu mengembangkan aspek pemasaran baru yang lebih fresh. Untuk itu, skill yang satu ini bisa kamu dalami sebelum masuk ke dunia kerja.

Baca juga: Online Course untuk Tingkatkan Skills Mahasiswa Gratis!!

Itulah skill yang harus kamu miliki untuk bisa sukses berkarir di masa depan guys. Jadi kamu bisa memiliki skill tersebut untuk bisa bersaing dalam dunia kerja. So, tunggu apalagi? Yuk segera lakukan mulai dari sekarang.

Tags tidak ada

Komentar Anda