1. Home
  2. /
  3. Info Kerja
  4. /
  5. 5 Soft Skills Yang Dibutuhkan Lulusan untuk Sukses
Info Kerja

5 Soft Skills Yang Dibutuhkan Lulusan untuk Sukses

21   |   Posted by Seprila Mayang   |   16 July 2021

SEVIMA.COM – Harapan terbesar ketika lulus adalah mendapatkan pekerjaan dan karir yang sukses untuk masa depan. Namun, kesuksesan tidak bisa dilakukan secara instan bukan?

Kesuksesan bisa diraih jika diimbangi dengan kerja keras dan doa yang maksimal. Tak hanya itu saja lho, kesuksesan itu juga bisa didapatkan dari mengembangkan skill yang kamu miliki.

Baca juga: Kampus Merdeka, Upgrade Skill di Luar Perkuliahan

Makanya, sebelum kamu lulus nanti, kamu wajib tahu nih skill apa saja sih yang biasanya dibutuhkan lulusan untuk bisa sukses? Yuk guys, kita cari tahu bareng-bareng skill apa saja sih yang sering dibutuhkan. Check it out

1. Problem-solving

Ketika kamu berada di dunia kerja, skill untuk menyelesaikan masalah adalah hal yang harus kamu miliki. Menyelesaikan masalah akan membuat kamu lebih dewasa dan siap dalam menghadapi segala hal. Terutama di dunia kerja guys, masalah akan dengan mudah meredam jika kamu mampu mengatur problem solving dengan sangat baik. 

2. Critical thinking

Selain dapat menyelesaikan masalah, lulusan perguruan tinggi juga dituntut untuk bisa berpikir kritis. Berpikir kritis bukan berarti kamu harus kritis dengan segala aspek ya. Namun, berpikir kritis di sini dimaksudkan agar para pekerja bisa mencari jalan keluar dari sebuah case. Terutama jika kamu bekerja di perusahaan atau berbisnis. Kemampuan ini benar-benar sangat dibutuhkan. 

3. Creativity

Bukan sebuah rahasia lagi jika hidup di era industri 4.0 ini sangat membutuhkan sentuhan kreatifitas. Kreativitas dibutuhkan untuk membangun usaha dan kinerja yang bagus. 

Banyaknya persaingan di dunia usaha dan industri membuat orang harus lebih kreatif dalam  mengemas suatu produk. Jangan sampai kamu kehilangan pasar karena kamu tak kreatif dalam berpikir. 

4. Leadership

Memang tak semua lulusan baru berhak menjadi seorang pemimpin. Namun, tak ada salahnya kan jika kamu belajar tentang leadership sebelum lulus? Leadership ini nanti dibutuhkan kelak kamu menjadi seorang pemimpin di masa depan.  Untuk menjadi seorang pemimpin sangatlah membutuhkan sosok yang bisa mengayomi dan membawa anggotanya untuk bisa lebih kreatif dan inovatif. Makanya, jika kamu sudah memiliki skill leadership sejak dini, dipastikan kamu akan siap di masa depan. 

5. Emotional intelligence

Meskipun terlihat sepele, kemampuan emotional intelligence juga sangat penting untuk kamu lakukan. Banyak sekali orang di luar sana yang memiliki IQ sangat tinggi namun tidak bisa mengatur emosi dengan baik. 

Terlebih di dunia kerja, kamu harus bisa mengontrol emosi dengan sangat baik. Dengan begitu, sebelum kamu berada pada masa dunia kerja, kamu bisa belajar untuk mengatur emosi dengan baik. 

Baca juga: 10 Tops Skills Paling Dibutuhkan di Tahun 2025 Menurut Kemendikbud Dikti

Hm, ternyata mahasiswa tak hanya belajar dan membutuhkan nilai yang bagus saja ya sobat. Sebagai mahasiswa, kamu harus belajar banyak skill yang sangat penting untuk masa depanmu nanti. 

Percaya deh, kalau kamu bisa memahami skill itu dengan baik pasti kamu bisa sukse di masa depan. So, di masa depan pasti kamu akan bisa tumbuh menjadi seseorang yang lebih bertanggung jawab dan siap menjadi pemimpin masa depan. Good Luck!

Tags tidak ada

Komentar Anda