1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 5 Tips Jitu Bisnis sambil Kuliah
Info Kampus

5 Tips Jitu Bisnis sambil Kuliah

133   |   Posted by Seprila Mayang   |   20 April 2021

Pengen bangun bisnis tapi masih di bangku kuliah? Gak usah takut guys! Wolesin aja. Berbisnis gak perlu menunggu saat kamu lulus kok. Justru kamu bisa memulainya ketika masih duduk di bangku kuliah. 

Jika kamu bisa mengembangkan bisnis kamu dari awal kenapa tidak? Toh nanti ketika lulus, pasti kamu udah bisa mengembangkan bisnis dengan baik. 

Untuk memulai bisnis tersebut, kita ada tips jitu nih buat sobat Miku. Apa aja ya yang harus disiapkan biar bisnis kamu sukses? Yuk mari simak ulasan di bawah ini. 

1. Punya rencana yang matang

Sebagai calon entrepreneur handal, kamu harus pintar membuat rencana yang sangat matang. Buat business plan yang bagus biar kamu bisa menjalankan usahamu dengan baik. 

2. Buat plan keuangan dengan baik

Seorang pebisnis harus bisa mengatur keuangan dengan baik. Dari mana saja latar belakang studi kamu tapi kamu harus bisa mengatur keuangan dengan sangat baik. 

Untuk itu, biar bisnis kamu bisa berjalan lancar, kamu harus bisa membuat plan keuangan dengan baik. 

Baca juga: Mau Kuliah Sambil kerja? Begini Tipsnya

3. Atur waktu belajar dengan baik

Jangan sampai bisnis mengganggu jadwal belajar kamu. Makanya kamu harus bisa mengatur jadwal belajar dengan sangat baik. Kamu harus bisa disiplin waktu, dimana saatnya belajar kamu harus belajar dan saatnya bisnis kamu harus benar-benar fokus bisnis. Kalau hal ini bisa kamu lakukan dengan sangat baik, pasti deh kamu bakal lancar bisnis meskipun kuliah. 

4. Cari peluang dengan baik

Namanya bisnis pasti suka naik turun. Nah, disinilah kamu harus cari peluang dengan sangat baik. Kamu harus bisa melakukan eksekusi bisnismu dengan sangat baik. Misalnya saja melakukan pemasaran produk. 

5. Jangan sampai lupa waktu

Ini nih kesalahan yang sering terjadi dalam melakukan bisnis. Mahasiswa yang berbisnis biasanya suka menghabiskan waktu untuk berbisnis. Nah kamu jangan sampai kayak gitu ya. 

Namanya juga manusia, pasti butuh istirahat dan refreshing biar pikiran gak jenuh. Makanya kamu jangan sampai memforsir dirimu ya. 

Baca juga: Kini Lulus Kuliah Bisa 3,5 Tahun di Program Kampus Merdeka

Meskipun kata orang menjalankan bisnis sangat sulit, namun jangan sampai menghalangi niat baikmu untuk terus berusaha ya. 5 hal itu mungkin bisa kamu terapkan di dalam kehidupanmu jika kamu ingin sukses berbisnis. Selamat mencoba! Have a success ahead!

Buat kamu mahasiswa yang ingin dapatkan informasi seputar perkuliahan, langsung aja yuk kunjungi maukuliah.id yang menyediakan tips and trick kehidupan perkuliahan. 

Tags tidak ada

Komentar Anda