1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 5 Tips Ampuh Lolos Perguruan Tinggi Negeri Favorit
Info Kampus

5 Tips Ampuh Lolos Perguruan Tinggi Negeri Favorit

4246   |   Posted by Fadhol   |   28 May 2020

Kamu pejuang PTN favorit? Pas banget, kali ini akan membahas tips lolos ke PTN impianmu. Lakukan tips ini, tingkat kegagalan sedikit banget. Siap berjuang? Kamu pasti tahu kalau perguruan tinggi negeri sampai saat ini masih merupakan idaman bagi semua siswa sekolah menengah atas (SMA). Selain biaya relatif terjangkau dibanding perguruan tinggi swasta, perguruan tinggi negeri memiliki sistem pendidikan dan reputasi yang baik dari tahun ke tahun.

Kamu juga sadar kalau persaingan masuk perguruan tinggi negeri ketat. Satu orang paling tidak harus mengalahkan sekitar dua puluh orang lainnya untuk bisa duduk di bangku perguruan tinggi favorit. Namun tak perlu khawatir, jika kamu salah seorang yang sedang berjuang mendapatkan bangku tersebut, cobalah terapkan 5 tips lolos perguruan tinggi negeri berikut ini.

1. Rencanakan Pilihan Jurusan dari Jauh-Jauh Hari

Mencapai sebuah tujuan tentunya tidak akan berhasil bila kamu tidak tahu ke mana arah berjalan. Oleh karena itu, semenjak awal mulai SMA, sebaiknya kamu sudah mulai menentukan program studi apa yang akan diambil di perguruan tinggi nanti.

Baca juga: Panduan Cara Sukses Daftar Kuliah di Universitas

Sehingga, selama proses belajar di bangku sekolah, pikiran kamu sudah terfokus untuk mengincar satu bangku di perguruan tinggi negeri favorit. Saat pikiran sudah terfokus, tentunya persiapan akan semakin matang untuk lebih dalam mempelajari bagaimana memasuki sebuah perguruan tinggi negeri yang kamu idam-idamkan.

Kalau ada kesulitan kamu bisa coba pula mengambil tes psikologis yang ditujukan untuk pengembangan karier yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Hal ini akan cukup membantu dalam menentukan pilihan program studi.

2. Terus Mengembangkan Kemampuan Diri

Sudah pilih jurusan yang diambil, selanjutnya adalah kamu harus terus mengasah kemampuan diri demi peluang yang lebih besar memasuki perguruan tinggi favorit. Kamu bisa coba mengikuti bimbingan belajar (bimbel) yang memang sudah dirancang khusus untuk menargetkan universitas tertentu. Di zaman sekarang sudah banyak sekali bimbel yang fokus seperti ini.

Selain mengikuti bimbel,kamu bisa pula mengambil les privat dengan pengajar dari almuni yang sudah berhasil memasuki program studi dari perguruan tinggi negeri favorit yang diinginkan. Tentunya alumni akan lebih paham seluk beluk serta kiat khusus memasuki perguruan tinggi negeri seperti yang pernah dialaminya dahulu. Semangat

3. Buat Plan Ikut Tes Masuk PTN

Untuk masuk perguruan tinggi negeri terfavorit, kamu juga menyiapkan serangkaian tes yang dilalui. Saat ini, biasanya ada 3 buah jalur yang bisa dicoba yaitu jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan jalur mandiri.

Jalur SNMPTN merupakan seleksi dengan melihat nilai laporan akademik semasa di bangku sekolah. Jika seorang siswa SMA masuk peringkat 5 besar di kelasnya, serta nilainya terus membaik dari waktu ke waktu, maka jalur SNMPTN ini wajib dicoba.

Baca juga: Informasi Ujian Mandiri UI, UGM, ITB, IPB, UNDIP & UNAIR 2020

Jalur SNMPTN dikenal pula dengan jalur tanpa tes, dan murni hanya nilai rapor akademik yang dijadikan bahan untuk seleksi.

Jalur SBMPTN merupakan seleksi dengan tes tertulis. Tes ini diadakan serentak di sekitar bulan Mei atau Juni setiap tahunnya,sebelum dimulai ajaran baru.

Jalur SBMPTN ini tidak kalah ketatnya. Biasanya materi tes SBMPTN ada dua, yaitu TPA (Tes Potensi Akademik), dan pilihan IPA/IPS/IPC. Tes ini dilakukan hanya dalam waktu satu hari, namun tentunya membutuhkan persiapan ratusan hari sebelumnya.

Terakhir, jalur mandiri yang dibuka universitas biasanya setelah tes SBMPTN rampung dilaksanakan. Jalur ini juga berbentuk tes dengan tingkat kesulitan yang mirip dengan SBMPTN.

Pilihlah jalur yang sesuai dengan kemampuan diri. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menyiapkan rencana cadangan, sehingga ketika tidak diterima di salah satu jalur, kamu sudah siap untuk menjalani proses di jalur penerimaan lainnya.

4. Up To Date Informasi Kondisi Terkini

Saat ini informasi menjadi hal yang sangat mudah diakses oleh semua orang melalui internet. Oleh karena itu, jangan sampai kamu yang masih duduk di bangku SMA ketinggalan informasi dan tidak tahu kondisi terkini untuk lulus perguruan tinggi favorit.

Jalur masuk bisa berubah-ubah dari tahun ke tahun. Jenis soal tes bisa bervariasi dari tahun-ke tahun. Informasi mengenai pelaksanaan tes juga cukup penting, sehingga kamu harus tetap fokus mencermati informasi sehingga tidak ketinggalan kereta saat teman-teman lain sudah fokus mengikuti proses seleksi.

Baca juga: 5 Jurusan yang Cocok untuk Kepribadian Introvert

5. Jangan Menyerah Ketika Gagal

Dengan persaingan yang begitu ketat dan waktu persiapan yang singkat, tentunya banyak orang yang tersisihkan saat pertama kali mencoba untuk lulus perguruan tinggi favorit yang diidam-idamkannya. Namun ketika gagal, jangan menyerah. Cukup banyak pula orang yang mengambil jeda satu tahun untuk lebih banyak belajar dan mempersiapkan diri sehingga mendapatkan hasil tes yang lebih baik di tahun berikutnya.

Bagi kamu yang sudah mempersiapkan diri dengan tambahan waktu satu tahun, mintalah restu kedua orang tua sehingga lebih tenang saat menjalani tes SBMPTN. Ketenangan sebetulnya juga sebuah keuntungan yang bisa membuat pikiran lebih jernih saat mengerjakan soal SBMPTN.

Itulah 5 cara untuk membantu kamu lolos perguruan tinggi negeri favorit. Jangan lupa niatkan untuk mengasah diri lebih baik lagi dan untuk membahagiakan kedua orang tua atau keluarga sehingga jalan meraih perguruan tinggi negeri favorit semakin terang. Selamat mencoba!

Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Komentar Anda