1. Home
  2. /
  3. Info Mahasiswa
  4. /
  5. 5 Tips Magang Cerdas buat Para Mahasiswa
Dunia Mahasiswa | Dunia Sekolah | Info Mahasiswa

5 Tips Magang Cerdas buat Para Mahasiswa

72   |   Posted by Seprila Mayang   |   06 April 2021

Kegiatan magang merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa pada semester akhir. Kegiatan ini dinilai sangat penting lho, untuk pengalaman mahasiswa tersebut sebelum masuk ke dunia kerja. 

Nah, sobat Miku bisa tuh mengaplikasikan kegiatan magang ini selama masa kuliah kamu. Jadi setelah lulus nanti sobat Miku bisa punya skill yang mumpuni sebagai bekal di dunia kerja. 

Hm, kira-kira apa saja sih tips jitu saat menempuh kegiatan magang. Yuk check ulasan ini ya.

1. Tentukan tujuan magang

Sebelum mengikuti kegiatan magang, kamu wajib untuk menentukan tujuan magang kamu. Nah di sini kamu harus memperhatikan dan mengumpulkan informasi seputar tempat magang tujuan. 

Baca juga : 5 Alasan Kenapa Jurusan di Vokasi Bagus Untuk Kamu

2. Kumpulkan informasi terkait job desc magang

Yaps, selain mengumpulkan informasi terkait instansi dan lokasi magang, kamu juga wajib untuk mencari informasi seputar job desc magang kamu. So, bisa dipastikan kalau kamu sudah ngerti ya terkait job desc yang akan kamu jalankan. 

Jangan sampai kamu gak ngerti apa-apa saat kegiatan magang sudah dimulai. Bisa gawat!

3. Siapkan dokumen untuk kegiatan magang

Sebelum mendaftar kegiatan magang, biasanya wajib menyertakan beberapa dokumen penting. Dokumen ini akan digunakan sebagai salah satu pedoman dalam mengikuti kegiatan magang sobat. Perhatikan dengan baik ya. 

4. Ikuti kegiatan magang dengan baik

Namanya juga belajar, kamu harus selalu antusias dan semangat ya. Kamu harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan magang ini dengan sangat baik. 

5. Pastikan komunikasi yang baik dengan pembimbing magang

Agar magang kamu bisa berjalan dengan lancar, kamu harus membuat komunikasi yang baik dengan pembimbing atau penanggung jawab dari kegiatan magang. Makanya, kamu harus selalu siap dan tanggap dalam menjalankan komunikasi dalam suatu pekerjaanmu. 

Baca juga: Kini Lulus Kuliah Bisa 3,5 Tahun di Program Kampus Merdeka

Jadi gitu deh guys, 5 tips jitu yang bisa kamu lakukan kalau kamu mengikuti kegiatan magang. Kuncinya adalah selalu percaya diri dan siap belajar banyak hal saat kegiatan itu berlangsung. Good Luck ya sobat!

Tags tidak ada

Komentar Anda