Dunia Mahasiswa | Info Kuliah | Tips & Trik

5 Tips Mendapatkan IP Tinggi Dalam Perkuliahan Offline & Daring

Panduan Cara Sukses Daftar Kuliah di Universitas
67   |   Posted by M. Fadholi   |   15 February 2021

Dalam perkuliahan mahasiswa disamping mendapatkan ilmu dari perkuliahan, juga mahasiswa bertujuan untuk mendapat IP yang tinggi, hingga meraih cum laude. Apa itu IP? IP adalah singkatan dari Indeks Prestasi dimana IP ini menjadi tolok ukur bagi keberhasilan seorang mahasiswa dalam perkuliahan.

Kamu mungkin sudah berusaha tetapi sampai saat ini belum pernah mendapat IP yang lumayan bagus. Nah, apakah kamu sudah mengetahui dan menguasai beberapa tips untuk mendapat IP tinggi ini? Apa sajakah tips mendapatkan ip tinggi dalam perkuliahan? Simak ulasan berikut ini :

5 Tips Mendapatkan IP Tinggi Dalam Perkuliahan

1. Rajin Mengikuti Perkuliahan

Wah ini sih harus ya, kan sebagai seorang mahasiswa memang sudah seharusnya tugas kamu untuk kuliah dengan rajin. Jadi setiap ada kuliah usahakan kamu hadir ya! Bayangkan saja, jika kamu tidak hadir karena malas. Apa yang akan kamu dapat? Tidak ada. Tetapi coba saja meskipun kamu malas tetapi tetap datang pasti 1 kalimat atau ilmu pasti ada yang kamu dapat dari perkuliahan.

Untuk itu, meskipun ada kegiatan lain di luar seperti organisasi, atau yang lain atau bahkan sedang malas. Yang namanya kuliah tetap menjadi prioritas.

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Memilih Jurusan Kuliah, Camaba Baca Ini!

2. Selalu Mengerjakan Tugas

Kuliah identik dengan tugas. Usahakan semua tugas yang ada, baik dari dosen atau praktikum semua kamu kerjakan dan kumpulkan tepat waktu. Jadi meskipun misalnya tugasnya sangat susah atau sangat banyak dengan waktu yang terbatas, sebisa mungkin kamu kerjakan saja.

Walaupun tidak maksimal tetapi jika kamu mengumpulkan tugas, setidaknya nama kamu telah dicatat mempunyai nilai tugas. Biasanya, nilai tugas itu berpengaruh 15% – 25% terhadap nilai akhir semester. Maka sebagai mahasiswa apalagi mahasiswa baru, janganlah terlalu bersantai.

3. Mengikuti Semua Ujian

Seperti kita tahu, biasanya dalam perkuliahan itu umumnya ada namanya kuis, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Dari ke-3 ujian ini kamu harus mengikuti semua ini jika ingin mendapat IPK tinggi dan tidak gagal dalam mata kuliah tersebut.

Kuis biasanya dibuat secara mendadak, meskipun sebagian dosen membuat kuis sudah terjadwal. Sehingga kamu perlu untuk mempersiapkan diri selalu jika masuk mata kuliah tersebut. Untuk UTS dan UAS jangan sampai kamu tidak ikut, karena bisa – bisa kamu gagal dalam mata kuliah tersebut. Bagi sebagian perguruan tinggi ada peraturan bahwa tidak ada ujian susulan.

4. Aktif di Kelas

Aktif di kelas, yaps jika kamu melaksanakan tips ini, maka akan menjadi sebuah nilai plus buat kamu. Karena dengan aktif menjelaskan, memberikan pertanyaan dan pernyataan, menjawab soal menandakan kamu memang orang yang tertarik dan mendengarkan topik mata kuliah tersebut.

Baca juga: Apa Itu SKS, KRS, KST, KHS, dan IPK dalam Perkuliahan

5. Berikan pertanyaan di pertemuan pertama

Biasanya saat pertemuan pertama kuliah beberapa dosen berusaha untuk mengenali mahasiswanya, jadi kesempatan bagus buat kamu untuk mengajukan pertanyaan tentang materi kuliah serta memperkenalkan diri kamu. Maka dosen akan mengenal kamu untuk pertemuan – pertemuan selanjutnya.

Jadi jika dosen sudah mengenal kamu hanya perlu meyakinkan kepada beliau bahwakamu pantas mendapat nilai bagus dengan tips no. 4 tadi yaitu aktif di kelas.

Tapi, kan sekarang kuliahnya online adakah tips untuk meningkatkan IP saat kuliah daring? jawbanya ada. Dikutip dari instagram Ditjen Dikti Kemendikbud, Minggu (15/11/2020), ada lima cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk memperoleh nilai IPK tinggi ketika mekanisme pembelajarannya dilakukan di rumah.

5 Tips Tingkatkan IPK Saat Kuliah Online

1. Siapkan Perangkat, Aplikasi, dan Jaringan

Hal yang pertama bisa kamu dilakukan adalah menyiapkan alat untuk mendukung proses belajar di rumah, seperti laptop, telepon genggam (handphone) dan jaringan internet. Selain itu, siapkan juga aplikasi pendukung belajar, seperti Zoom Meeting, Google Meet, Google Teams, SEVIMA EdLink atau aplikasi e-learning yang sedang digunakan perguruan tinggi.

Baca juga: Mau Kuliah Tanpa Membebani Orang Tua? Ini Caranya

2. Aktif di Kelas

Walaupun perkuliahan dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau online, mahasiswa tetap harus fokus pada setiap materi yang diberikan dosen. Mahasiswa juga harus aktif dalam menyiapkan argumennya setiap proses pembelajaran.

Dengan fokus dan proaktif di kelas, maka mahasiswa bisa mudah memahami materi dan biasanya menjadi perhatian dosen. Serta akan mendapat nilai plus di mata dosen.

3. Rajin Membaca Buku dan Jurnal

Membaca sudah menjadi kewajiban semua pelajar. Dengan sering membaca buku dan jurnal, mahasiswa akan memiliki banyak ilmu pengetahuan. Lalu, bisa menjadi banyak landasan dalam menulis maupun berargumentasi saat kuliah online.

4. Jangan Menunda Tugas

Ketika mahasiswa menunda pekerjaan, artinya tidak bisa menggunakan waktu secara maksimal. Pastinya, hasil yang dikerjakan juga tidak akan maksimal. Itu karena konsentrasi terbagi dengan tugas-tugas lain yang berdatangan dari dosen yang lain.

Sebaiknya tugas yang baru diberikan langsung bisa dikerjakan. Bila tugas sudah selesai sebelum waktu yang telah ditentukan, maka banyak waktu luang untuk melakukan hal lainnya.

5. Jangan Titip Absen

Kebiasaan titip absen harus ditinggalkan, bila ingin memperoleh nilai IPK yang baik. Para dosen sangat konsen pada jumlah kehadiran mahasiswa. Apalagi kuliah online ini kehadiran sulit untuk dilacak.

Masalah absen juga harus dipikirkan, agar penilaian dosen terhadap mahasiswanya di posisi yang baik. Bila mahasiswa tidak pernah menitip absen, maka orang itu bisa menghargai waktunya di setiap kegiatan yang dilakukannya setiap hari.

Baca juga: Mengenal UKT Uang Kuliah Tunggal di Perguruan Tinggi Negeri Lengkap

Itulah beberapa tips untuk mendapat IPK tinggi. Semoga Anda dapat mengaplikasikannya dalam perkuliahan. Tetapi 1 hal yang harus perlu kita ketahui bahwa IPK tinggi tidak menjamin masa depan kita, tidak menjamin kita mudah mendapat pekerjaan dan jabatan tinggi, tetapi yang menjamin adalah ilmu pengetahuan yang kita miliki.

Oh iya, mungkin ada teman kamu yang ingin tahu tips ini, jangan lupa untuk dishare ya! Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda