1. Home
  2. /
  3. Info Pendaftaran
  4. /
  5. 6 Kunci Sukses Persiapan Seleksi Perguruan Tinggi Negeri...
Dunia Mahasiswa | Info Kuliah | Info Pendaftaran

6 Kunci Sukses Persiapan Seleksi Perguruan Tinggi Negeri 2021

494   |   Posted by Seprila Mayang   |   21 December 2020

Hi Sobat Maukuliah! Sudah pada tau belum nih kalau jadwal seleksi masuk PTN 2021 sudah release? Gak kerasa ya, ternyata proses seleksinya semakin dekat. Biar persiapannya makin oke, better siapkan seluruh jiwa dan ragamu untuk seleksi ini. 

Seperti yang kita tau, terdapat tiga jenis proses seleksi masuk di PTN tahun 2021 ini, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. Nah dalam seleksi SBMPTN dan seleksi Mandiri, biasanya penilaian yang akan digunakan adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Jadi nilai tersebut bisa digunakan untuk proses seleksi jalur SBMPTN dan Mandiri gitu guys

Btw, kamu sadar gak sih? Masuk PTN itu penuh strategi khusus lho biar kamu bisa lolos. Dalam Webinar LMPTN,Prof. Jamal Wiwoho (Ketua Majelis Rektor PTNI) mengatakan bahwa peluang masuk PTN sangatlah ketat. Setiap calon mahasiswa akan bersaing dengan peluang diterima sebesar 19,74% untuk jalur SNMPTN, 23,87% untuk jalur SBMPTN, dan 6,13% untuk jalur mandiri (pada jalur mandiri UNS, misalnya).

Makanya, kamu harus punya strategi khusus tuh biar lolos masuk PTN. Nah, kira-kira apa saja sih yang harus kita siapkan untuk persiapan seleksi PTN?

Berikut adalah 6 kunci sukses persiapan seleksi PTN.

1. Mantapkan niat

Masuk ke sebuah perguruan tinggi dan milih jurusan kuliah itu gak bisa main-main guys. Kamu harus serius dalam menjalankannya. Fase ini ibarat pintu gerbang masa depanmu. Jika kamu bersungguh-sungguh, pasti kamu akan membawa hasil yang maksimal. Makanya, yuk mantapkan niat!

Baca juga: Siap Lulus SBMPTN 2021, Berikut Jadwal dan Biaya Pendaftarannya 

2. Pilih jurusan sesuai minat dan kemampuan diri

Gak cuma pilih kampus aja, jurusan adalah salah satu hal yang paling krusial. Ketika memilih sebuah jurusan kamu wajib mengukurnya dengan kemampuan dan minat yang kamu miliki. 

Jangan sampai kamu tiba-tiba gak kuat dan mengundurkan diri ketika sudah menjalankan perkuliahaan tersebut. Terlebih buat kamu yang masuk di jalur SNMPTN nih, jurusan yang kamu pilih wajib sesuai dengan minat dan kemampuan ya. Kalau gak sesuai kan sayang guys, masih banyak teman-temanmu di luar sana yang ingin masuk jurusan itu. So, hati-hati dalam memilih ya!

Baca juga: 20 Jurusan Kuliah yang Punya Prospek Kerja Bagus dan Menjanjikan

3. Siapkan diri di setiap jalur seleksi yang diikuti

Yaps, mempersiapkan diri ketika masuk PTN memang gak ada salahnya. Setiap jalur seleksi tentunya punya kriteria dan syarat masing-masing. Seperti jalur SNMPTN misalnya, kamu wajib untuk menyiapkan berkas-berkas yang diminta. Misalnya, nilai rapor semester 1-5, sertifikat atau piagam yang kamu miliki, dan berkas portofolio jika ada. 

Lain halnya dengan SBMPTN dan Mandiri, kamu bisa mempersiapkannya dengan belajar materi yang akan diujikan dalam UTBK. 

4. Pahami setiap jalur masuk

Setiap jalur masuk PTN tentunya punya kriteria yang berbeda. Sebagai calon mahasiswa yang baik, gak ada salahnya kan untuk kamu memperhatikan jalur seleksinya. 

Berhubung jadwal udah keluar nih, kamu harus mengetahui lebih detail mengenai jalur-jalur masuk PTN ini, mulai dari jadwal pelaksanaan, kriteria yang diminta, hingga model seleksi yang diadakan. 

5. Perbanyak latihan soal

Sembari menunggu waktu proses seleksi SNMPTN dan SBMPTN, alangkah baiknya kalau kamu kerjakan latihan soal UTBK. Gak ada salahnya kan mempersiapkan diri biar performa saat ujian makin oke. 

Dengan memperbanyak latihan soal, kamu akan semakin siap saat pelaksanaan ujian nanti. Semisal kamu tidak lolos seleksi SNMPTN, kamu sudah punya bekal yang cukup untuk mengikuti UTBK-SBMPTN.

Baca juga: Anti Galau! 7 Hal Ini Bisa Jadi Alternatif Jika Kamu Tidak Lulus SBMPTN

6. Perbanyak doa dan tawakal

Setelah melakukan keempat tips di atas, hal terakhir yang harus kamu siapkan adalah memperbanyak doa dan tawakal. Doa dan tawakal sangat dibutuhkan agar kamu bisa meraih mimpi-mimpi yang sudah kamu inginkan. Yuk diperbanyak berdoanya guys!

Keenam cara tersebut bisa kamu lakukan sepanjang perjalananmu untuk lolos masuk PTN tahun 2021. Biar lebih semangat dan tau jurusan dan PTN yang kamu inginkan, langsung aja yuk cek di laman maukuliah.id. Habis ngepoin informasi detail tersebut, pastinya kamu bakalan menemukan jalan terang saat pendaftaran nanti. Good Luck Sobat! Semoga mimpimu masuk PTN 2021 bisa berjalan dengan lancar. 

Tags tidak ada

Komentar Anda