1. Home
  2. /
  3. Info Sekolah
  4. /
  5. 6 Kampus Ini Lulusannya Cepat Dapat Kerja
Info Kampus | Info Sekolah

6 Kampus Ini Lulusannya Cepat Dapat Kerja

24   |   Posted by Fadhol   |   22 July 2021

Sobat Maukuliah ingin tahu kampus yang lulusannya cepat dapat kerja? QS World University Rankings (WUR) merupakan pemeringkatan tingkat perguruan tinggi yang diadakan setiap tahunnya. Adanya pemeringkatan ini diharapkan mampu memberikan peluang bagi setiap perguruan tinggi untuk menjadi perguruan tinggi terbaik.

Di dalam pemeringkatan ini biasanya dinilai menjadi beberapa aspek, salah satunya dilihat dari “QS Graduate Employability Rankings”. Dalam kategori ini, penilaian perguruan tinggi dinilai dari seberapa banyak lulusan perguruan tinggi ini yang mampu mencetak lulusan yang siap kerja.

Penilaian “QS Graduate Employability Rankings” sendiri didasarkan menjadi lima hal, antara lain:

  1. Alumni Outcomes Graduate
  2. Employment rate
  3. Partnership with employers
  4. Employer Reputation
  5. Employer-Student Connection

Adanya kriteria tersebut, terdapat 6 perguruan tinggi di Indonesia yang menghasilkan lulusan terbaik, antara lain:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Perguruan tinggi yang kerap disapa ITB ini merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Bandung. Kampus yang satu ini rupanya menjadi salah satu kampus terbaik yang mendapatkan peringkat 301-500 dengan skor yang didapatkan sebesar 15,8-27,5.

Baca juga: 20 Universitas Terbaik Indonesia Versi Scimago (SIR) 2021

2. Binus University

Binus University menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang menghasilkan lulusan siap kerja. Kampus ini berhasil menduduki peringkat 301-500 dengan total skor 15,8-27,5.

3. Universitas Diponegoro (Undip)

Sama seperti ITB, Universitas Diponegoro juga menjadi salah satu perguruan tinggi yang juga berhasil menduduki peringkat 301-500. Tak heran, banyak sekali lulusan dari kampus ini sukses menciptakan lulusan terbaiknya dengan skor 15,8-27,5.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Perguruan tinggi yang terletak di Kota Surabaya ini juga menjadi salah satu perguruan tinggi yang berhasil menghantarkan mahasiswanya menuju gerbang karir terbaiknya. Kampus ITS berhasil menduduki peringkat 200+ dengan skor 15,8-27,5.

5. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Tak mau kalah dengan yang lain, ternyata kampus terbaik yang terletak di Kota Yogyakarta ini juga menjadi salah satu kampus yang mampu mencetak lulusan siap kerja terbaik di Indonesia. Berhasil menduduki peringkat 301-500, kampus ini berhasil mendapatkan skor 15,8-27,5.

6. Universitas Indonesia (UI)

Selanjutnya, Universitas Indonesia juga menjadi salah satu kampus yang mampu melahirkan lulusan terbaik yang siap kerja. Kampus yang terletak di Kota Depok dan Jakarta ini mendapatkan peringkat 301-500 dengan skor 15,8-27,5.

Baca juga: 10 Universitas Islam Negeri (UIN) Terbaik di Indonesia versi Webometrics

Keenam kampus tersebut merupakan kampus terbaik yang ada di Indonesia. Selain memiliki kualitas pendidikan yang baik, kampus ini ternyata juga mampu melahirkan sumber daya manusia yang unggul yang siap bersaing di dunia kerja.

Nah, gimana nih? Apakah kamu sudah menentukan kampus terbaik yang akan kamu masuki? Keenam kampus tersebut bisa kamu jadikan pilihan lho.

Kalau kamu ingin mendapatkan informasi lebih detail seputar masuk ke perguruan tinggi, platform Maukuliah.id bisa menjadi salah satu solusi terbaik yang pernah ada.

Tags tidak ada

Komentar Anda