1. Home
  2. /
  3. Info Pendaftaran
  4. /
  5. Anti Galau! 7 Hal Ini Bisa Jadi Alternatif...
Info Pendaftaran

Anti Galau! 7 Hal Ini Bisa Jadi Alternatif Jika Kamu Tidak Lulus SBMPTN

1574   |   Posted by Fadhol   |   14 August 2020

Hallo bagaimana kabarmu pejuang SBMPTN? Semoga baik ya! Tidak sedikit peserta SBMPTN harus menelan pahitnya pil kekecewaan karena tidak lolos seleksi. Apakah ini akhir dari perjuanganmu? Tentu saja bukan. Oleh karena itu kamu harus membuang rasa kecewa dan kesedihan tersbut jauh-jauh. Hush

Tidak lulus SBMPTN bukan berarti akhir dari segalanya dan kamu tidak sukses dalam kehidupan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk tetap melanjutkan pendidikan dan mendapatkan pekerjaan yang layak di masa depan. Ada banyak alternatif lain yang harus kamu coba.

Pastikan keputusan itu dipilih dengan matang setelah berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman seperti orang tua, guru dan senior yang sudah berkuliah atau bekerja.

Baca juga : Cara Cek Hasil SBMPTN 2021, Ini 30 Link Pengumumannya

Berikut beberapa pilihan yang dapat dilakukan jika tidak lulus SBMPTN

1. Mengikuti Ujian Mandiri

Kalau kamu kukuh ingin berkuliah di PTN favoritmu, pilihan lain untuk dapat berkuliah di PTN adalah dengan mengikuti ujian mandiri yang diadakan oleh PTN tersebut. Informasi mengenai ujian mandiri ini bisa didapatkan di maukuliah.id, coba cek di profil kampus favoritmu atau bisa langsung di web universitas terkait.

Namun, perlu dicatat, beberapa PTN yang membuka ujian mandiri biasanya menarik biaya yang lebih mahal mulai dari uang pangkal hingga uang semester. Pahami terlebih dahulu soal biaya kuliah dengan kesanggupan yang dimiliki.

2. Mendaftar di Universitas Swasta

Saat ini kuliah di PTN bukan segalanya, kamu bisa mempertimbangkan juga perguruan tinggi swasta. Banyak perguruan swasta yang memiliki kualitas yang baik dan dapat bersaing dengan PTN atau bahkan mengunggulinya.

Kalau kamu mau lanjut ke PTS yang perlu kamu lakukan adalah pengecekan akreditasi perguruan tinggi, fakultas dan jurusan, serta biaya yang dikeluarkan. Tak semua perguruan tinggi swasta juga menerapkan biaya yang mahal. Di maukuliah.id kamu bisa menemukan info lengkap beberapa perguruan tinggi beserta dengan Akreditasi, pendaftaran bahkan beasiswa jika ada.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2020

3. Mendaftar di Sekolah Vokasi & Politeknik

Yang bisa kamu pertimbangkan selain ikut seleksi mandiri di PTN, pendidikan lain seperti vokasi dan politeknik ataupun akademi juga dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Untuk pendidikan vokasi umumnya menyediakan tingkat pendidikan D3 dan politeknik dan akademi menyediakan D1 hingga D4.

Sistem pendidikan biasanya ini lebih mengedepankan kerja praktik ketimbang teori yang banyak disajikan pada ilmu S1. Beberapa pendidikan vokasi dan politeknik juga menyediakan sistem kedinasan atau ikatan kerja dengan beberapa perusahaan ternama.

4. Mengikuti Kursus Bahasa

Untuk kamu yang masih bersih kukuh harus mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri dengan pilihan prodi yang kamu pilih dan kamu lebih siap untuk mengikuti SBMPTN di tahun depan, itu berarti kamu harus siap menganggur selama setahun lamanya.

Namun, agar kamu tidak menganggur tulen selama setahun tersebut mungkin kamu bisa mengikuti kursus bahasa yang ada di kotamu. Nantinya dengan mengikuti kursus ini, kamu akan lebih siap dan matang dalam mengikuti SBMPTN tahun selanjutnya. Apalagi kamu sudah memiliki pengalaman dengan soal-soal di tahun sebelumnya. Oh ya, kamu juga bisa mendapat beasiswa ke luar negeri karena modal bahasa asing yang kamu punya. Lebih keren lagi bukan?

5. Bekerja Freelance

Nah bagi kamu yang menjadikan SBMPTN sebagai tahap akhir karena mungkin keterbatasan finansial dan sebagainya, tidak masalah. Dengan hobi, skill, serta minat, kalian pun bisa bekerja secara freelance untuk menghasilkan pundi-pundi yang bisa kalian jadikan modal biaya kuliah di tahun selanjutnya.

Baca juga: Cara Cek Akreditasi Kampus dan Prodi di Ban-PT Lengkap

6. Menjadi Entrepreneur

Bosan cuma belajar mempersiapkan SBMPTN? Kamu bisa kok sekalian usaha atau jualan, hitung-hitung nabung buat keperluan kuliah nanti. Dengan usaha, kamu juga dapat mengeksplorasi hal-hal yang belum banyak kamu ketahui sekaligus menambah pengalamanmu.

Tapi jangan karena kamu keasyikan jualan, kamu lupa belajar untuk mempersiapkan SBMPTN, tetap fokus pada tujuan awalmu ya!

7. Mengikuti SBMPTN Tahun Depan

Dan hal terakhir yang bisa kamu lakukan ketika gagal dalam SBMPTN tahun ini adalah mengikuti SBMPTN di tahun selanjutnya. Pilihan ini dapat diambil oleh kalian yang tetap ngotot ingin mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) dengan pilihan jurusan yang sama pula dengan tahun dimana kamu gagal.

Dengan memilih mengikuti SBMPTN tahun selanjutnya, itu berarti kamu harus belajar lebih giat lagi serta mempersiapkan mental dan fisik secara baik, karena lawanmu di tahun depan adalah mereka yang masih fresh otaknya. Karena kamu sudah memiliki pengalaman mengikuti SBMPTN, kamu tentunya lebih siap lagi bukan dibandingkan tahun dimana kamu gagal?

Kegagalan di SBMPTN tahun ini dapat menjadi pengalaman untuk mengetahui trik dan taktik yang tepat saat ujian seleksi, sekaligus mengasah mental. Nah untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Sumber artikel: 7 Hal Jadi Alternatif Jika Kamu Tidak Lulus SBMPTN

Tags tidak ada

Komentar Anda