1. Home
  2. /
  3. Info Mahasiswa
  4. /
  5. 7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Lolos...
Dunia Mahasiswa | Info Mahasiswa

7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Lolos SNMPTN 2021

133   |   Posted by Seprila Mayang   |   24 March 2021

Pengumuman SNMPTN 2021 sudah diumumkan kemarin Senin (22/03). Buat kamu yang lolos kita ucapin selamat buat kamu. Yay! Ini adalah langkah awal yang harus kamu syukuri. Gak semua bisa diterima kayak kamu lho

Sebagai calon mahasiswa nih kamu kudu nyiapin berbagai hal setelah lolos SNMPTN ini. Apa saja sih yang harus kamu lakuin? Yuk simak.

1. Periksa dan siapkan berkas verifikasi data SNMPTN 

Setelah pengumuman sudah muncul, kamu harus siap-siap berkas untuk proses verifikasi. Jangan sampai kelewatan yang. Siapin dulu data yang diminta untuk diproses. Seperti Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL), kartu SNMPTN, dan KIP-Kuliah bagi yang memilikinya. 

Baca juga: Pengumuman Hasil SNMPTN 2021, Ini Link dan Mirrornya

2. Pantau jadwal daftar ulang SNMPTN

Biasanya setiap PTN punya jadwal masin-masing saat melakukan proses daftar ulang. PTN tersebut memiliki ketentuan masing-masing yang harus diikuti oleh setiap peserta. 

Maka dari itu, kamu harus menyimaknya dengan baik ya. Pantau jadwalnya dari website atau media sosial milik kampus. 

3. Cari tau seputar kurikulum jurusanmu

Gak ada salahnya kan selangkah lebih maju? Nah, buat kamu yang lolos SNMPTN 2021, yuk dicoba untuk mendalami materi yang ada pada jurusan tersebut. 

Ini akan membantu kamu lho. Sehingga kamu bisa mempersiapkan diri untuk belajar di perkuliahan awalmu. Jangan sampai kamu salah langkah ya. 

4. Cari tau peluang karir 

Selain mencari tau kurikulum dari jurusan tersebut, kamu juga harus cari tau tuh informasi seputar peluang karir di jurusan tersebut. Dengan demikian, kamu akan lebih mempersiapkan diri setelah kamu lulus nanti. 

5. Cari peluang beasiswa

Yaps! Cari peluang beasiswa. Yang satu ini wajib kudu kamu lakukan. Mendapatkan beasiswa akan meringankan biaya kehidupanmu selama masuk di perguruan tinggi. Selagi ada kesempatan kenapa tidak? Langsung aja sikaatt! hehe.

6. Cari tau informasi lingkungan dan tempat tinggal dekat PTN

Buat kamu yang akan merantau, cari tau informasi tempat tinggal dan informasi lingkungan adalah wajib. Dengan mencari tahu maka kamu akan dengan mudah membiasakan diri di lingkungan tempat tinggalmu nanti. 

Baca juga: Ini dia Jalur Masuk UI Selain SNMPTN

7. Cari info seputar pendalaman skill

Kuliah itu gak cuma belajar sama nongkrong aja guys. Meski kamu masih masuk di semester awal, tapi wajib hukumnya untuk mencari pendalaman skill yang kiranya cocok buat kamu. 

Skill ini bakal berguna banget lho buat bekal di masa depanmu. Biasanya sih skill ini akan jadi bekal utama dalam mencari pekerjaan.

Memang lega banget rasanya kalau mimpi yang kita dapat bisa tercapai. Terlebih masuk di jurusan idaman dan melalui jalur SNMPTN. Jangan sampai disia-siakan lagi deh pokoknya. 

Setelah masuk di jurusan idamanmu, kamu harus berjuang. Biar kamu tetap survive meskipun banyak kesulitan yang kamu alami. Ingat ya, masih banyak orang di luar sana yang gak seberuntung kamu. Manfaatkan kesempatan ini dengan baik ya.

Nah, buat yang belum beruntung jangan berkecil hati dulu. Masih banyak sekali jalan yang akan mengantarkan kamu ke pintu kesuksesan. Kalau kamu mau belajar dan cari tau jurusan seputar perkuliahan, yuk kunjungi maukuliah.id.

Tags tidak ada

Komentar Anda