1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. 7 Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Studi...
Info Kampus

7 Hal yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Studi ke Luar Negeri

505   |   Posted by Seprila Mayang   |   17 December 2020

Siapa sih yang gak ingin melanjutkan studi ke luar negeri? Memang tidak bisa dipungkiri, melanjutkan studi ke luar negeri sudah menjadi impian siswa di Indonesia. Berbagai manfaat dan dampak positif bakal dirasakan jika kamu melanjutkan studi ke luar negeri. 

Karena itulah peminat siswa yang ingin studi ke luar negeri sangat tinggi. Proses seleksi yang sangat ketat membuat peluang masuknya pun menjadi kecil. Mengetahui case seperti ini, untuk melanjutkan kuliah di luar negeri perlu persiapan yang sangat matang. Makanya, yuk siapin mulai sekarang!

Nah, kira-kira persiapan apa saja sih yang harus kamu lakukan sebelum studi ke luar negeri? Berikut ulasannya. 

1. Pilih jurusan dan kampus yang dituju

Sebelum jauh melangkah mengetahui semua informasi studi di luar negeri, kamu wajib menentukan jurusan dan kampus yang kamu tuju. Dengan mengetahui jurusan dan kampus yang kamu tempuh, maka kamu akan dengan mudah menyiapkan dokumen dan persyaratan yang diminta.

Gak hanya itu aja guys, saat kamu sudah mengetahui jurusan dan kampus yang kamu tuju pasti kamu bisa menyiapkan materi yang diujikan juga.  Pastinya kamu bakal dengan mudah menghadapi tes yang diujikan tersebut. 

2. Siapkan dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan

Kalau sobat maukuliah sudah mengetahui kampus yang dan jurusan yang dituju, sekarang saatnya mengumpulkan dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan. Kebutuhan dokumen ini wajib kamu penuhi ya. Jangan sampai ketinggalan! Jika tidak lengkap bisa jadi kamu akan kesulitan untuk masuk di kampus tersebut.

Beberapa dokumen yang biasa disiapkan adalah Sertifikat IELTS/TOEFL, Curriculum Vitae (CV), Letter of Acceptance (LOA), akta lahir, serta surat rekomendasi jika kamu mendaftar melalui jalur beasiswa. 

3. Buat motivation letter

Setelah dokumen yang kamu siapkan terkumpul, sekarang saatnya kamu membuat motivation letter. Yaps, motivation letter rupanya menjadi salah satu persyaratan terpenting jika mendaftar beasiswa studi di luar negeri. 

Di sini kamu bisa mengulas dengan tuntas atas ketertarikanmu terkait jurusan yang kamu pilih. Tidak hanya itu, skill yang kamu miliki dan berbagai pengalaman bisa kamu torehkan pada motivation letter ini. So, kamu wajib menyiapkan dan meluangkan waktu untuk menulis ini ya!

4. Rencanakan keuangan studi secara matang

Namanya biaya pasti menjadi satu hal yang sangat krusial. Jika kamu ingin studi ke luar negeri tanpa beasiswa, kamu wajib untuk menyiapkan kebutuhan biaya kuliahmu se-detail mungkin. 

Nah, meskipun kamu mendapatkan beasiswa, kamu juga wajib mempersiapkan alokasi biaya kuliah di luar negeri. Kamu juga harus menyiapkan keuangan cadangan selama kamu belum menerima beasiswa tersebut. Jadi kamu harus memikirkannya dengan matang ya!

5. Fokus belajar dan persiapkan diri secara matang

Selain menyiapkan dokumen persyaratan, kamu wajib untuk menyiapkan materi untuk lolos masuk ke kampus yang kamu tuju. Selain fokus terhadap seleksi masuk ke kampus, kamu juga harus menyiapkan soal untuk persiapan TOEFL/IELTS. 

Tidak hanya itu saja sob, kamu harus menyiapkan diri untuk siap bertahan hidup di luar negeri. Jika kamu gak siap, maka akan mempengaruhi proses perkuliahaan selama di sana. 

6. Siapkan Asuransi

Berada jauh dari jangkauan keluarga dan sanak saudara, kamu harus menyiapkan asuransi kesehatan. Perlu kamu tahu guys, biaya pengobatan di luar negeri tidaklah sedikit. Jadi asuransi ini sangat penting bila kamu studi di luar negeri.

Kalau soal mengurus asuransi kamu gak usah khawatir dulu. Biasanya sih asuransi yang akan kamu gunakan akan disarankan dari pihak kampus. 

7. Bangun relasi dengan mahasiswa atau komunitas yang ada di negara tujuan

Membangun relasi memang gak pernah ada salahnya. Terlebih jika kamu membangun relasi dengan mahasiswa dan komunitas di negara tujuan studimu. Kamu bakal mendapatkan informasi yang sangat jelas mengenai apa saja yang akan kamu butuhkan selama studi.

 

Dari ketujuh tips tersebut bisa kamu lakukan jika kamu ingin melanjutkan studi di luar negeri. Dengan menerapkannya dijamin deh goal kamu tercapai, aamiin. Well, good luck guys! 

Oh iya, bagi kamu yang ingin dapat informasi seputar perkuliahan, langsung aja yuk pantengin laman maukuliah.id. Informasi apapun soal perkuliahan bisa kamu temukan di sana. 

Tags tidak ada

Komentar Anda