1. Home
  2. /
  3. Info Jurusan
  4. /
  5. Siapa Sangka, 7 Jurusan Langka ini Ternyata Memiliki...
Featured | Info Jurusan

Siapa Sangka, 7 Jurusan Langka ini Ternyata Memiliki Peluang Karir yang Bagus

1402   |   Posted by M. Fadholi   |   05 February 2020

Bukan suatu hal yang baru, jika setiap siswa yang sudah mulai duduk di bangku akhir SMA menginginkan melanjutkan studinya ke jurusan favorit atau bahkan perguruan tinggi favorit. Biasanya jurusan favorit diserbu oleh ribuan peminat yang menginginkannya. Tak dapat dipungkiri, sainganmu pun sangat banyak untuk merebutkan kursi di jurusan favoritmu itu.

Di Indonesia sendiri, tersedia banyak jurusan yang mana hampir setiap perguruan tinggi memiliki jurusan seperti Akuntansi, Manajemen, Kedokteran, dan Hukum. Tentunya, ketika kamu lulus pun masih memiliki saingan yang cukup banyak untuk mendapatkan pekerjaan impianmu. Pernah gak sih kamu berpikir untuk mencari jurusan yang dinilai langka di Indonesia namun sangat berpeluang besar untuk karirmu. Nah, berikut ini 7 jurusan tersebut.

7 Jurusan Langka yang Memiliki Peluang Karir Bagus

1. Kriminologi

Kriminologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku kriminal dan mengatasi perilaku kriminal tersebut dengan mengumpulkan berbagai macam data. Dalam pembelajaranya, kamu akan dihadapkan dengan berbagai pemahaman mengenai perilaku sosial, nilai kemasyarakatan yang menjurus ke dalam unsur-unsur kriminal.

Gak hanya belajar mengenai criminal, kamu juga akan mempelajari psikologi, hukum dan sosiologi. Namun, di Indonesia sendiri hanya ada 3 perguruan tinggi yang membuka program studi ini, antara lain Universitas Indonesia, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Islam Riau.

2. Oseanografi

Pasti kamu masih asing kan saat mendengar jurusan ini? Nah, diam-diam jurusan yang satu ini prospek karirnya sangat cerah, lho. Mempelajari ilmu tentang keadaan dan fenomena laut, yang kemudian terdapat pengaplikasian ilmu dari berbagai macam bidang seperti keadaan perikanan laut, bencana yang mungkin terjadi di laut, serta rekayasa lingkungan laut.

Jadi bisa dibilang jurusan ini sangat membantu masa depan Indonesia yang lebih baik di dunia kemaritiman.  Karena di Indonesia adalah Negara kelautan, jadi prospek jurusan ini sangatlah dibutuhkan. Sayangnya sampai detik ini ahlinya pun masih dibilang cukup sedikit di Negara kita. Jika kamu ingin mengambil jurusan ini, kamu bisa mengambil jurusan tersebut di Institut Teknologi Bandung dan Universitas Diponegoro.

3. Teknik Nuklir

Mendengar namanya saja pasti sudah bikin semua orang merinding. Namun jangan salah ya, ilmu yang bisa kamu dapat jika masuk di jurusan ini sangat banyak. Gak hanya mendapatkan ilmu, prospek kerjanya pun tidak usah diragukan lagi. Yaps, Teknik Nuklir ini memang dibuka untuk para siswa yang ingin mempelajari fenomena dan reaksi yang akan terjadi dengan tenaga nuklir.

Semakin berkembangnya jaman, tenaga nuklir sangat dibutuhkan oleh setiap lembaga atau indivisu, baik di dunia kesehatan, perindustrian atau bahkan dunia pengetahuan. Di Indonesia, masih ada dua Perguruan Tinggi yang membuka program studi ini yaitu Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Sekolah Tinggi Teknik Nuklir- BATAN.

4. Teknik Biomedik

Sebenarnya, teknik biomedik ini bukan teknik seperti biasanya. Jurusan ini sebenarnya adalah gabungan dari ilmu teknik dan ilmu kedokteran. Lebih tepatnya, mempelajari penggunaan teknologi yang modern sehingga dapat membantu mengembangkan dan mempermudah penelitian berbagai treatment di dunia kedokteran.

Saat memasuki jurusan ini, kamu diharapkan bisa mempelajari ilmu kedokteran yang selalu dibarengi dengan ilmu teknik ini. Gak usah khawatir, pasca menyelesaikan studimu di jurusan ini, tenaga keahlianmu sangatlah dibutuhkan oleh berbagai rumah sakit dan klinik di Indonesia. Nah, jurusan ini tersedia di 4 PTN di Indonesia, antara lain Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Biar Gak Salah Pilih Peminatan Studi

5. Astronomi

Bicara soal astronomi, pasti beberapa dari kamu langsung berpikir akan menjadi astronom. Yang akan kamu pelajari disini akan lebih condong terhadap ilmu-ilmu pengetahuannya seperti ilmu tata surya, fisika bintang, galaksi dan kosmologi. Kamu akan lebih banyak berkecimpung di dunia observasi terhadap benda-benda langit tersebut. Di Indonesia, jurusan ini hanya tersedia di Institut Teknologi Bandung. Nah, ketika kamu sudah lulus dan menjadi astronomer, keahlianmu sangatlah dibutuhkan pada lembaga-lembaga antariksa dan penelitian di Indonesia.

6. Geofisika

Mempelajari ilmu tentang kebumian dan segala aspek fisika yang ada, jurusan ini memiliki potensi yang sangat besar dan cerah untuk masa depanmu, lho. Dalam jurusan ini, kamu tidak hanya belajar tentang ilmu kebumian saja, namun juga akan dihadapkan dengan pemberdayaan sumber daya alam, sumber daya lingkungan, sumber daya energi, dan Mitigasi bencana di bumi ini.

Lulusan dari jurusan ini, sangat dibutuhkan oleh perusahaan swasta dan instansi pemerintah yang bergerak di bidang kebumian ini, terutama sebagai tenaga peneliti. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia sudah memiliki jurusan ini, antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Lampung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Hasanuddin.

7. Aktuaria

Mungkin masih banyak yang belum tahu, jurusan Aktuaria ini bisa dibilang berpeluang yang sangat besar untuk masa depanmu. Sebenarnya poin dari jurusan ini adalah mempelajari tentang ilmu pengelolaan risiko keuangan yang ada di masa depan. Bisa dibilang, ilmu yang ada di dalam jurusan ini merupakan gabungan dari ilmu matematika, keuangan, pemrograman komputer serta statistika.

Di masa depan, jurusan ini sangatlah dibutuhkan oleh berbagai macam perusahaan asuransi dan perusahaan di bidang keuangan lainnya. Sayangnya, di Indonesia masih sedikit sekali yang memiliki keahlian ini. Sehingga bisa dibilang kebutuhannya sangatlah banyak, namun tenaga ahlinya masih kurang.

Kamu yang menginginkan jurusan ini bisa mendaftarkan diri pada perguruan tinggi berikut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Padjadjaran.

7 jurusan yang sangat langka di Indonesia tersebut, setidaknya bisa kamu jadikan gambaran sebagai jurusan masa depanmu. Jika memang menurutmu cocok, coba deh pilih jurusan tersebut. Yang terpenting adalah pastikan dirimu untuk meneliti dan mencari informasi terkait jurusan yang akan kamu masuki. Selalu berdoa, berusaha dan jangan lupa untuk pandai membaca peluang. Sukses buat kamu ya!

Sumber gambar: www.triumph30

Tags tidak ada

Komentar Anda