1. Home
  2. /
  3. Info Mahasiswa
  4. /
  5. 7 Jurusan Vokasi Paling Banyak Diburu di Dunia...
Dunia Mahasiswa | Info Kampus | Info Kuliah | Info Mahasiswa

7 Jurusan Vokasi Paling Banyak Diburu di Dunia Kerja

1241   |   Posted by Seprila Mayang   |   07 December 2020

Hi Sobat Maukuliah! Gimana nih kabarnya? Setelah minggu lalu kita mengupas tuntas kelebihan program vokasi, kira-kira kalian sudah siap belum nih buat tahu kelebihan vokasi lebih jauh? Sudah pada nungguin ya? hehe

Seperti yang kita ketahui, prospek jurusan vokasi memang nggak kalah dengan S1. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tenaga dari jurusan vokasi ini. Nah, hari ini kita bakalan merekomendasikan kamu tentang jurusan vokasi yang paling diburu oleh perusahaan. Apa saja jurusannya? Mari simak ulasan berikut ini!

7 Jurusan Vokasi Paling Banyak Diburu di Dunia Kerja

1. Penyiaran (Broadcasting)

Dunia penyiaran di Indonesia memang tidak pernah ada matinya. Seiring berkembangnya zaman yang semakin modern, dunia penyiaran semakin berkembang pesat. Perkembangan dunia penyiaran tersebut mulai dari media massa elektronik hingga media online. 

Maka dengan berkembangnya dunia penyiaran tersebut akan membuka jalan lebar bagi para lulusan penyiaran. Mahasiswa jurusan penyiaran akan dibekali ilmu mulai dari presenting, vokal dasar, teknik kamera, editing gambar, hingga marketing pada dunia periklanan industri penyiaran. 

Setelah lulus, kemampuan mereka sangat dinanti di dunia periklanan. Maka dari itu, bagi kamu yang ingin berkuliah di jurusan ini bisa berkuliah di Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Dian Nuswantoro, dan Bina Sarana Informatika

Baca juga : 5 Alasan Kenapa Jurusan Vokasi Bagus Untuk Kamu

2. Pariwisata

Memiliki sektor pariwisata yang tak terhingga, membuat wisata di Indonesia semakin lama semakin berkembang. Tenaga ahli jurusan pariwisata sangat dinanti oleh berbagai perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata. 

Di jurusan pariwisata inilah, saatnya kamu bisa memulai mengepakkan sayap untuk mendapatkan masa depan gemilang. Melalui jurusan pariwisata, kamu bisa belajar banyak hal seperti manajemen wisata, manajemen pengolahan makanan dan minuman, sistem informasi pariwisata, dan masih banyak lagi.

Prospek kerjanya pun nggak usah dirisaukan lagi. Kamu bisa menjadi pemandu wisata, barista, agen perjalanan, perencana meeting, dan pengelola restaurant. Wah sangat menyenangkan ya! 

Nah, beberapa kampus menyediakan jurusan ini, antara lain Sekolah tinggi Pariwisata Bandung, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Universitas Airlangga, dan Universitas Pelita Harapan

3. Administrasi Perkantoran

Jurusan yang paling dinanti banyak perusahaan selanjutnya adalah administrasi perkantoran. Perusahaan dan berbagai macam sektor industri pasti membutuhkan tenaga administrasi perkantoran. Saat masuk di jurusan ini, pasti sangat dekat dengan proses pengurusan berkas-berkas hingga keperluan dari kantor. 

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan diajarkan berbagai macam hal tentang manajemen perkantoran, praktek komputer, teknik penulisan laporan, manajemen kearsipan hingga stenografi. Lulusannya pun kan berprofesi sebagai sekretaris perusahaan, administrasi, hingga sekretaris legal. 

Bagi sobat maukuliah yang ingin masuk jurusan ini, kamu bisa berkuliah di Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Andalas, dan Universitas Sumatera Utara

4. Hubungan Masyarakat

Jurusan hubungan masyarakat (humas) pasti sangat lekat dengan kehidupan organisasi dan perusahaan di lingkungan masyarakat Indonesia. Tenaga humas sangat dibutuhkan semua orang di berbagai macam sektor. Mulai dari pemerintahan, swasta, hingga berbagai sektor industri lainnya. 

Jurusan hubungan masyarakat sangat lekat dengan pelajaran ilmu komunikasi, manajemen humas, marketing public relation, teknik MC, protokoler, hingga hubungan media. 

Saat kamu lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi seorang ahli event organizer, biro kehumasan, MC, dan pegawai pemerintahan. Yaps, beberapa kampus ini bisa kamu jadikan alternatif untuk berkuliah, antara lain Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Baca juga: 20 Jurusan Kuliah yang Punya Prospek Kerja Bagus dan Menjanjikan

5. Perpajakan

Nah, ini dia nih jurusan vokasi yang sering laris maris di dunia kerja. Jurusan Perpajakan memang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan di Indonesia. Setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga ahli pajak. 

Saat masuk di jurusan ini, kamu pasti akan mendapatkan materi tata cara perpajakan (KUP), PBB, bea materai, akuntansi pajak, hingga menghitung PPh. Jadi, ketika lulus kamu pasti akan sangat mahir mengenai materi-materi ini. Sehingga kamu pun pasti sudah siap menjadi seorang ahli pajak baik di lingkup pemerintah maupun swasta. 

Kalau ingin mengambil jurusan ini, kamu bisa berkuliah di Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Indonesia, dan Universitas Airlangga

6. Analis Medis

Analis medis merupakan salah satu jurusan vokasi yang sedang banyak digandrungi semua orang. Dalam jurusan ini kamu akan belajar banyak tentang pelayanan pemeriksaan, teknik laboratorium medis, fisiologi, urinalisa dan cairan tubuh hingga penentuan jenis penyakit. 

Dalam keseharian, jurusan Analis Media akan terbiasa dengan seluruh komponen yang ada di dalam Laboratorium Patologi Klinik. Hingga lulus pun tenaga ahli seperti ini masih sangat dibutuhkan di berbagai rumah sakit di Indonesia sebagai laboran dan staf ahli dalam laboratorium. 

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di analis medis, kamu bisa berkuliah di Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, dan Poltekkes di Indonesia.

7. Radiologi

Masih di bidang kesehatan, jurusan radiologi memang sangat dibutuhkan oleh seluruh rumah sakit di Indonesia. Dalam jurusan ini pasti  akan lekat dengan implementasi radiasi gelombang pada tubuh manusia. Tentunya dalam jurusan ini sangat dibutuhkan karena mampu mengetahui kondisi tubuh manusia melalui radiasi sinar-x.

Selama perkuliahan, kamu akan dikenalkan dengan pemahaman fisika radiasi, pemahaman fisiologi, anatomi, hingga kemampuan analis. Maka dari itu, setelah lulus pun tenaga ahli ini sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang radiografer, ahli terapis radiologi, hingga ahli teknologi pengobatan nuklir. 

Jurusan radiologi ini tersedia di berbagai kampus di Indonesia, antara lain Universitas Airlangga, Politeknik Kesehatan Jakarta, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang. 

Wah, ternyata prospek ketujuh jurusan tersebut sangat bagus ya! Jadi gimana nih sobat maukuliah? Masih meragukan program vokasi? Atau masih bingung nentuin jurusan yang mana? 

Kalau kamu masih bingung atau ragu dengan jurusan yang lain, coba deh kunjungi website maukuliah.id. Disini kamu akan menemukan berbagai macam informasi seputar jurusan yang kamu idam-idamkan.

Komentar Anda