1. Home
  2. /
  3. Info Pendaftaran
  4. /
  5. Jika Tidak Lulus SBMPTN 2021 Bagaimana? Ini Alternatifnya
Info Pendaftaran

Jika Tidak Lulus SBMPTN 2021 Bagaimana? Ini Alternatifnya

1220   |   Posted by Fadhol   |   15 January 2021

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) telah meluncurkan sistem penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2021. Calon mahasiswa agar memahami ketentuan penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN 2021. 

Pasalnya, ada sejumlah hal yang membuat calon mahasiswa gagal seleksi masuk PTN pada tahun sebelumnya. Ada beberapa hal yang perlu dicermati oleh calon mahasiswa agar proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN berjalan dengan lancar:

Baca juga : Cara Cek Hasil SBMPTN 2021, Ini 30 Link Pengumumannya

Tips Agar Proses SBMPTN Berjalan Dengan Lancar:

  1. Jangan telat membuat akun LTMPT 
  2. Jangan lalai tanggal kegiatan penting dan ketentuannya 
  3. Pembuatan akun tidak serius 
  4. Tidak tahu daya tampung PTN 
  5. Proses input data ke PDSS oleh pihak sekolah

Walaupun sudah persiapan sedemikian rupa, terkadang ada saja masalah yang membuat tidak masuk dalam SBMPTN ini, lalau bagaimana jika gagal SBMPTN 2021? Apakah yang harus dilakukan adakah alternatifnya?

Memang tidak sedikit peserta SBMPTN harus menelan pahitnya pil kekecewaan karena tidak lolos seleksi. Apakah ini akhir dari perjuanganmu? Tentu saja bukan. Oleh karena itu kamu harus membuang rasa kecewa dan kesedihan tersebut jauh-jauh. Hush

Ingat! tidak lulus SBMPTN bukan berarti akhir dari segalanya dan kamu tidak sukses dalam kehidupan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk tetap melanjutkan pendidikan dan mendapatkan pekerjaan yang layak di masa depan. Ada banyak alternatif lain yang harus kamu coba. Kamu bisa baca ini dulu biar bisa jadi penyemangat Gagal SNMPTN Lalu Bangkit Berjuang Tembus ITS Surabaya

Pastikan keputusan itu dipilih dengan matang setelah berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman seperti orang tua, guru dan senior yang sudah berkuliah atau bekerja.

10 Solusi Alternatif Buat Kamu yang Tidak Lulus SBMPTN/SNMPTN

1. Mengikuti Ujian Mandiri

Kalau kamu kukuh ingin berkuliah di PTN favoritmu, pilihan lain untuk dapat berkuliah di PTN adalah dengan mengikuti ujian mandiri yang diadakan oleh PTN tersebut. Informasi mengenai ujian mandiri ini bisa didapatkan di maukuliah.id, coba cek di profil kampus favoritmu atau bisa langsung di web universitas terkait.

Namun, perlu dicatat, beberapa PTN yang membuka ujian mandiri biasanya menarik biaya yang lebih mahal mulai dari uang pangkal hingga uang semester. Pahami terlebih dahulu soal biaya kuliah dengan kesanggupan yang dimiliki.

Baca juga: Cara Cek Akreditasi Kampus dan Prodi di Ban-PT Lengkap

2. Mendaftar di Universitas Swasta

Saat ini kuliah di PTN bukan segalanya, kamu bisa mempertimbangkan juga perguruan tinggi swasta. Banyak perguruan swasta yang memiliki kualitas yang baik dan dapat bersaing dengan PTN atau bahkan mengunggulinya.

Kalau kamu mau lanjut ke PTS yang perlu kamu lakukan adalah pengecekan akreditasi perguruan tinggi, fakultas dan jurusan, serta biaya yang dikeluarkan. Tak semua perguruan tinggi swasta juga menerapkan biaya yang mahal. Di maukuliah.id kamu bisa menemukan info lengkap beberapa perguruan tinggi beserta dengan Akreditasi, pendaftaran bahkan beasiswa jika ada. Untuk informasi kampus swasta terbaik kamu bisa kepoin disini 10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2020

3. Mendaftar di Sekolah Vokasi & Politeknik

Yang bisa kamu pertimbangkan selain ikut seleksi mandiri di PTN, pendidikan lain seperti vokasi dan politeknik ataupun akademi juga dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Untuk pendidikan vokasi umumnya menyediakan tingkat pendidikan D3 dan politeknik dan akademi menyediakan D1 hingga D4.

Sistem pendidikan biasanya ini lebih mengedepankan kerja praktik ketimbang teori yang banyak disajikan pada ilmu S1. Beberapa pendidikan vokasi dan politeknik juga menyediakan sistem kedinasan atau ikatan kerja dengan beberapa perusahaan ternama.

4. Kuliah ke Luar Negeri

Sempat kepikiran kuliah ke luar negeri? Why Not? Saat ini ada banyak beasiswa yang ditawarkan pada siswa Indonesia yang ingin kuliah ke luar negeri. Dijamin, pengalaman internasional kamu bakal unggul dibanding yang lainnya.

5. Mengikuti Kursus Bahasa

Untuk kamu yang masih bersikukuh harus mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri dengan pilihan prodi yang kamu pilih dan kamu lebih siap untuk mengikuti SBMPTN di tahun depan, itu berarti kamu harus siap menganggur selama setahun lamanya.

Namun, agar kamu tidak menganggur tulen selama setahun tersebut mungkin kamu bisa mengikuti kursus bahasa yang ada di kotamu. Nantinya dengan mengikuti kursus ini, kamu akan lebih siap dan matang dalam mengikuti SBMPTN tahun selanjutnya. Apalagi kamu sudah memiliki pengalaman dengan soal-soal di tahun sebelumnya. Oh ya, kamu juga bisa mendapat beasiswa ke luar negeri karena modal bahasa asing yang kamu punya. Lebih keren lagi bukan?

6. Bekerja Freelance

Nah bagi kamu yang menjadikan SBMPTN sebagai tahap akhir karena mungkin keterbatasan finansial dan sebagainya, tidak masalah. Dengan hobi, skill, serta minat, kalian pun bisa bekerja secara freelance untuk menghasilkan pundi-pundi yang bisa kalian jadikan modal biaya kuliah di tahun selanjutnya.

7. Kerja Sambil Belajar

Kalau kamu bosan cuma belajar mempersiapkan SBMPTN? Kamu juga bisa kok sekalian bekerja, hitung-hitung nabung buat keperluan kuliah nanti. Dengan kerja, kamu juga dapat mengeksplorasi hal-hal yang belum banyak kamu ketahui sekaligus menambah pengalamanmu. Oh iya, tapi jangan karena kamu keasyikan bekerja, kamu lupa belajar untuk mempersiapkan SBMPTN, tetap fokus pada tujuan awalmu ya!

8. Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Meski tak sepopuler SNMPTN dan SBMPTN, jalur PTKIN bisa menjadi pintu masuk di universitas negeri, kalau dirimu ngebet banget kuliah di negeri. Perguruan tinggi keagaaman kualitasnya gak jauh beda sama PTN-PTN yang lain, bahkan sekarang banyak UIN yang sudah menyediakan jurusan-jurusan umum yang memeliki akreditasi bagus. Untuk referensi, kamu bisa baca 10 Rekomendasi Perguruan Tinggi Islam Swasta Terbaik

9. Menjadi Entrepreneur

Bosan cuma belajar mempersiapkan SBMPTN? Kamu bisa kok sekalian usaha atau jualan, hitung-hitung nabung buat keperluan kuliah nanti. Dengan usaha, kamu juga dapat mengeksplorasi hal-hal yang belum banyak kamu ketahui sekaligus menambah pengalamanmu.

Tapi jangan karena kamu keasyikan jualan, kamu lupa belajar untuk mempersiapkan SBMPTN, tetap fokus pada tujuan awalmu ya!

10. Mengikuti SBMPTN Tahun Depan

Dan hal terakhir yang bisa kamu lakukan ketika gagal dalam SBMPTN tahun ini adalah mengikuti SBMPTN di tahun selanjutnya. Pilihan ini dapat diambil oleh kalian yang tetap ngotot ingin mengenyam pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) dengan pilihan jurusan yang sama pula dengan tahun dimana kamu gagal.

Dengan memilih mengikuti SBMPTN tahun selanjutnya, itu berarti kamu harus belajar lebih giat lagi serta mempersiapkan mental dan fisik secara baik, karena lawanmu di tahun depan adalah mereka yang masih fresh otaknya. Karena kamu sudah memiliki pengalaman mengikuti SBMPTN, kamu tentunya lebih siap lagi bukan dibandingkan tahun dimana kamu gagal?

Kegagalan di SBMPTN tahun ini dapat menjadi pengalaman untuk mengetahui trik dan taktik yang tepat saat ujian seleksi, sekaligus mengasah mental. Nah untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Sumber artikel: Alternatif Ketika Gagal SBMPTN 2021

Komentar Anda