1. Home
  2. /
  3. Tips & Trik
  4. /
  5. Bakal Jadi Anak Rantau, Ini 5 Tips Biar...
Featured | Tips & Trik

Bakal Jadi Anak Rantau, Ini 5 Tips Biar Gak Parno yang Bisa Kamu Siapkan

817   |   Posted by M. Fadholi   |   10 February 2020

Memasuki dunia perkuliahan pasti membuat setiap anak yang baru lulus dari SMA perlu menyesuaikan diri. Terlebih bagi para siswa yang akan menempuh perkuliahan di kota yang lokasinya jauh dari rumah. Semua yang akan kamu lakukan pasti jauh dari jangkauan orangtua dan dilakukan seorang diri. Hal tersebut pasti butuh persiapan yang matang agar mampu survive di kota perantauan.

Mungkin banyak dari kamu yang merasa parno atau berpikiran negatif saat menjalankannya. Eits, jangan berpikiran negatif dulu ya! Masih banyak hal yang bisa kamu lakukan biar kamu tambah mantap untuk merantau. Apa saja sih tips untuk merantau? yuk lihat ulasan berikut!

1. Persiapkan mental

Ketika sudah memutuskan untuk menjadi anak rantau, mempersiapkan mental adalah suatu kewajiban. Banyak hal yang harus kamu pelajari di dalam lingkungan baru. Pasti butuh penyesuaian dan sosialisasi yang cukup untuk mempersiapkan diri kita dengan tempat baru. Jika kamu gak siap menghadapi lingkungan baru tersebut, bisa jadi kamu akan mengalami culture shock yang akan berimbas pada semua kegiatanmu.

2. Pantang menyerah

Menjadi anak rantau pasti akan dihadapkan dengan banyak hal yang akan kamu lalui. Mulai dari permasalahan pribadi sampai keadaan lingkungan yang kurang mendukungmu. Belum lagi banyak hal yang harus kamu lakukan sendiri, seperti melakukan pekerjaan rumah sendiri, mempersiapkan semua kebutuhanmu sendiri dan menyelesaikan segala permasalahan lainnya.

Maka dari itu, sikap pantang menyerah harus kamu tanamkan pada dirimu. Jika kamu menerapkannya saat kamu merantau, dijamin kamu akan survive deh!

Baca juga: 5 Cara Jitu Biar Kamu Gak Boros Saat Masa Kuliah

3. Mampu mengendalikan diri

Jauh dari orangtua bukan berarti kamu bebas melakukan semua hal yang kamu sukai. Kamu harus bisa mengendalikan dirimu agar gak terlena dengan kehidupan baru di tempat rantau. Biasakan dirimu untuk tidak melakukan hal-hal di luar batasan, seperti berbelanja seenaknya, gak menjaga diri sendiri, dan terpengaruh hal negatif lainnya. Selalu ingat tujuan awalmu merantau ya!

4. Jaga komunikasi dengan orangtua

Meski jauh dari orangtua, namun kamu wajib jaga komunikasi ya. Gak ada alasan untuk tidak membangun komunikasi dengan baik dengan orangtua kamu. Terlebih di era saat ini sudah tersedia alat komunikasi yang sangat canggih. Sehingga dapat memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan orangtua.

Jadi kamu bisa memanfaatkan keberadaan teknologi ini dengan tetap mengirimkan pesan atau kabar kepada orangtuamu. Jangan sampai lupa ya!

5. Membangun relasi pertemanan

Karena hidup sendiri dan jauh dari orangtua, kamu harus pandai untuk membangun relasi dengan lingkungan barumu. Kita gak ada yang tahu jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan pada dirimu. Nah, jika kamu membangun relasi pertemanan dengan baik, kamu bisa saling membantu dengan temanmu.

Gak hanya itu, membangun relasi pertemanan juga bisa kamu terapkan untuk belajar bersama, lho. Banyak banget kan manfaat yang kamu dapat kalau kamu bisa membangun relasi pertemanan dengan baik.

Ternyata merantau gak menakutkan seperti yang dibayangkan kan? Kalau kamu siap, pasti semua akan membawa dampak positif buat kamu. Selamat mencoba dan good luck!

Tags tidak ada

Komentar Anda