1. Home
  2. /
  3. SBMPTN
  4. /
  5. Cara Memilih Pusat UTBK Saat pendaftaran UTBK-SBMPTN
Info Pendaftaran | Pengumuman | SBMPTN

Cara Memilih Pusat UTBK Saat pendaftaran UTBK-SBMPTN

112   |   Posted by M. Fadholi   |   01 April 2021

Hallo sobat calon mahasiswa, kamu tahu gak selain memilih universitas dan jurusan yang diminati, peserta UTBK-SBMPTN 2021 juga harus memilih pusat UTBK. Dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, LTMPT mewajibkan siswa untuk memilih pusat UTBK yang paling dekat dengan domisili masing-masing.

Hal ini dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama UTBK berlangsung. Resiko menjadi tanggung jawab pribadi jika terjadi kesalahan pemilihan dan membuat peserta tidak diperbolehkan mengikuti UTBK-SBMPTN 2021.

LTMPT memberikan informasi tentang tata cara pemilihan pusat UTBK 2021 melalui unggahan di Instagram-nya (24/3). Berikut ini ketentuan serta cara memilih pusat UTBK untuk peserta jalur UTBK-SBMPTN 2021.

Baca juga : Ini dia Alternatif Jalur Masuk PTN selain SNMPTN

Cara memilih pusat UTBK 2021

Seperti yang dilansir dari Instagram LTMPT, siswa diwajibkan memilih pusat UTBK yang paling dekat dengan domisili masing-masing. Pemilihan pusat UTBK yang terdekat diwajibkan guna menghindari mobilisasi antar kota atau provinsi.

Tahapan memilih pusat UTBK 2021 yang benar, merangkum dari Instagram LTMPT, seperti di bawah ini:

1. Peserta akan mendapat tampilan halaman dengan kotak berisikan bahwa peserta “Harus” memilih pusat UTBK yang paling dekat dengan domisili peserta saat ini.
2. Tekan tombol “Ya, saya mengerti” agar peserta bisa memilih pusat UTBK.
3. Setelahnya, akan tersedia data berupa Nama, Tempat & Tanggal Lahir, NISN, NPSN, Sekolah, Nomor KIP Kuliah, Status Kebutuhan Khusus, dan Kelompok Ujian.
4. Pada bagian bawah halaman Memilih Pusat UTBK, Anda dapat memilih Pusat UTBK melalui daftar drop-down yang tersedia.
5. Apabila pilihan lokasi Pusat UTBK Anda sudah sesuai dan benar, maka tekan tombol Simpan dan Lanjutkan.

Baca juga : 5 Cara Sukses Menghadapi UTBK 2021

LTMPT menyediakan 74 pusat UTBK dan 51 pusat UTBK tuna netra yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Daftar pusat UTBK tahun 2021 bisa Anda lihat di laman https://ltmpt.ac.id/.

Setelah tahap memilih pusat UTBK, peserta bisa melalukan konfirmasi akhir pengisian biodata. Perhatikan dengan cermat seluruh data diri yang tertera di halaman “Detail Pendaftaran UTBK”.

Jika sudah sesuai, Anda bisa memilih tombol “Konfirmasi dan Lanjutkan”. Anda akan mendapatkan pop-up konfirmasi akhir untuk memastikan bahwa data yang telah diisikan sudah benar.

Data yang telah disimpan permanen tidak dapat diubah lagi untuk alasan apapun.

Jadwal UTBK-SBMPTN 2021

1. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN: 15 Maret – 1 April 2021.
2. Pelaksanaan UTBK: Gelombang 1 pada 12-18 April 2021 & Gelombang 2 pada 26 April – 2 Mei 2021.
3. Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN: 14 Juni 2021 pada pukul 15.00 WIB.

Itulah cara memilih pusat UTBK saat pendaftaran UTBK-SBMPTN. Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Tags tidak ada

Komentar Anda