1. Home
  2. /
  3. Info Kampus
  4. /
  5. Cara Mempromosikan Kampus Swasta dan Negeri untuk Menarik...
Info Kampus

Cara Mempromosikan Kampus Swasta dan Negeri untuk Menarik Minat Mahasiswa Baru

2375   |   Posted by Fadhol   |   03 December 2020

Jumlah perguruan tinggi yang banyak, menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat dalam mendapatkan calon mahasiswa, berbagai potensi dan keunggulan yang dimiliki perguruan tinggi akan dikerahkan semaksimal mungkin, untuk menghadapi persaingan tersebut, jadi sangat penting bagi perguruan tinggi melakukan branding untuk mengenalkan kampus mereka.

Hampir sebagian besar lulusan SMA / SMK sederajat selalu memilih untuk melanjutkan perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan lulusan SMA / SMK sangat sulit mendapatkan pekerjaan yang layak, tidak hanya itu persyaratan yang selalu diajukan oleh pihak instansi rata rata mendominasikan seseorang yang lulusan sarjana daripada SMA / SMK. Alasan tersebut karena lulusan sarjana lebih memiliki passion, mandiri, bertanggung jawab, memiliki wawasan luas dan lain lain.

Untuk itu, kesempatan seperti inilah yang perlu dimanfaatkan bagi para tim marketing kampus agar lebih dapat menarik daya minat calon mahasiswa-nya. Berikut ini cara mempromosikan kampus yang dapat Anda gunakan:

Cara Mempromosikan Kampus PTS Dan PTN untuk Menarik Mahasiswa Baru

1. Promosi

Kegiatan promosi merupakan komponen prioritas dari kegiatan branding dan pemasaran. Dengan adanya promosi maka konsumen (calon mahasiswa) akan mengetahui bahwa kampus mempunyai banyak program yang bagus untuk para calon mahasiswa baru.

Kegiatan promosi banyak yang mengatakan identik dengan dana yang dimiliki oleh instansi. Semakin besar dana yang dimiliki oleh suatu instansi pendidikan maka umumnya akan menghasilkan tingkatan promosi yang juga sangat gencar untuk dapat dilakukan. Namun dana bukan diatas segala-galanya. Dana yang terbatas dapat diatasi dengan inovasi yang lebih pintar dan tepat, salah satu solusi yang dapat dilakukan yaitu menonjolkan prestasi kampus atau lain sebagainya.

Kegiatan promosi sangat erat kaitannya dengan penyebaran informasi untuk disampaikan ke calon mahasiswa baru. Dalam penyampaian strategi informasi ini ada beberapa cara yaitu seperti membuat brosur kampus, serta memanfaatkan iklan di sosial media dll.

2. Tim Marketing

Kampus juga perlu memiliki tim marketing, tentu dengan tugas pokok untuk memasarkan atau branding kampus. Memang pada saat ini dirasa sangat penting untuk sebuah kampus untuk memiliki Chief Marketing Officer (CMO), karena dengan adanya pusat marketing kampus, pemasaran dan promosi jadi lebih teroganisir dan tertuju pada sasaran yang tepat. Akan tetapi biasanya di sebuah instansi pendidikan bagian ini di handel oleh bagian humas kampus.

Baca juga: Cari Kampus yang Menerapkan Kuliah Online di Maukuliah.id

3. Program Beasiswa

Cara ini sudah tidak asing lagi, karena sebagian besar kampus-kampus pasti menggunakan cara ini untuk melakukan branding kampus. Karena cara ini sangat memberikan dampak postif bagi kampus dan juga sangat bermanfaat bagi para penerima, sehingga dapat menarik minat para calon mahasiswa baru.

4. Akreditasi

Pertama kali yang akan di lihat oleh para calon mahasiswa atau stakeholder tentunya akreditasi, oleh karena itu sangat penting bagi perguruan tinggi negeri maupun swasta melakukan akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT. Dan ini strategi branding yang sangat bagus untuk diterapkan, akreditasi bukan hanya menarik minat calon mahasiswa akan tetapi juga menarik beberapa instansi untuk bekerjasama.

Kenapa kampus yang terakreditasi baik banyak peminatnya, alasanya jelas, bagi calon mahasiswa kampus yang terakreditasi lebih terlihat berkualitas dan tentunya akan mempengaruhi untuk digunakan dalam dunia kerja.

5. Different

Branding yang tidak boleh terlewatkan lagi adalah punya pembeda atau keunikan tersendiri dari kampus-kampus lain, seperti mempunyai jurusan yang jarang ada di kampus lain, akan tetapi membuka banyak peluang kerja. Atau mempunyai slogan yang unik juga termasuk dalam strategi branding ini, banyak kampus yang menerapkan branding ini seperti kampus UPN Veteran Surabaya, mereka membrending kampus mereka dengan ungkapan unik/slogan yaitu “Kampus Bela Negara, tentu ini akan memberi dampak pada emosi para calon pendaftar, ada juga Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dengan semboyan mereka yaitu “Kampus Semangat Pagi”. Dll. Keunikan itu akan melekat di otak para calon mahasiswa dan akan lebih menarik para calon mahasiswa baru.

Baca juga: Tips Memilih Kampus Yang Cocok, Agar Tidak Salah Pilih

6. Lebih Mudah Dicari di Internet

Banyak orang yang mencari sesuatu lewat internet dengan bantuan mesin pencarian, seperti Google, Yahoo, ataupun Amazon. Jadi sudah seharusnya kampus Anda dapat di temukan di beberpa platform pencarian ini.

7. Manfaatkan SEO

Anda dapat memaksimalkan SEO atau Search Engine Optimization yang merupakan cara paling mudah dan murah dalam konteks pemasaran digital. SEO dapat membantu universitas Anda mudah dicari di internet dengan beberapa kata kunci tertentu. Untuk menggunakan strategy ini, Anda perlu membuat sebuah website terlebih dahulu.

Selain itu, SEO juga tentang bagaimana website Anda memiliki konten yang bagus dan informatif tinggi. Kebanyakan orang pasti akan mengunjungi website terlebih dahulu untuk mempelajari universitas Anda sebelum melakukan pendaftaran. Anda perlu memiliki panduan dan informasi serta website yang ramah bagi para calon mahasiswa Anda.

Baca juga: Mahasiswa Baru, Apa Itu KRS dan Bagaimana Cara Mengisinya?

8. Aktif di Seluruh Platform Media Sosial

Ada sebuah riset dari eMarketer bahwa ternyata sektor pendidikan merupakan salah satu industri teratas di dunia yang harus menggunakan media sosial sebagai bagian dari strategi digital marketing.

Alasan lain adalah karena target utama universitas Anda merupakan orang yang berumur 18-24 tahun, maka media sosial merupakan platform pemasaran terbaik bagi universitas Anda: media interaksi langsung dengan para calon mahasiswa. Dengan media sosial pula, calon mahasiswa akan merasa sangat dekat.

Anda hanya perlu membuat konten yang dekat dengan para mahasiswa dan berinteraksi dengan mereka. Buat para calon mahasiswa merasa dekat dengan universitas Anda. Tentunya, untuk menjalankan media sosial, Anda perlu strategi-strategi khusus. Oleh karena itu, Social Media Marketing menjadi sarana pemasaran yang populer saat ini.

9. Buat Iklan Digital

Membuat iklan digital bagi sebuah universitas sebenarnya bisa dikatakan cukup mudah, karena memiliki target yang jelas. Untuk itu, Anda perlu beriklan dengan memanfaatkan sarana pemasaran berbayar yang ada di internet, misalnya Google Adwords, Facebook Business, dan lain-lainnya.

Iklan digital memungkinkan Anda mendapatkan data-data para calon mahasiswa bahkan mahasiswa akan cenderung untuk mendaftarkan diri ke universitas Anda. Dengan catatan, digital campaign yang Anda buat tepat sasaran.

Beberapa channel digital campaign yang bisa Anda coba adalah Pay per Click (PPC), email marketing, FB dan IG boost, dan Google Adsense maupun Google Adwords. Selain itu, Anda juga perlu membuat landing page, banner menarik, dan beberapa hal lainnya.

Iklan digital membantu universitas Anda untuk menyebarkan jangkauan, meningkatkan awareness, dan yang paling penting kinerja iklan digital dapat diukur dengan mudah. Jadi, Anda sendiri yang dapat menentukan arah iklan dan budget yang sesuai. Iklan juga bisa disesuaikan dengan objektif Anda: mencari jangkauan, mendapatkan data, atau conversion (mahasiswa daftar di kampus Anda.) Intinya, iklan digital lebih relevan dibanding iklan karena lebih menyasar pada target yang Anda inginkan.

Baca juga: Mengapa Jurusan IT Begitu Diminati, Emang Prospek Kerja Bagus?

10. Membuat Website Kelas Dunia

Membuat website dengan desain kelas dunia juga merupakan suatu keharusan. Ada satu fakta menarik, menurut omniupdate.com, 80% mahasiswa akan terpengaruh untuk mendaftarkan diri ke universitas Anda dengan melihat kualitas website. Penting bagi Anda membuat website dengan user-friendly, visual yang bagus, dan responsif. Singkatnya, Anda perlu membangun website dengan user interface yang menarik serta user experience yang memuaskan.

Selain itu, Anda perlu memasukan SEO keyword di website Anda sehingga akan mudah dicari oleh mesin pencarian. Pertimbangkan juga untuk meningkatkan kecepatan situs dan struktur navigasi.

11. Manfaatkan Platform Pencarian Kampus

Memanfaatkan platform pencarian kampus seperti platform Maukuliah.id merupakan cara yang paling tren saat ini, kenapa? karena saat ini lulusan SMA/SMK rata-rata mereka mencari informasi tentang kampus di platform-platform seperti ini.

Mereka menyediakan informasi yang lengkap tentang kampus dan jurusan, jadi memudahkan para pencari siswa dalam mencari jurusan dan kampus yang diinginkan. Jadi kampus Anda bisa memanfaatkan platform ini untuk tempat promosi kampus.

12. Menjalin Kerja Sama Dengan Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar sangat diminati sekali oleh kalangan tingkat SMA akhir semester agar siap menghadapi ujian akhir di sekolahnya. Dari sebagian kampus juga banyak yang menitipkan sebuah brosur yang berisi informasi jurusan, biaya, fakultas dan lainnya kepada jasa bimbingan belajar di instansinya.

Inilah salah satu strategi promosi kampus yang sering dipakai, saat usai pembelajaran beberapa brosur disebarkan di tiap tiap pintu keluar siswa-nya atau bisa juga diselipkan di tiap tiap meja bimbingan belajarnya.

Baca juga: Pengenalan Mahasiswa Baru Dilakukan Secara Daring, Ini Panduan Dikti

13. Mengikuti Pameran atau Mengadakan Pameran

Pameran adalah salah satu cara untuk mempermudahkan panitia langsung berbicara dengan calon mahasiswa-nya, tidak hanya itu panitia bersangkutan dapat memberikan informasi kelebihan, hal hal yang ditawarkan dan info menarik lainnya.

Beberapa manfaat dari pengadaan pameran tersebut yaitu :

a. Memberikan konsultasi mengenai tes TOEFL untuk dapat masuk ke perguruan tinggi tersebut
b. Mendapatkan tips tips dari pendaftaran
c. Memberikan pemahaman persyaratan pendaftaran
d. Memberikan panduan, situs, brosur dan lainnya
e. Memberikan pilihan rekomendasi yang bagus mengenai jurusan atau passion, bila siswa tersebut kebingungan dalam menentukan jurusannya

14. Program CSR

Program CSR ini bisa dijadikan salah satu senjata efektif yang bisa digunakan oleh perguruan tinggi. Kampus bisa mendapat sorotan dari media-media besar untuk diliput dan ketika program CSR bisa berdampak luas dan hasilnya baik di masyarakat, otomatis akan banyak sorotan yang mengenainya. Hal ini bisa sangat menguntungkan sebab masyarakat dan calon mahasiswa serasa memiliki kedekatan emosional dengan perguruan tinggi terkait.

15. Mempunyai Pusat Career Center

Strategi yang satu ini baru-baru tercetus, karena dirasa penting dan sangat diperlukan bagi para alumni yang membutuhkan bimbingan atau mengetahui tentang lowongan kerja serta mendapat informasi tentang perusahaan yang telah bekerjasama dengan universitas mereka. Dan ini branding yang sangat bagus, karena rata-rata para calon mahasiswa baru akan melihat apakah setelah lulus mereka akan diperhatikan oleh kampus untuk melanjutkan di dunia kerja.

Ban-PT pun sangat menganjurkan adanya Pusat Career Center ini, yaitu dengan dianjurkannya bagi setiap perguruan tinggi memantau para lulusan sebagai salah satu point penilaian dalam akreditasi. Biasanya pemantauannya menggunakan Aplikasi Tracer Study.

16. Alumnus Sebagai Pemasar Perguruan Tingggi

Tidak dapat dipungkiri lagi, kalau alumni juga branding yang bagus bagi kampus, karena alumni akan menjadi tolak ukur bagi para calon mahasiswa baru, seperti para alumnus yang berprestasi akan dijadikan kaca perbandingan oleh sebagian besar calon mahasiswa karena mereka juga ingin merasakan kesuksesan yang sama.

Bukan hanya perusahaan yang harus melakukan promosi, pada era sekarang promosi juga harus diterapkan oleh instansi pendidikan untuk menarik stakeholder, serta meningkatkan minat generasi muda untuk melanjutkan pendidikan mereka agar tidak putus sampai tingkat SMP atau SMA.

Ternyata di indonesia tingkat minat anak didik untuk melanjutkan ke study atas atau melanjutkan kuliah masih minim, oleh karena itu sangat dibutuhkan promosi perguruan tinggi, disamping mencari mahasiswa baru seharusnya kita bisa memangkas jumlah anak didik yang kurang berminat untuk melanjutkan pendidikanya dengan adanya promosi perguruan tinggi. Anda bisa promosikan kampus Anda di maukuliah.id

Tags maukuliah

Komentar Anda